Sukses

10 Prediksi Future of Connectedness 2023 versi IDC

International Data Corporation (IDC) mengumumkan prediksi Future of Connectedness untuk tahun 2023. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - International Data Corporation (IDC) mengumumkan prediksi Future of Connectedness untuk tahun 2023. Saat bisnis melihat ke depan hingga tahun 2023 dan seterusnya, menurut IDC, mereka akan menghadapi tekanan tambahan.

Misalnya, ketidakpastian ekonomi, konflik regional, kendala rantai pasokan, dan kekurangan pekerja dan staf. Meskipun tantangan ini akan berperan dalam pengambilan keputusan penting, data IDC menunjukkan bahwa 81 persen organisasi masih memprioritaskan program konektivitas.

Perusahaan juga diharapkan terus memanfaatkan investasi untuk mengotomatisasi proses utama, mengubah tempat kerja, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan meningkatkan ketahanan perusahaan.

Program konektivitas akan mencakup infrastruktur dan layanan 5G, edge computing, dan cloud computing untuk menjaga pergerakan data. Lebih penting lagi, program-program ini akan terus berfokus pada peningkatan efisiensi dan memanfaatkan data untuk memberikan wawasan bisnis secara real-time.

Saat jaringan dan persyaratan bisnis berkembang, departemen jaringan dan TIK perusahaan harus menyelaraskan sistem dan proses mereka untuk memastikan kelangsungan bisnis, memberdayakan produktivitas karyawan yang lebih besar, dan membantu organisasi beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan lingkungan dan persyaratan bisnis.

"Dampak kerja hybrid, inflasi, ekonomi global, dan ketidakpastian bisnis memaksa perusahaan menyesuaikan operasi bisnis untuk mengatasi kekuatan pasar yang mengganggu," ujar Paul Hughes, Direktur Riset, Future of Connectedness di IDC dikutip dari rilis perusahaan, Selasa (15/11/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Prediksi 1 dan 2

Organisasi yang mengadopsi dan mengintegrasikan strategi konektivitas cloud-centric cerdas, skalabel, dan fleksibel di seluruh organisasi, menurut Paul, akan menuai manfaat dari peningkatan ketangkasan, tenaga kerja lebih produktif, dan operasional lebih tangguh.

10 prediksi teratas IDC untuk Future of Connectedness 2022 adalah sebagai berikut:

Prediksi 1

Pada tahun 2024, 75 persen perusahaan akan memanfaatkan API berbasis cloud untuk membuat aplikasi keterlibatan pelanggan yang mengintegrasikan platform UCaaS/CPaaS dengan opsi multisaluran untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Prediksi 2

Kemudian pada tahun 2025, 50 persen organisasi digital disebut akan menambah "cloud first" dengan fabrik jaringan multiakses "nirkabel pertama" menggunakan beragam teknologi untuk kasus penggunaan yang bersifat kritis dan berdampak pada kelangsungan bisnis mereka.

 

3 dari 5 halaman

Prediksi 3-6

Prediksi 3

Pada tahun 2025, hanya 30 persen organisasi yang akan mendapat manfaat dari kasus penggunaan 5G yang ditentukan karena fragmentasi dan kurangnya kepemimpinan di antara konektivitas, teknologi, dan penyedia layanan terkelola.

Prediksi 4

Pada tahun 2026, 40 persen perusahaan akan menggandakan investasi di ruang digital yang terkoneksi untuk meningkatkan produktivitas, meningkatkan kolaborasi, dan meningkatkan efisiensi energi.

Prediksi 5

Pada tahun 2024, 50 persen perusahaan besar akan menggunakan layanan cloud WAN dari para hyperscaler di dalam jaringan mereka, baik secara langsung maupun tidak langsung. Itu bertujuan untuk mendorong perusahaan telekomunikasi lebih jauh ke arah peran integrator layanan.

Prediksi 6

Pada tahun 2027, Metaverse akan mencapai 70 persen dari pertumbuhan lalu lintas media tahunan di internet; kasus penggunaan konsumen dan bisnis akan mendorong peningkatan permintaan bandwidth.

 

4 dari 5 halaman

Prediksi 7-10

Prediksi 7

Pada tahun 2023, 40 persen perusahaan akan mendapat manfaat dari efisiensi operasional yang dioptimalkan, peningkatan keamanan, dan pengurangan biaya jaringan dengan memanfaatkan SD-WAN dan keamanan untuk jaringan dan keamanan yang dikelola cloud.

Prediksi 8

Pada tahun 2024, 30 persen perusahaan akan memperluas perhatian jaringan di semua tim TI utama (misalnya, SecOps, DevOps, dan AIOps) dengan memperluas pengembangan keterampilan, persyaratan penyaringan, dan interaksi NetOps.

Prediksi 9

Pada tahun 2026, 40 persen perusahaan akan tertinggal dalam melaksanakan strategi konektivitas yang tangguh karena kekurangan anggaran; Transformasi tempat kerja menjadi kebiasaan baru bagi pelanggan, pemberi kerja, dan mitra.

Prediksi 10

Pada tahun 2027, 80 persen dari perusahaan G2000 akan membutuhkan satelit orbit rendah bumi untuk menutupi kesenjangan dalam jangkauan jaringan untuk lokasi yang terpencil, pedesaan, dan berisiko tinggi.

5 dari 5 halaman

Infografis: 5 NFT termahal di Dunia (Liputan6.com / Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.