Sukses

Samsung Galaxy S23 Bakal Hadir dengan One UI 5.1

Berdasarkan bocoran terbaru, Samsung akan menghadirkan Galaxy S23 dengan One UI 5.1.

Liputan6.com, Jakarta - Rumor seputar smartphone premium terbaru Samsung yakni Galaxy S23 telah bermunculan di internet sejak beberapa bulan terakhir. Terbaru, giliran sistem operasi pada smartphone ini yang diungkap berdasarkan laporan Sammobile.

Dikutip dari XDA Developers, Rabu (28/12/2022), Samsung akan membenamkan One UI 5.1 pada lini Galaxy S23. Informasi ini muncul setelah Samsung diketahui tengah menguji coba firmware One UI 5 terbaru pada Galaxy S22 Ultra.

Dari informasi tersebut, prediksi pun menyebut Samsung tengah melakukan uji coba One UI 5.1. Dan menilik kebiasaan Samsung, pembaruan sistem operasi tersebut akan hadir bersama dengan Galaxy S23.

Kendati demikian, informasi mengenai One UI 5 terbaru ini belum banyak diungkap. Namun dari pernyataan Samsung sebelumnya, salah satu pembaruan yang hadir dalam update ini adalah kustomisasi lockscreen tambahan.

Sebelum informasi ini, bocoran lain juga sempat menyebut mengenai kapasitas baterai yang akan digunakan di Galaxy S23.

Berdasarkan bocoran leakster kenamaan Ice Universe, Samsung akan meningkatkan kapasitas baterai seri smartphone anyar ini.

Ia menyebut Galaxy S23 diprediksi bakal menggunakan baterai 3.900mAh dengan fast charging 25W. Sebagai perbandingan, Galaxy S22 hanya menggunakan baterai berkapasitas 3,700mAh.

Sementara Galaxy S23 Plus akan didukung baterai berkapasitas 4.700mAh yang mendukung fast charging 45W, dan Galaxy S23 Ultra akan memiliki baterai berkapasitas 5.000mAh dengan kemampuan fast charging 45W.

Sebelumnya, gambar promosi untuk seri Galaxy S23 ini sudah menyebar di internet dan langsung menjadi pembicaraan.

Lewat gambar tersebut, diketahui Galaxy S23 Plus akan tampil dengan warna khas pink dan Galaxy S23 Ultra dengan warna hijau.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Galaxy S23 Series Bakal Diluncurkan 1 Februari 2023

Di sisi lain, tanggal peluncuran Samsung Galaxy S23 series kembali menjadi perbincangan di dunia maya.

Sempat dikabarkan mundur hingga pertengahan bulan atau akhir Februari 2023, bocoran terkini menyebut Galaxy S23 series akan diluncurkan lebih awal.

Adapun bocoran itu data dari dua sumber leakster/tipster kenamaan, Samsung akan meluncurkan seri Galaxy S23 pada 1 Februari 2023.

Ini berarti lebih cepat 8 hari dari tanggal peluncuran Galaxy S22 series tahun lalu. Baik @UniverseIce dan @OnLeaks setuju dengan tanggal tersebut.

Sayangnya, Samsung masih belum mengungkap secara resmi kapan HP Android terbarunya ini akan diumumkan.

Bila memang tanggal rilis Galaxy S23 adalah 1 Februari, berarti hanya tinggal hitungan minggu hingga Samsung menyebar undangan acara tersebut.

Sebelumnya, sebuah foto dummy Galaxy S23 sempat beredar di internet dan menarik perhatian warganet.

Lewat foto dummy ini, kita lebih mudah mendapatkan gambaran lebih jelas tentang bentuk HP Samsung itu sekaligus mengonfirmasi beberapa rumor yang beredar di internet saat ini.

Salah satu yang paling terlihat jelas perubahannya adalah modul kamera belakang di Galaxy S23 dan S23 Plus.

Samsung tampaknya memutuskan untuk menghilangkan pelat lensa, sehingga kini masing-masing kamera terlihat menonjol dari bodi belakang ponsel.

Bisa dibilang, kedua seri Galaxy S23 ini bakal memiliki bentuk serupa dengan varian Ultra. Bedanya, Galaxy S23 Ultra memiliki desain lebih kotak.

3 dari 4 halaman

Samsung Ungkap Peningkatan yang Hadir di One UI 5, Seperti Apa?

Samsung sendiri telah resmi meluncurkan One UI 5 untuk sejumlah perangkat besutannya. One UI versi terbaru ini hadir dengan sejumlah peningkatan dibandingkan pendahulunya.

Salah satu yang ditingkatkan kemampuannya adalah soal personalisasi. Head of Framework R&D Mobile eXperience Business Samsung Electronics Sally Jeong menuturkan, kehadiran One UI 5 memang fokus pada personalisasi bagi pengguna.

"Maksud dan tujuan dari One UI 5 yang baru adalah kami benar-benar fokus pada tren personalisasi yang memang semakin kuat hadir di kategori ponsel," tutur Sally saat berbincang dengan awak media secara online.

Namun selain personalisasi, Samsung juga memperkuat kemampuan produktivitas. Karenanya, Samsung menghadirkan sejumlah fitur untuk membantu pengguna, seperti layar kunci yang dipersonalisasi, widget berdasarkan pola pemakaian, hingga Bixby.

 

 

4 dari 4 halaman

Pertimbangan Samsung Hadirkan Fitur Baru di One UI 5

Dalam menghadirkan sejumlah fitur di One UI 5, Sally mengatakan, Samsung juga selalu memerhatikan kemampuan yang ada di Android 13 sebagai basisnya. Ia menuturkan, Samsung akan mencari fitur yang memiliki identitas senada dengan One UI 5.

Dengan demikian, tidak ada fitur yang mubazir atau sekadar duplikat dari Android 13 pada One UI 5. "Itu lah beberapa pertimbangan kami saat ingin menambahkan fitur baru di One UI 5," tutur Jelly melanjutkan.

Selain itu, Samsung juga melakukan pengujian beta yang didasarkan pada Android 13. Dari situ, Samsung akan menerima umpan balik dari pengguna untuk memilih atau mengintegrasikan fitur sesuai dengan kebutuhan.

Terlebih, Samsung memiliki prinsip umum untuk menciptakan satu UI (User Interface) seperti One UI yang mencakup beragam bentuk perangkat, sehingga bisa menghadirkan kontinuitas di seluruh perangkat yang dihadirkannya.

"Dan, kami membangun prinsip umum ini dengan mempertimbangkan karakteristik berbeda dari faktor bentuk perangkat yang juga berbeda. Misalnya, di perangkat yang dapat dilipat, kami sangat ingin memaksimalkan pengalaman multitasking di layar besar," tuturnya.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.