Sukses

Cara Kirim Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri dengan Fitur Message Yourself

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp baru saja merilis 'Message Yourself', sebuah fitur yang memungkinkan kamu mengirim chat ke nomor sendiri.

Fitur ini diklaim berguna untuk mengirim sejumlah pesan yang berisi catatan, pengingat, dan daftar belanja. Message Yourself sudah diluncurkan secara global untuk pengguna Android dan iPhone.

Seperti yang diumumkan oleh WhatsApp, dikutip Rabu (30/11/2022), kamu juga dapat mengirim foto, audio, video beserta pesan ke diri sendiri menggunakan fitur tersebut. Kamu juga dapat berbagi dokumen secara langsung dari smartphone.

Untuk menggunakan 'Message Yourself' untuk kirim chat WhatsApp ke nomor sendiri terbilang gampang. Berikut ini langkahnya:

- Pastikan aplikasi WhatsApp di perangkat Android atau iOS kamu merupakan versi terbaru

- Jika sudah update, buka aplikasi WhatsApp

- Ketuk tombol obrolan atau chat baru, tersedia di pojok kanan atas di iPhone dan bawah di Android

- Di sini, kamu akan menemukan daftar kontak dengan nomor ponsel kamu sebagai ‘Message Yourself'

- Pilih nama kontak kamu, lalu kirim pesan yang diinginkan

- Agar pesan ini tidak tenggelam, kamu bisa pin agar selalu muncul di bagian teratas dalam daftar chat WhatsApp

Jika kamu belum menemukan fitur ini meski sudah menggunakan aplikasi WhatsApp (Android dan iOS) versi terbaru, jangan khawatir karena 'Message Yourself' digulirkan secara bertahap dan akan tersedia untuk semua pengguna, beberapa minggu ke depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

WhatsApp Rilis Message Yourself, Bisa Kirim Chat ke Nomor Sendiri

WhatsApp merilis fitur 'Message Yourself' yang memungkinkan pengguna mengirim chat ke nomor sendiri, seperti untuk mengirim catatan, pengingat, dan daftar belanja.

Dengan fitur ini pengguna akan melihat kontak mereka di bagian atas daftar kontak WhatsApp saat mereka membuat obrolan baru.

Setelah mengetuk kontak sendiri, pengguna akan dialihkan ke layar obrolan yang dapat mereka gunakan untuk kirim chat ke nomor sendiri.

Meskipun fitur untuk mengirim pesan kepada diri sendiri masih baru di WhatsApp, fitur baru ini dilaporkan sudah banyak dipakai pengguna setelah diumumkan pada Senin (28/11/2022) secara global.

Pengguna juga dapat menyematkan pesan self-chat mereka ke bagian atas daftar percakapan jika mereka tidak ingin mencarinya di daftar obrolan.

Jika kamu belum menemukan fitur ini meski sudah menggunakan aplikasi WhatsApp (Android dan iOS) versi terbaru, jangan khawatir karena 'Message Yourself' digulirkan secara bertahap dan akan tersedia untuk semua pengguna, beberapa minggu ke depan.

Mengutip Techcrunch, Selasa (29/11/2022), Signal (saingan WhatsApp) memiliki fitur serupa bernama 'Note to Self'.

Namun, tidak seperti fitur WhatsApp yang dapat diakses dari bagian atas daftar kontak di aplikasi, Signal tidak menampilkan profil kamu sendiri di bagian atas daftar penerima.

Dengan demikian, pengguna harus mencari dan memasukkan kontak 'Note to Self' untuk menggunakan fitur tersebut.

Telegram juga menawarkan fitur serupa yang disebut 'Saved Messages' yang memungkinkan pengguna menandai pesan penting apa pun serta menyimpan catatan dan pengingat.

'Saved Messages' dapat diakses dari bagian atas layar obrolan. Namun, pengguna Telegram pada awalnya perlu mengakses fitur tersebut dengan mengetuk menu dengan ikon tiga garis di perangkat Android atau melalui menu pengaturan di iOS.

3 dari 5 halaman

Pendiri PicMix Calvin Kizana Jadi Head of WhatsApp Indonesia

Sebelumnya, WhatsApp mengumumkan telah menunjuk Calvin Kizana sebagai Head of WhatsApp pertamanya di Indonesia, dan akan berkantor di Jakarta.

Dalam siaran persnya, Senin (28/11/2022), perusahaan mengatakan penunjukkan ini memperkuat pentingnya Indonesia bagi WhatsApp.

Calvin memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun sebagai pengusaha, pemimpin, pendiri, dan penasehat di bidang teknologi.

Sebelumnya, ia sempat bekerja sebagai COO GoPlay, perusahaan platform streaming dari Gojek. Ia juga mendirikan dua startup yaitu Playday yang merupakan platform live-streaming, serta PicMix, sebuah platform media sosial.

Calvin juga aktif dalam kancah startup di Asia Tenggara, serta telah menjadi mentor dan penasehat bagi beberapa dari mereka. Tahun 2014, Ernst and Young memberikannya digital entrepreneur of the year.

Calvin Kizana, dalam siaran pers mengatakan, WhatsApp menghubungkan banyak orang di Indonesia, baik teman, keluarga, dan komunitas, di mana mereka ingin menghubungkan bisnis dengan lebih mudah.

"Ini adalah kesempatan luar biasa bagi saya untuk mengerjakan produk yang menyentuh kehidupan banyak orang di seluruh Indonesia, dan saya tidak sabar untuk memulainya," kata Calvin.

WhatsApp juga menambahkan, mereka telah melakukan investasi signifikan di Indonesia selama beberapa tahun terakhir, baik di bidang kesehatan, literasi digital, pelatihan usaha kecil, dan pembangunan komunitas.

Layanan messaging milik Meta itu mencatat, kemitraan literasi digital dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), telah menjangkau lebih dari 2,4 juta orang di 34 provinsi.

4 dari 5 halaman

Sejumlah Kemitraan di Indonesia

WhatsApp juga telah bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Perdagangan untuk melatih lebih dari 30 ribu UKM di Indonesia.

Menurut perusahaan, pesan bisnis adalah bidang investasi utama untukWhatsApp, dengan 7 dari 10 orang Indonesia mengatakan bahwa mereka lebih suka mengirim pesan ke suatu bisnis daripada melalui telepon atau email

Calvin pun akan fokus untuk memperkuat kemitraan lokal WhatsApp di Indonesia dan memperluas penggunaan WhatsApp Business Platform untuk membantu orang menemukan, mengirim pesan, dan berinteraksi dengan bisnis di dalam aplikasi.

Victoria Grand, Vice President of Global Affairs & Strategic Markets, WhatsApp mengatakan, mereka memiliki komitmen yang kuat Indonesia, dan sangat termotivasi oleh dampak positif kemitraannya dengan berbagai pihak.

"Sebagai pengusaha sukses, Calvin tahu apa yang diperlukan untuk membangun kemitraan yang berarti, yang memberikan nilai nyata bagi masyarakat, dan kami sangat senang Calvin bergabung," kata Grand.

5 dari 5 halaman

Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.