Sukses

Menkominfo: Radio Jadi Kunci Kedaulatan Indonesia di Mata Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Saat memberikan amanat dalam Upacara Peringatan Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (17/08/2022), Menkominfo Johnny G. Plate mengungkapkan peran radio dalam penegakan kedaulatan Indonesia.

“Tanpa peranan radio sebagai media komunikasi pada masa itu, kemerdekaan Indonesia tidak dapat secara efektif disebarluaskan kepada masyarakat, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Hal itu menjadi kunci bagi justifikasi kedaulatan Indonesia di mata dunia,” katanya, dikutip dari situs web resmi Kominfo.

Terkait hal ini Johnny mengajak masyarakat untuk memahami perspektif pahlawan, baik dari segi ide, pemikiran, dan pergerakan serta kisah-kisah inspiratif lainnya.

“Sejarah mencatat bahwa pascapembacaan teks proklamasi, penyebaran berita proklamasi kemerdekaan Indonesia segera dikumandangkan secara luas di Jakarta dan berbagai penjuru negeri,” tuturnya.

Menkominfo menyatakan, ketika itu pejuang saling berkomunikasi dan koordinasi serta menyampaikan kabar penting perjuangan dan pergerakan Kemerdekaan Indonesia melalui media-media komunikasi konvensional.

“Kala itu radio menjadi satu-satunya komunikasi yang digunakan. Akibat penjajahan Belanda maupun Jepang, berbagai berita politik dan semangat perjuangan tentu disensor,” ungkapnya.

Namun, pejuang pejuang kemerdekaan berhasil menguasai Radio Hoso Kyoku di Jakarta. Melalu radio itu, pejuang menyiarkan kemerdekaan Indonesia ke seluruh pelosok nusantara dan mancanegara.

“Setelah pembacaaan proklamasi, pejuang kemerdekaan berhasil mengelabui Pemerintah Kolonial Jepang saat itu. Karenanya berita proklamasi kemerdekaan Indonesia turut tersiarkan hingga ke Eropa dan Amerika Serikat,” kenangnya, seraya menutup pidato.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Warganet Ramai-Ramai 'Kobarkan' Tagar HUT 77 RI, Trending Topic di Twitter

Setiap tahunnya, Indonesia memperingati hari kemerdekaan pada 17 Agustus. Tahun ini, 17 Agustus 2022, Indonesia merayakan hari kemerdekaan yang ke-77 (HUT ke-77 RI).

Sejumlah masyarakat umumnya memeriahkan '17 Agustus-an' dengan berbagai cara, salah satunya adalah membuat ucapan selamat hari kemerdekaan.

Pantauan Tekno Liputan6.com di Twitter, Rabu (17/8/2022), warganet ramai-ramai mencuit ucapan selamat hari kemerdekaan dengan tagar HUT 77 RI (#HUT77RI).

Tagar tersebut bahkan menjadi trending topic di Twitter Indonesia. Hingga berita ini naik, ada lebih dari 18 ribu cuitan yang menyematkan #HUT77RI.

"Happy Indepence day my beloved country. Pulih lebih cepat, Bangkit lebih kuat," tulis seorang warganet dengan menyisipkan #HUT77RI.

"Dirgahayu Republik Indonesia. Semoga Indonesia lebih baik," cuit seorang pengguna Twitter dengan semangat.

"Dirgahayu Republik Indonesia #HUT77RI. Negeriku tercinta. Semakin maju, bermartabat, dan menjadi kebanggaan kita semua. Merdeka!!!," timpal yang lainnya.

"17 Agustus 2022 #HUT77RI. Dirgahayu kemerdekaan Indonesia ke-77. Terima kasih para pahlawan dan ulama yang telah berjuang," tulis warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Google Doodle Rayakan HUT ke-77 RI, Tampilkan Ilustrasi Balap Perahu

Google ikut merayakan HUT ke-77 Republik Indonesia (RI) atau HUT ke-77 RI pada Rabu (17/8/2022) dengan mengubah tampilan logo di Google Search dengan sebuah ilustrasi, serta menghadirkan animasi di laman pencariannya.

Google Doodle untuk memperingati HUT RI ini diilustrasikan oleh seniman Bandung Wastana Haikal, yang menampilkan Pacu perahu atau balap perahu, salah satu tradisi unik di Hari Kemerdekaan.

Festival Pacu Jalur menjadi salah satu perlombaan terbesar di Tanah Air. Setelah penampilan lagu-lagu dan tarian, lebih dari seratus perahu dengan dekorasi yang semarak mendayung menyusuri Sungai Batang Kuantan.

Tim hingga enam puluh orang mengenakan kostum tari tradisional, sementara penonton berkumpul di tepi sungai.

"Sebagai negara bahari, festival pacu jalur merupakan salah satu dari sekian banyak tradisi yang mengajarkan pentingnya kerja sama tim," tulis Google mengutip laman resmi.

"Sebuah pesan yang selaras dengan semboyan nasional Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika," tambah Google dalam keterangan soal Google Doodle ini.

Jika pengguna Google Search mengklik ilustrasi Doodle ini, pengguna bakal disambut kembang api berwarna merah di laman pencarian yang menampilkan soal Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain itu, tulisan Google di pojok kiri atas, samping kolom pencarian, berubah dan memajang bendera merah putih.

Untuk menyalakan animasi kembang api di Google, kamu bisa melakukannya dengan mengklik tombol berlogo kembang api yang ada di tengah-kiri bawah lama pencarian.

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS