Sukses

Prosesor Intel Core Generasi ke-13 Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 5,7 Juta

Lini produk prosesor Intel Core Generasi 13 ini akan mencakup enam prosesor desktop baru, yang sudah unlocked dengan hingga 24 core dan 32 thread, dan melesat dengan clock speed hingga 5.8 GHz.

Liputan6.com, Jakarta - Intel hari ini, Kamis (8/12/2022) secara resmi meluncurkan prosesor Intel Core Generasi ke-13 di Indonesia

Teratas di lini tersebut, diusunglah prosesor 13th Gen Intel Core i9-13900K, di mana ini diklaim sebagai prosesor desktop tercepat di dunia.

"Kami sangat bersemangat untuk meluncurkan prosesor 13th Gen Intel Core terbaru yang sudah unlocked pada hari ini di Indonesia untuk memberikan pengalaman gaming, streaming, recording, dan kreasi konten bagi konsumen di Indonesia," kata Alexis Crowell, Vice President, Sales Marketing & Communications Group and Managing Director, Asia Territory, Intel Corporation.

Menurut Crowell, mereka bangga pada peningkatan performa yang dihadirkan oleh prosesor 13th Gen Intel Core.

"Dan para overclocking enthusiast akan sangat senang dengan kemampuan overclocking yang tak tertandingi ini," imbuhnya.

Lini produk prosesor Intel Core Generasi 13 ini akan mencakup enam prosesor desktop baru, yang sudah unlocked dengan hingga 24 core dan 32 thread, dan melesat dengan clock speed hingga 5.8 GHz.

Perusahaan menyebut, dipuncaki dengan perilisan Intel Core 'K', prosesor desktop 13th Gen Intel Coreâ„¢ akan memberikan pengalaman tanpa kompromi, baik dalam kinerja aplikasi dan kompatibilitas platform.

Di sini, terdapat peningkatan performa prosesor 13th Gen Intel Core dengan chipset motherboard Intel 600 atau seri Intel 700 yang baru.

Dikombinasikan dengan dukungan memori DORS terbaru dan tetap mendukung memori DDR4, para pengguna dapat menikmati keuntungan dari 13th Gen Intel Core serta menyesuaikan setup berdasarkan preferensi fitur dan budget.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peningkatan Performa

13th Gen Intel Core dibangun pada teknologi proses Intel 7 yang sudah matang dan x86 performance hybrid architecture, demi menghadirkan performa sistem yang lebih baik lagi.

Ini meliputi peningkatan performa single-threaded hingga 15 persen lebih baik dan peningkatan performa multi-threaded yang hingga 41 persen lebih baik.

Dengan generasi terbaru ini, performance hybrid architecture Intel akan menggabungkan Performance-core (P-core) tercepat yang pernah dibuat dan jumlah Efficient-core (E-core) yang naik hingga dua kali lipat.

Dari segi gaming, Intel Core i9-13900K tersedia hingga 24 core (8 P-cores, 16 E-cores) dan 32 thread. Dengan hingga 5.8 GHz dan performa single-thread yang 15 persen lebih baik, prosesor ini bisa mendorong frame rates yang tinggi, sehingga gamer lebih bebas bermain game-game top.

"Kami memberikan pengalaman terbaik di gaming dengan peningkatan 24 persen dibandingkan generasi sebelumnya," kata Tommy Ferdianto, Director of Partner Business, Intel Indonesia dalam acara perilisan di Jakarta.

"Tentunya tidak hanya dari average FPS yang naik tapi bagaimana kita juga meningkatkan lebih dari 34 persen ketika kita bekerja untuk aplikasi-aplikasi yang terkait dengan content creation media dan lain-lain," imbuh Tommy.

Untuk kreasi konten, lini 13th Gen Intel Core menambahkan lebih banyak E-core dan kinerja multi-threaded hingga 41 persen lebih baik untuk menangani beban kerja yang butuh kinerja komputasi yang intensif.

Lebih lanjut, pengguna prosesor 13th Gen Intel Core bisa melihat overclocking speed yang rata-rata lebih tinggi daripada P-cores, E-cores, dan memory DDR5.

 

3 dari 4 halaman

Fitur Overclocking Baru

Intel juga memperbarui fitur overclocking yang mudah diakses dengan satu klik lewat Intel Speed Optimizer, untuk mendukung prosesor 13th Gen. Jadi, para pengguna bisa melakukan overclocking dengan upaya minimal.

Ditawarkan juga ekosistem Intel Extreme Memory Profile (XMP) 3.0 yang menyediakan banyak pilihan modul overclocking Ketika bersanding dengan Intel Dynamic Memory Boost. Fitur ini akan menyajikan pengalaman overclocking memory yang sangat mudah, baik dengan DDR4 maupun DDR5.

Intel Core Generasi ke-13 juga memiliki beberapa fitur yang baru, maupun yang ditingkatkan.

Pertama adalah Intel Adaptive Boost Technology dan Thermal Velocity Boost yang secara oportunistik meningkatkan frekuensi-frekuensi clock pada prosesor berdasarkan daya dan thermal headroom saat diberikan beban kerja tertentu. Tersedia dalam SKU Intel Core i9 yang sudah unlocked.

Selain itu, lebih banyak E-cores di seluruh Intel Core i5, 17, 19 sehingga mendorong lompatan besar dalam kinerja. Ada juga multi-threaded dan pengalaman multi-tasking atau mega-tasking yang lebih baik bagi pengguna.

Prosesor desktop ini juga mendukung PCIe Gen 5.0, dengan hingga 16 lane prosesor, dan meningkatkan memory support ke DDR5-5600 dan DDR5-5200, dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan DDR4.

Adapun, prosesor desktop 'K' Intel Core Generasi ke-13 sudah tersedia di Indonesia melalui peritel IT di seluruh Indonesia. Produk meliputi prosesor, motherboard, dan system' desktop.

Untuk harga prosesor desktop 13th Gen Intel Core bervariasi mulai dari Rp 5.700.000 sampai Rp 10 juta dengan prosesor flagship-nya Intel Core i9-13900K dijual di harga Rp 10 juta.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.