Sukses

Lagi Ramai, Ini Cara Menggunakan Fitur Baru Instagram Notes

Bagi kamu yang ingin menjajal fitur baru Notes yang ada di Instagram, simak langkah-langkah berikut untuk membuatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram telah mengumumkan sejumlah fitur baru untuk para penggunanya. Salah satu yang diperkenalkan kali ini adalah Notes.

Dikutip dari situs resmi Meta, Kamis (15/12/2022), Notes merupakan unggahan pendek yang dapat diisi hingga 60 karakter menggunakan teks maupun emoji. Fitur baru Instagram ini disebut jadi cara baru pengguna untuk berbagi pikiran mereka dan mengetahui apa yang dipikirkan orang lain.

Menurut Instagram, selama uji coba fitur ini, mereka mengetahui ternyata orang suka membagikan apa yang mereka pikirkan dengan cara mudah dan ringan. Kemudian, hal tersebut bisa menjadi bahan untuk memulai percakapan.

"Mulai dari bertanya rekomendasi hingga membagikan apa yang sedang mereka (pengguna) lakukan, Notes memberi cara yang santai dan spontan untuk mengekspresikan diri sekaligus terhubung satu sama lain," tulis Instagram menjelaskan tentang fitur baru ini.

Lantas, seperti apa cara untuk mulai membuat Instagram Notes? Bagi kamu yang penasaran, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Buka aplikasi Instagram
  • Buka menu Inbox yang ada di pojok kanan atas
  • Setelahnya, klik opsi Leave a note yang muncul di bagian atas, tepat di foto profil Instagram-mu
  • Ketik catatan yang ingin kamu buat. Ingat catatan ini hanya bisa diisi maksimal 60 karakter
  • Setelah selesai, kamu bisa memilih untuk membagikannya ke follower yang kamu follow back atau orang-orang dalam daftar Close Friends.

"Catatan kamu akan muncul di inbox mereka selama 24 jam. Balasan ke catatan akan diterima sebagai DM (Direct Message) di inboxmu," tulis Instagram menutup pernyataannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Instagram Rilis Candid Stories, Fitur Baru Mirip BeReal

Instagram resmi meluncurkan fitur yang disebut-sebut sebagai pesaing aplikasi BeReal. Kehadiran fitur baru dengan nama Candid Stories ini diumumkan Instagram melalui laman blog-nya.

Dikutip dari Engadget, Rabu (14/12/2022), Candid Stories memungkinkan pengguna untuk berbagi gambar diri mereka setiap hari secara acak. Nantinya, fitur ini akan mengaktifkan kamera depan dan belakang secara simultan.

Untuk bisa melihat hasil Candid pengguna lain, kamu harus terlebih dulu membuat unggahan Candid-nya sendiri. Menurut juru bicara perusahaan, fitur Instagram ini akan diuji dan digulirkan lebih dulu untuk pengguna Afrika Selatan.

"Kami mulai menguji coba Candid, cara baru bagi kamu dan teman untuk mengabadikan maupun membagikan apa yang sedang dilakukan saat ini dalam sebuah cerita yang hanya dapat dilihat oleh mereka yang juga membagikan cerita mereka," tulis Instagram dalam blog-nya.

Sebagai informasi, kehadiran fitur mirip BeReal ini sudah diketahui sejak Agustus 2022. Ketika itu, fitur ini ditemukan oleh seorang leaker Alessandro Paluzzi dan juga sudah dikonfirmasi oleh Meta.

3 dari 5 halaman

Fitur Baru Instagram Lainnya

Selain Candid Stories, Instagram juga meluncurkan fitur baru yang diberi nama Notes. Fitur ini ini memungkinkan pengguna menuliskan status sepanjang 60 karakter menggunakan teks dan emoji.

Nantinya, Notes ini dapat dilihat orang lain melalui menu Inbox dalam aplikasi Instagram. Sama seperti Stories, status dalam Notes dapat bertahan selama 24 jam.

"Balasan untuk Notes yang dibuat akan masuk sebagai DM (Direct Message) di inbox-mu," tulis Instagram. Fitur ini disebut menjadi cara baru bagi pengguna untuk berbagi pikiran mereka dan memulai percakapan dengan orang lain.

Bersama dengan fitur ini, Instagram juga memperkenalkan sejumlah fitur baru agar pengguna bisa berinteraksi dalam grup yang lebih kecil. Ada fitur Group Profiles dan Collaborative Collections.

4 dari 5 halaman

Instagram Ungkap Gen Z Suka Akses Hiburan dan Terhubung dengan Orang Lain di Satu Platform

Sebelumnya, Instagram untuk pertama kalinya merilis laporan tentang tren disukai Gen Z di platformnya. Dalam laporan ini, perusahaan menyoroti hal-hal paling diminati Gen Z sepanjang 2022, mulai dari kebiasaan hingga topik yang mereka ikuti.

"Gen Z ini menarik karena sejak lahir mereka sudah ada internet. Selain itu, potensi pasar Gen Z juga luar biasa. Ini adalah sasaran untuk pengguna internet, brand, media sosial, hingga pasar ekonomi," tutur Director Creator Partnership Southeast Asia Meta Revie Sylviana dalam konferensi pers yang digelar, Selasa (6/12/2022).

Untuk diketahui, saat ini ada 3,2 miliar atau 41 persen penduduk dunia merupakan Gen Z berusia di bawah 25 tahun. Di Indonesia sendiri, data Kementerian Dalam Negeri menyebut ada sekitar 68 juta jiwa Gen Z di Tanah Air.

Dengan jumlah demikian besar, generasi Z perlu diperhatikan karena memiliki peran penting dalam membentuk masa depan bangsa. Dalam studi ini, salah satu temuan Instagram adalah Gen Z ternyata kerap menyatukan antara hiburan dan koneksi dengan orang lain.

"Jadi untuk Gen Z, penting bagi mereka tetap terkoneksi dengan orang selain menikmati hiburan dalam satu platform," ujar Revie menjelaskan. Oleh sebab itu, ia menuturkan, media sosial bagi Gen Z memiliki peran sebagai platfom hiburan sekaligus tetap bisa terkoneksi dengan orang lain.

Hal ini tidak lepas dari kebiasaan Gen Z yang terbiasa untuk membagikan apa yang mereka nikmati ke orang-orang terdekat, dan mereka juga ingin mengetahui apa yang orang lain konsumsi via media sosial.

Karenanya, Instagram kini dibekali dengan fitur yang memudahkan pengguna berbagi hal semacam ini, baik lewat DM atau Stories. 

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Cek Fakta: 6 Tips Cara Identifikasi Hoaks dan Disinformasi di Medsos

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.