Sukses

Vivo Luncurkan Funtouch OS 13, Berikut Sederet Fiturnya

Liputan6.com, Jakarta - Vivo mengumumkan bakal mulai menggulirkan sistem operasi terbaru mereka yaitu Funtouch OS 13 yang berbasis Android 13, untuk para pengguna perangkat-perangkatnya secara global di luar pasar Tiongkok.

Ada beberapa peningkatan yang dibawa Vivo di Funtouch OS 13 misalnya di sisi privasi dan keamanan yang ditingkatkan, serta fitur kontrol baru untuk pengalaman penggunaan yang lebih lancar dan tanpa gangguan.

Mengutip laman resmi Vivo, Kamis (27/10/2022), berikut ini beberapa fitur yang dihadirkan di Funtouch OS 13:

Personalisasi tampilan layar

Funtouch OS 13 berbasis Android 13 memungkinkan pengguna lebih banyak mengontrol visual layar beranda mereka. Dengan fitur ikon monokrom, pengguna bisa mengubah warna ikon layar beranda agar sesuai dengan wallpaper, sistem, dan antarmuka aplikasi.

Sistem baru juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan warna pada UI sistem dan aplikasi bawaan termasuk panel notifikasi, kontrol volume, kalkulator, dan jam.

Perlindungan dan keamanan yang ditingkatkan

Vivo menghadirkan fitur app pinning atau penyematan aplikasi, untuk mencegah orang lain melihat aplikasi lain.

Saat orang lain menggunakan perangkat pengguna, fitur ini membuat aplikasi yang dipilih tetap terlihat dan mencegah akses ke aplikasi lain di perangkat.

Pembaruan juga memungkinkan pengguna perangkat dengan Funtouch OS 13, menyembunyikan foto dan video serta secara selektif memilih akses berbagai aplikasi ke foto tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kontrol dan Fitur Lain

Kontrol yang ditingkatkan dan fitur yang mudah digunakan

Dengan Funtouch 13, pemantauan waktu penggunaan aplikasi dan pengalaman pengguna jadi jauh lebih efisien. Di sini iManager dapat secara khusus membantu memantau waktu penggunaan aplikasi.

Dengan satu kali tap menutup aplikasi yang berat di CPU, iManager dapat mengurangi aplikasi aktif dan menyesuaikan frekuensi CPU berdasarkan kemampuan pendinginan ponsel.

Selain pembaruan cuaca, dihadirkan juga dasbor yang dilengkapi Air Quality Index (AQI), bagi pengguna yang ingin melihat informasi terbaru tentang kualitas udara, dengan indeks PM2.5.

Selain itu, editing video memungkinkan pengguna untuk membisukan audio sembari membuat perubahan di segmen tertentu. Viewfinder profesional juga membuat fotografi lebih mudah dengan stabilization ring yang baru.

Dalam hal aksesibilitas, peningkatan telah dibuat dengan koreksi warna dan inversi, serta opsi menghapus animasi untuk pengguna dengan kebutuhan khusus, misalnya gangguan penglihatan.

3 dari 4 halaman

iQOO Mau Rilis HP 'Monster' ke Indonesia

Sebelumnya, iQOO mengumumkan bakal memboyong smartphone mereka ke pasar Indonesia. Walaupun begitu, sub-brand Vivo ini belum mengungkapkan HP dari lini apa yang akan dijual di Tanah Air.

Namun iQOO lewat keterangan persnya, ditulis Jumat (21/10/2022), mulai menggoda dengan memberikan sedikit bocoran soal HP apa yang akan mereka rilis di Indonesia, di mana perusahaan mengklaim bakal membawa smartphone "monster."

iQOO mengklaim, jika melihat di Tiongkok dan India, seri flagship seperti iQOO 10 dan 10 Pro, serta mid range seperti iQOO Neo Series dan iQOO Z Series, mendominasi pasar smartphone gaming.

"Kira-kira meninjau dari kebutuhan pasar di Indonesia, monster apa yang akan hadir untuk memuaskan kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap smartphone dengan teknologi mutakhir beserta performa yang luar biasa?," kata mereka.

Perusahaan mengakui, beberapa rumor di media sosial menyebutkan mereka akan membawa lini mid-range ke Indonesia, mengingat daya beli konsumen yang lebih mampu menjangkau smartphone di kelas ini.

Mereka juga mengatakan, beberapa warganet di kolom komentar media sosial berharap Neo Series yang akan dihadirkan di Indonesia.

 

4 dari 4 halaman

Buka Akun Medsos Indonesia

iQOO sendiri telah mengumumkan peluncuran sejumlah akun media sosialnya untuk konsumen Indonesia. Pembukaan akun media sosial Indonesia ini pun menimbulkan spekulasi mereka akan segera menghadirkan smartphone-nya ke Tanah Air.

Dalam siaran persnya, dikutip Selasa (18/10/2022), akun-akun media sosial ini akan jadi sarana untuk berkomunikasi dengan konsumen, membuka ruang diskusi, dan eksplorasi untuk semua terobosan teknologi yang disajikan oleh iQOO.

"Untuk menjawab keinginan dan antusiasme konsumen terhadap gadget, teknologi dan gaming, kini iQOO hadir di sini!" tulis perusahaan dalam pengumuman yang diterima Tekno Liputan6.com.

"iQOO hadir untuk mewujudkan antusiasme terhadap teknologi dengan mobilitas tinggi. iQOO menawarkan terobosan teknologi baru untuk memuaskan pasar Indonesia," kata mereka.

Di keterangan tertulisnya itu, iQOO juga memastikan produk yang bakal diboyong ke Tanah Air adalah lini smartphone-nya.

(Dio/Ysl)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS