Sukses

Axioo dan Kemenperin Cetak Talenta Industri 4.0

Liputan6.com, Jakarta - Di era revolusi industri 4.0, kebutuhan akan tenaga kerja yang terampil sesuai kebutuhan industri terus meningkat.

Untuk menyiapkan tenaga kerja yang andal, salah satunya adalah dengan memastikan bahwa tenaga pendidik di institusi pendidikan (SMK/Politeknik) memahami kompetensi apa yang wajib dimiliki oleh calon tenaga kerja, dan juga bagaimana budaya kerja yang ada di perusahaan.

Untuk merealisasikan hal tersebut PT Tera Data Indonusa Tbk (Axioo) bersama Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Badan Pengembangan SDM menggelar pelatihan kompetensi untuk menciptakan tenaga pendidik yang andal.

Perwakilan Kemenperin dan Kepala Badan Pengembangan SDM, Setyoko Pramono, menilai Axioo Class Program yang sudah berjalan ini bisa dijadikan sebuah model nasional, bagaimana sebuah industri itu 'ngelink dan ngemacth' dengan unit pendidikan.

"Unit pendidikan akan sangat terbantu jika perusahaan (industri) mau berpartisipasi mengembangkan sistem pendidikannya dari awal yaitu pada saat proses rekruitmen, pembelajaran, praktik kerja sampai pada akhirnya mereka dijadikan sebagai pegawai di perusahaan industri," kata Setyoko saat menghadiri kegiatan tersebut di Axioo Smart Factory, Jakarta Timur, belum lama ini.

Menyadari kebutuhan akan sarana prasarana praktIk yang sangat berguna untuk mendukung pembelajaran SMK, Tera Data Indonusa juga mengibahkan bantuan alat praktik kepada sekolah-sekolah yang hadir dalam kegiatan pelatihan tersebut.

“Kami menyadari pentingnya alat praktik bagi siswa kejuruan untuk menunjang proses belajar sehingga kompetensi siswa dapat sesuai dengan kebutuhan industri," ujar Direktur Tera Data Indonusa, Andrey Fifo, dikutip Kamis (6/10/2022).

Oleh karena itu, ia melanjutkan, perusahaan memberikan hibah beberapa alat praktik untuk beberapa SMK terpilih.

Tera Data Indonusa melalui Axioo Class Program berharap dengan adanya kegiatan pelatihan dan penyerahan hibah alat praktik ini program pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi di Indonesia dapat menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Axioo Ditunjuk LKPP jadi Penyedia Laptop Chromebook untuk Sekolah dan Kantor Pemerintah

Sebelumnya, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menunjuk vendor laptop dalam negeri, Axioo, sebagai penyedia laptop Chromebook untuk sekolah-sekolah dan kantor pemerintahan atau lembaga pemerintah.

Hal ini merupakan tindak lanjut pemerintah atas peningkatan penggunaan produk dalam negeri, sekaligus dukungannya kepada industri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam negeri.

Program pengadaan perangkat TIK di tahun ini disebut memiliki alokasi dana pagu sebesar Rp 6,3 triliun.

Direktur Utama PT Tera Data Indonusa Tbk (Axioo), Michael Sugiarto, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada LKPP yang telah memfasilitasi konsolidasi pengadaan laptop nasional.

"Kami siap untuk memenuhi kebutuhan laptop di seluruh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah (K/L/PD) di Indonesia karena kami telah memenuhi semua kualifikasi yang disyaratkan," kata Michael melalui keterangan tertulisnya, Jumat (29/7/2022).

Ia menyebut Axioo juga telah memenuhi program pengadaan produk dalam negeri yang diadakan pemerintah di tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun lalu kami telah berkontribusi melalui hadirnya Axioo ChromeBook untuk proyek pengadaan nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Di tahun ini pun kami kembali siap menghadirkan perangkat TIK dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh pemerintah," ucapnya menambahkan.

Dari nilai total proyek tersebut, Axioo berpotensi dapat memenuhi Konsolidasi Pengadaan Laptop PDN di atas Rp 1 triliun.

Axioo juga telah memastikan kesiapan bahan baku, sumber daya manusia, hingga perluasan pabrik untuk memenuhi Konsolidasi Pengadaan Laptop PDN.

Dalam hal ini perusahaan menawarkan dua produk unggulan untuk Konsolidasi Pengadaan Laptop PDN.

Pertama, Axioo Chromebook untuk peralatan TIK yang dananya bersumber dari DAK Fisik bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2022.

Kedua, Axioo MyBook PRO K5 (8N2) untuk kebutuhan administrasi perkantoran yang dananya bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2022 di masing-masing K/L dan/atau APBD Tahun Anggaran 2022 pada masing-masing Pemerintah Daerah.

3 dari 4 halaman

Pengiriman Laptop

Sementara Corporate Secretary Axioo, Luhur Budiman, menilai pasar retail dan korporasi untuk TIK di Indonesia masih terus berkembang dengan pesat, seiring perkembangan kebutuhan masyarakat Indonesia yang masih mempunyai kepemilikan komputer yang sangat rendah.

Axioo terus berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem industri TIK, untuk meningkatkan TKDN dan memberdayakan industri pendukung dalam rantai pasokan TIK nasional.

“Axioo sebagai merek asli indonesia berhasil meraih capaian skor tertinggi untuk produk ChromeBook hingga 52,55 persen dalam pemenuhan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN)," klaim Luhur.

Dengan demikian, kata Luhur, perusahaan sudah melampaui kriteria dari pemerintah mengenai pemenuhan tingkat kandungan lokal.

"Selain itu, spesifikasinya juga sudah sesuai standar yang telah ditentukan oleh kebutuhan pemerintah,” Luhur memungkaskan.

Sebagai informasi, pengiriman laptop ChromeBook dan laptop administrasi perkantoran ini akan dilaksanakan secepatnya untuk didistribusikan ke sekolah-sekolah dan kantor pemerintah atau Lembaga di seluruh Indonesia sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

4 dari 4 halaman

Infografis 6 Pasal Sorotan UU Cipta Kerja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.