Sukses

Sederet Kemampuan Android 12L yang Dibawa Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Ada beberapa keunggulan yang dihadirkan Android 12L dalam Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Liputan6.com, Bali - Samsung menjadikan HP layar lipat mereka yaitu Samsung Galaxy Z Fold4 5G, sebagai perangkat pertama yang menjalankan Android 12L.

Android 12L adalah pengembangan dari Android 12, yang ditujukan untuk perangkat dengan layar besar seperti foldable dan tablet.

Mengutip penjelasan resmi Samsung, Selasa (11/10/2022), Android 12L merupakan turunan dari Android 12, yang dirancang untuk perangkat dengan spesifikasi layar besar di atas 600 dp.

Perbedaan yang dirasakan oleh pengguna adalah pengalaman berpindah aplikasi dengan lebih mulus.

Selain itu, Android 12L juga membawa antarmuka two-column untuk toggle notifikasi dan pengaturan cepat. Samsung menyebut, pengguna Galaxy Z Fold adalah mereka yang kerap melakukan multitasking di smartphonenya.

Maka dari itu, Google digandeng untuk menghadirkan Android 12L, yang membantu pengguna aktif, dengan kemampuannya membuat lebih banyak aplikasi mampu menjalankan fitur two-column.

Di Galaxy Z Fold4, dihadirkan layar foldable besar yang memungkinkan perangkat ini untuk menampilkan lebih banyak informasi sekaligus.

Di sini, Android 12L memaksimalkan keunggulan tersebut, dengan mengoptimalkan User Interface (UI), di setiap aspek, baik saat mengakses home screen, cek notifikasi, hingga mengatur perangkat.

UI yang lebih optimal pun dapat digunakan oleh pengguna Galaxy Z Fold4 5G.

Saat mengakses quick panel di smartphone biasa, notifikasi dan fungsi-fungsi seperti Wi-Fi dan bluetooth biasanya akan bertumpuk dalam satu baris panjang.

Di Galaxy Z Fold4 5G dengan Android 12L, quick settings dan notifikasi tampil dalam kolom yang terpisah sehingga pengguna bisa mengaktifkan fungsi tertentu atau cek pesan masuk dengan lebih mudah dan cepat.

Sementara di HP biasa, saat ingin beralih dari satu menu ke pengaturan menu lain, pengguna perlu masuk ke tampilan utama pengaturan secara berulang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fungsi Multi Window

Di Galaxy Z Fold4 5G, pengguna dapat menggunakan layout yang terdiri dari dua kolom, yaitu menu utama pengaturan dan tampilan dari menu yang sedang dipilih.

Android 12L di Z Fold4 5G, juga memungkinkan perangkat untuk menjalankan fungsi Multi Window terhadap semua aplikasi dengan tampilan yang lebih optimal.

Jadi, penyesuaian ukuran window untuk semua aplikasi akan lebih mulus dengan rasio yang lebih proporsional, untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.

Android 12L juga punya peran besar untuk mematangkan gesture terbaru dalam mengaktifkan Multi Window, di mana pengguna bisa beralih dari tampilan full screen ke split screen secara instan, dengan sekali swipe atau usap.

 

3 dari 4 halaman

Tampilan Lebih Proporsional

Android 12L juga memungkinkan perangkat untuk menjalankan fitur Taskbar dengan lancar, membuat transisi lebih smooth saat pengguna berpindah-pindah aplikasi atau mulai menggunakan Multi Window via Taskbar.

Pengguna juga dapat menyembunyikan maupun menampilkan Taskbar, hanya dengan menekannya lebih lama.

Android 12L juga membuat Galaxy Z Fold4 5G mampu menjalankan aplikasi yang tidak secara khusus dioptimalkan untuk perangkat lipat dengan lebih baik.

Dalam hal ini, Fold4 5G memberikan tampilan yang lebih proporsional untuk seluruh aplikasi.

Contohnya, aspect ratio lebih ideal, sudut-sudut yang dibuat melengkung menyesuaikan layar perangkat, hingga status bar yang lebih transparan agar tidak mengganggu tampilan dari aplikasi yang sedang dibuka.

 

4 dari 4 halaman

Kontinuitas Tampilan Aplikasi

Selain itu, Android 12L juga memungkinkan Galaxy Z Fold4 5G untuk menjalankan fungsi Multi Window terhadap semua aplikasi dengan lebih responsif.

Android 12L juga mengoptimalkan pengalaman dengan kontinuitas tampilan aplikasi saat pengguna membuka perangkat. Ini membuat transisi tampilan aplikasi yang lebih mulus saat berpindah dari Cover Screen ke Main Screen.

Samsung sendiri mengatakan tidak menaikkan harga Galaxy Z Fold4 5G bila dibandingkan dengan pendahulunya, meski membawa beberapa peningkatan fitur yang signifikan.

Galaxy Z Fold4 5G tersedia dengan harga Rp 24.999.000 (12GB/256GB), Rp 26.999.000 (12GB/512GB), dan Rp 30.999.000 (12GB/1TB) dalam pilihan warna Graygreen, Phantom Black, Beige, dan Burgundy.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.