Sukses

Review Dell Pro 2K Webcam WB5023: Tepat untuk Produktivitas hingga Streaming Main Game

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu yang masih mengadopsi kerja WFA (work from anywhere), kebutuhan perangkat webcam sangat penting ketika ingin meeting online.

Selain koneksi internet stabil, webcam menjadi perangkat vital bilamana kamu menghabiskan sebagian besar waktu meeting di Zoom, Google Meets, atau Microsoft Teams.

Walau kebanyakan laptop saat ini sudah memiliki webcam, namun kualitas perangkat bawaan tersebut jauh dari sempurna.

Selain kualitas merekam video terbatas, webcam bawaan laptop hanya menyediakan fitur seadanya. Hal ini mampu diatasi dengan webcam baru Dell Pro 2K Webcam WB5023.

Seperti apa sih pengalaman tim Tekno Liputan6.com mencoba webcam milik Dell ini? Tanpa panjang lebar, berikut ini adalah ulasan singkat Liputan6.com tentang Dell Pro 2K Webcam WB5023.

Bentuk Dell Pro 2K

<p>Dudukan Dell Pro 2K Webcam WB5023 saat terpasang di layar monitor. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Berbeda dari webcam pada umumnya, Dell WB5023 memiliki bentuk silinder dengan satu port USB ke laptop, dan lensa berukuran besar disertai kover magnetik untuk melindungi kamera dari debu.

Adapun unit review Dell Pro 2K yang menyambangi meja redaksi memiliki warna dark grey, dan sebuah dudukan berlapis karet.

Karena dudukan webcam dilapisi karet dan cukup panjang, maka kamu dapat meletakkan WB5023 ini diberbagai macam bentuk dan ukuran monitor sehingga tidak mudah slip.

<p>Tampak Dell Pro 2K Webcam WB5023 saat terpasang di layar monitor. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Bagi pengguna profesional yang rajin streaming di platform Twitch, YouTube, Facebook Gaming dan lainnya, Dell menyediakan sebuah lubang di bawah lensa.

Dengan cara ini, kamu dapat lebih bebas memakai Dell WB5023 2K ini di tripod atau "lengan" kamera tambahan di meja.

Jangan khawatir tentang kabel yang menghubungkan webcam ke laptop atau PC, karena Dell menyediakan kabel sepanjang 1,5 meter.

Terlepas dari keunikan bentuknya, WB5023 memang minim tombol atau lampu. Hal ini tentunya menjadi nilai lebih, karena webcam terlihat lebih natural ketika dipasang ke monitor atau laptop.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Perfoma

<p>Dell Pro 2K Webcam WB5023 tampil dengan bentuk sederhana. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Dalam kondisi cahaya terang, webcam milik Dell ini mampu berfungsi sangat baik dengan menampilkan warna natural.

Saat pengujian, tim Tekno Liputan6.com mendapati warna hitam dan tingkat keterangan cahaya tampil lebih baik ketimbang pakai webcam bawaan di laptop.

Ditambah dengan kemampuan 2K, tampilan saat video conference hingga streaming gameplay di berbagai platform pun terlihat detail.

Tentunya hal ini mampu ditampilkan dengan sangat baik berkat teknologi AI yang diusung oleh perusahaan.

<p>Streaming gaming pakai Dell Pro 2K Webcam WB5023. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Lalu bagaimana bila kondisi cahaya kurang terang? Seperti sebagian besar webcam, Dell WB5023 juga mengalami masalah dalam kondisi ini.

 

3 dari 4 halaman

Optimalkan dengan Software

<p>Pengaturan di menu Dell Pro 2K Webcam WB5023. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Berbekal software bawaan Dell, kamu dapat mengoptimalkan kemampuan webcam ini agar lebih baik.

Kamu dapat mengatur tingkat kecerahan, ketajaman, kontras, HDR, hingga Auto White Balance.

Tak hanya itu, lewat software kamu juga dapat mengontrol FOV (field of view), Zoom, dan pengaturan tangkapan layar.

Salah satu kekurangan di perangkat ini, dan kami rasakan saat dipakai untuk video call dan streaming adalah mikrofon bawaan di webcam.

Kami mendapati suara yang ditangkap oleh WB5023 terasa "jauh" saat didengar saat video call, beberapa kali rekan tim mengatakan audio dari webcam terlalu kecil.

 

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

<p>Dell Pro 2K Webcam WB5023 tampil dengan bentuk silinder dan sederhana. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Secara keseluruhan, Dell Pro 2K Webcam WB5023 ini merupakan webcam pilihan dengan harga terjangkau.

Dengan banderol harga Rp 2.290.000, Dell Pro 2K ini dapat dipakai untuk keperluan di kantor hingga streaming di berbagai platform dan bisa menjadi investasi jangka panjang.

Penggunaannya pun terbilang sangat mudah. Cukup tempel di layar monitor dan colok USB-A ke port laptop atau PC, kamu dapat langsung pakai webcam baru milik Dell ini.

Berkat teknologi AI yang terpasang di webcam, kamu dapat mendapatkan hasil gambar dengan lebih optimal baik itu dalam kondisi kurang cahaya hingga terang sekalipun.

(Ysl/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS