Sukses

Ini 5 Iklan Produk Tekno Terbaik Yang Tampil di Superbowl

Football memang olahraga paling populer di Amerika Serikat. Tak heran jika Super Bowl jadi acara yang paling ditunggu dan paling banyak ditonton oleh masyarakat Amerika Serikat.

Football memang olahraga paling populer di Amerika Serikat. Karena itu tak heran jika ajang final kompetisi football yang dikenal dengan sebutan Super Bowl, menjadi acara yang paling ditunggu dan paling banyak ditonton oleh masyarakat Amerika Serikat.

Sepertinya wajar jika banyak perusahaan yang mengincar spot untuk menayangkan iklan perdana mereka di sela Super Bowl. Tahun ini saja misalnya, Super Bowl XLVII antara Baltimore Ravens vs San Francisco 49ers dimanfaatkan BlackBerry untuk mengiklankan BlackBerry Z10.

Samsung juga menyiapkan iklan khusus di ajang Super Bowl tahun ini, yang kali ini tanpa menyindir Apple yang merupakan pesaing utama mereka.

Apa saja iklan produk teknologi terbaik yang tayang pertama kali di ajang Super Bowl? Dilansir dari laman Gizmodo yang Liputan6.com kutip Selasa (5/2/2013), berikut paparannya:

1. Xerox, "Monks" (1977)

Iklan ini hadir ketika mesin fotokopi masih menjadi mesin berteknologi tinggi. Xerox pun menggambarkan seorang pendeta yang mendapat tugas untuk mengkopi 500 naskah, dengan tulisan tangan.

Pendeta itu pun bisa menciptakan 500 kopi dengan cepat, berkat bantuan mesin fotokopi Xerox. Pendeta kepala pun tersenyum saat pendeta yang ditugaskan itu boisa menghadirkan salinan dengan cepat.

2. Apple, "1984" (1984)

Ini dianggap sebagai iklan terbaik yang pernah ada, apalagi jika dilihat secara komunikasi visual. Mengambil setting dari novel tenar "1984" karya George Orwell, Apple memperlihatkan seorang pelari membawa palu besar, yang berusaha menghancurkan persekongkolan "Big Brother".

Setelah lari, gadis pelari yang diperankan Anya Major itu pun melemparkan gada raksasa itu ke layar yang memperlihatkan "Big Brother" sedang mencuci-otak kader mereka.

Setelah layar hancur, terdengar narasi yang memperkenalkan Macintosh.

"On January 24th, Apple Computer will introduce Macintosh. And you'll see why 1984 won't be like 1984."

3. Apple, "HAL 2000" (1999)

Apple memunculkan kekhawatiran terhadap Y2K di iklan ini, dengan meniru adegan ala "2001: A Space Odyssey". Di iklan ini, komputer bernama HAL menyebut perlunya untuk mengambil alih komputer di dunia yang dengan memanfaatkan "millenium bug".

Di iklan ini Apple pun mengklaim sebagai komputer satu-satunya yang bebas virus. Tentu ini sebelum ditemukannya malware pertama di Mac oleh Sophos, yaitu OSX/Leap-A. Sejak saat itu.

4. Yahoo, "Dolphin" (2002)

Yahoo membuat iklan perdana dan sepertinya iklan satu-satunya di 2002 silam. Iklan itu menggambarkan seorang pria menemukan sebuah pulau dan seekor lumba-lumba yang bisa berbicara.

Saat lumba-lumba itu bertanya darimana pria itu bisa menemukan lokasi ini, pria itu menjawab "Yahoo". Sebaliknya, ketika pria itu bertanya darimana lumba-lumba itu belajar bicara, mamalia laut itu menjawab: "Yahoo".

Ironis. Sebab saat itu Yahoo memang masih bisa bersaing dengan Google di mesin pencari. Kini mesin pencari Yahoo dianggap hanya untuk melengkapi layanan yang lain.

5. Google, "Parisian Love" (2010)

Iklan ini begitu sederhana, tapi sangat bermakna dari segi komunikasi visual. "Parisian Love" sangat sukses mengilustrasikan cara gunakan mesin pencari GOogle.

Adegan yang ada hanya layar komputer yang memperlihatkan mesin pencari. Sejumlah kata kemudian diketikkan, yang memperlihatkan proses perjalanan cinta jarak jauh, dengan perempuan berada di Paris.

Ini merupakan iklan pertama Google yang ditayangkan di Super Bowl. Hingga saat ini Google tak lagi memasang iklan di Super Bowl.

(GAL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini