Sukses

Samsung Catat Permintaan Smartphone Layar Lipat untuk Perusahaan Naik 2 Kali Lipat

Liputan6.com, Jakarta - Samsung mengumumkan penjualan Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip untuk penggunaan perusahaan telah meningkat lebih dari dua kali lipat year on year.

Dari Januari hingga Oktober 2022, jumlah smartphone layar lipat yang dikirimkan Samsung ke pelanggan perusahaan naik 105 persen dibandingkan periode serupa tahun lalu.

Dengan perkiraan pengiriman smartphone layar lipat mencapai 16 juta unit di seluruh dunia membuat form factor ini menjadi mainstream dengan cepat. Pengirimannya pun diperkirakan akan tumbuh menjadi 26 juta unit pada 2023.

Kemudahan multitasking dan pengoptimalan aplikasi untuk perangkat foldable disebut ikut mendorong adopsi smartphone layar lipat diadopsi dengan baik oleh pengguna di perusahaan.

Terlebih, perusahaan kini menerapkan kebijakan work from anywhere, sehingga mereka mencari cara baru memaksimalkan produktivitas lewat teknologi.

"Foldable smartphone Samsung Galaxy diciptakan untuk membuka berbagai peluang dari cara baru kita bekerja dan mengeksplorasi kreativitas," tutur EVP dan Head of Global Mobile B2B Team MX Business Samsung Electronics, KC Choi, dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (6/12/2022).

Berdasarkan laporan Coalition Greenwich, perangkat foldable juga menarik perhatian industri layanan keuangan, dimana 74 persen dari sample group terdiri dari penasihat keuangan mengatakan sangat penting untuk senantiasa terhubung lewat aplikasi seluler.

Pengalaman yang diberikan perangkat foldable seperti Galaxy Z Fold4 juga terbilang sangat populer di sektor bisnis dan industri. Sebab, para profesional membutuhkan perangkat terbaik untuk membantu mereka menjaga konsistensi dan rutinitas, bahkan saat bekerja dari jarak jauh.

Untuk itu, perangkat para profesional itu harus mendukung alur kerja yang kompleks, termasuk untuk mendapatkan alert, melakukan riset, membuat bagan dan portofolio, serta memberikan kekuatan maupun produktivitas yang diperlukan untuk tetap kompetitif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kemitraan untuk Tingkatkan Pengalaman Penggunaan

Samsung juga menjalin kemitraan dengan perusahaan lain untuk meningkatkan pengalaman perangkat foldable. Salah satunya adalah aplikasi Bloomberg Professional yang memanfaatkan form factor Galaxy Z Fold untuk memungkinkan para profesional keuangan mengakses data pasar, analitik, berita, dan komunikasi di aplikasi Bloomberg.

Aplikasi lain yang juga ditingkatkan kemampuannya adalah DocuSign. Berbekal dukungan S Pen, pengguna Galaxy Z Fold4 bisa lebih mudah menandatangani perjanjian di layar besar, termasuk melakukan drag and drop dengan cepat pada lampiran email di mode multi-view.

Kolaborasi lain juga dilakukan Samsung dengan IBM melalui IBM iX. Dalam kolaborasi ini, pengguna seorang wealth advisor bisa mengakses dan mengelola informasi pasar maupun portofolio dengan cepat yang didukung pula dengan integrasi Samsung DeX dan S Pen.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold4 5G, Seperti Apa?

Menurut Samsung, Galaxy Z Fold4 5G hadir dengan sejumlah peningkatan dibandingkan pendahulunya. Salah satu yang menjadi andalan adalah smartphone ini mengggunakan chipset Snapdragon 8+ Gen 1 yang diklaim memiliki kinerja lebih cepat dan hemat baterai.

Memiliki ukuran layar serupa pendahulunya, smartphone ini hadir dengan layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 7,6 inci saat dibuka. Layar tersebut memiliki resolusi resolusi 2176 x 1812 piksel, kepadatan 374 ppi, kecepatan refresh 120Hz, dan perlindungan Gorilla Glass Victus+.

Sementara saat dilipat, ada layar sekunder yang berupa Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran 6,2 inci dan memiliki resolusi 2316 x 904 piksel. Layar tersebut sudah mendukung refresh rate 120Hz yang adaptif.

Untuk fotografi, HP Samsung ini mengandalkan tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 50MP dengan apertur f/1.8, OIS, dan autofokus Dual Pixel, lensa ultrawide 12MP dengan aperture f/2.2, dan lensa telefoto 10MP dengan aperture f/2.4 OIS, PDAF, dan 3x optical zoom.

Sementara kamera lain hadir di bagian depan dengan resolusi 10MP dan aperture f/2.2. Lalu, ada kamera di bawah layar beresolusi 4MP dengan aperture f/1.8.

Smartphone ini menjalankan One UI berbasis Android 12. Samsung menyertakan RAM 12GB dengan tiga opsi penyimpanan, yakni 256GB, 512GB, dan 1TB.

Sebagai penunjang performanya, ada baterai berkapasitas 4.400mAh yang sudah mendukung fitur Super Fast Charging 25W dengan kabel dan Fast Wireless Charging 15W.

Galaxy Z Fold4 5G disebut telah lolos uji ketahanan Bureau Veritas, durable exterior CVictus+ (baik depan maupun belakang bodi), dibalut material aluminum, metal frame, hinge atau engsel yang diuji hingga 200 kali buka tutup, dan sertifikasi IPX8.

4 dari 4 halaman

Harga Samsung Galaxy Z Fold 4 5G

Lebih lanjut, Samsung kali ini menawarkan Galaxy Z Fold 4 5G dengan opsi kapasitas penyimpanan internal hingga 1TB.

"Galaxy Z Fold 4 5G versi 1TB secara eksklusif hanya bisa dipesan melalui pre-order via di Samsung.com," ungkap Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus.

Selain itu, Verry menuturkan bahwa di tahun ini  Galaxy Z Fold 4 5G juga hadir dengan warna spesial Burgundy dengan pilihan konfigurasi RAM 12GB/ROM 256GB dan RAM 12GB/ROM 512GB, untuk pasar Indonesia.

"Warna spesial Burgundy juga hanya bisa dipesan melalui Samsung.com," ujarnya memungkaskan.

Selain Burgundy, Samsung Galaxy Z Fold 4 5G juga datang dengan pilihan warna Phantom Black, GreyGreen, dan Beige. Berikut ini daftar harga Galaxy Z Fold 4 5G di Indonesia:

Galaxy Z Fold 4 5G model 12GB/256GB dibanderol Rp 24.999.000

Galaxy Z Fold 4 5G model 12GB/512GB dibanderol  Rp 26.999.000

Galaxy Z Fold 4 5G model 12GB/1TB dibanderol Rp 30.999.000

(Dam/Ysl)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS