Sukses

Apple Watch Ultra Teruji Tahan Banting, Tapi Sulit Diperbaiki Jika Rusak

Liputan6.com, Jakarta - Apple Watch Ultra adalah smartwatch yang dirancang khusus agar bisa tahan banting untuk digunakan saat beraktivitas di luar rungan. Namun, perangkat ini dinilai sulit untuk diperbaiki jika ada kerusakan.

Mengutip Engadget, Rabu (28/9/2022), iFixit telah menyelesaikan video teardown (sesi bongkar perangkat) yang menunjukkan bahwa Watch Ultra agak sulit diperbaiki bila dibandingkan dengan model Apple Watch lainnya.

Meskipun ada sekrup eksternal di bagian belakang, pengguna harus merusak paking kedap air yang ada di dalamnya jika membuka bagian bodi belakang.

Di bagian depan, pengguna juga akan kesulitan untuk menghindari kerusakan layar Apple Watch Ultra, setidaknya tanpa alat khusus.

Pengguna juga bakal sulit untuk mengakses baterai dan komponen lainnya. Sesi teardown yang dilakukan iFixit menggambarkan seberapa besar susunan speaker di Apple Watch Ultra dibandingkan dengan Seri 8.

Tentunya hal ini adalah kabar buruk bagi pengguna yang ingin memperbaiki perangkat Apple secara mandiri. Kamu harus membawa Apple Watch Ultra ke profesional jika mengalami kerusakan.

Sebelumnya, Apple telah merilis program Self Service Repair for iPhone pada April 2022. Program ini berguna untuk membantu kamu melakukan perbaikan iPhone sendiri dengan alat dan suku cadang dari Apple.

Terkini, program Apple Self Service Repair diperluas untuk komputer Mac. Menurut Apple Newsroom, program Self Service Repair to Mac mulai dibuka sejak 23 Agustus 2022 untuk pelanggan di Amerika Serikat.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Smartwatch Tahan Banting Perdana Apple

Apple resmi mengumumkan kehadiran Apple Watch Ultra dalam event yang digelar secara live streaming. Sesuai namanya, Apple Watch Ultra merupakan varian smartwatch paling tinggi yang diperkenalkan Appel untuk tahun ini.

Dalam pemaparannya, Apple menyebut smartwatch ini hadir desain yang benar-benar baru dan memiliki ketahanan terbaik. Karenanya, Apple Watch Ultra ditujukan untuk pengguna yang terbiasa beraktivitas di kondisi ekstrem atau bertualang di alam bebas.

Memiliki ukuran 49mm yang didukung dengan case titanium dan kaca sapphiresmartwatch ini menyandang predikat sebagai Apple Watch dengan layar terbesar untuk sekarang. 

Untuk menunjang perform Apple Watch Ultra, perusahaan menyertakan dukungan baterai hingga 36 jam dalam pemakaian normal. Selain itu, ada beberapa fitur yang dibenamkan untuk meningkatkan kemampuan daya tahan smartwatch ini, salah satunya adalah pengaturan low-power terbaru.

Layar Apple Watch Ultra mendukung hingga 2000 nits, sehingga diklaim dua kali lebih terang dibandingkan layar Apple Watch lainnya. Smartwatch ini memiliki tiga mikrofon built-in untuk meningkatkan kualitas panggilan suara secara signifikan.

Apple juga menambahkan tombol Action baru dengan warna oranye di smartwatch ini dan bisa disesuaikan fungsinya untuk akses cepat ke berbagai fitur, seperti Workouts, Compass Waypoints, Backtrack, hingga kemampuan lain.

Yang menarik, Apple turut menghadirkan tali yang berbeda-beda sesuai dengan aktivitas penggunannya. Ada tali model Trail Loop yang didesain secara spesifik untuk mendukung aktivitas atlet atau pelari.

Lalu, ada model Alpine Loop yang hadir untuk menunjang aktivitas penjelajahan.Terakhir, Ocean Band yang ditujukan bagi pengguna olahraga air ekstrem dan selam rekreasi.

3 dari 4 halaman

Harga Apple Watch Ultra

Pada Apple Watch Ultra, untuk kali pertama disertakan pula GPS frekuensi-ganda yang mengintegrasikan L1 dan L5, ditambah algoritma baru untuk menentukan posisi lebih akurat. Bahkan, keakuratan GPS smartwatch ini diklaim melebih model Apple Watch yang tersedia sekarang.

Smartwatch ini menjalankan watchOS 9 yang dibekali dengan sejumlah metrik baru untuk mengukur aktivitas pengguna.

Tampilan antarmuka smartwatch ini juga disesuaikan agar menunjang aktivitas pengguna, termasuk dengan menghadirkan Night Mode.

Apple Watch Ultra juga dibekali dengan deretan fitur khas Apple Watch, seperti pengukuran detak jantung, ECG, dan oksigen dalam darah.

Inovasi lain di smartwatch ini adalah kemampuan pengukuran suhu untuk mengetahui informasi kesehatan wanita, seperti memprediksi siklus haid.

Untuk membuktikan kemampuan daya tahannya, Apple Watch Ultra sudah mendapatkan sertifikasi militer MIL-STD-810H. Harga Apple Watch Ultra adalah USD 799 atau sekitar Rp 11,9 juta.

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.