Sukses

Cara Mengajukan Refund untuk Pembelian di Google Play

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai toko penyedia berbagai aplikasi dan konten, Google Play Store juga memberikan kesempatan bagi konsumennya untuk meminta pengembalian dana atau refund.

Sebagai contoh, ada pembelian yang dilakukan secara tidak sengaja oleh teman atau anggota keluarga menggunakan akunmu, maka kamu bisa meminta pengembalian dana di situs Google Play.

Apabila menemukan pembelian yang tidak dilakukan atau tidak dilakukan oleh orang yang dikenal menggunakan kartu atau metode pembayaran lain, kamu dapat melaporkan tagihan tidak sah tersebut 120 hari setelah transaksi.

Mengutip laman Google Support, ada beberapa catatan yang harus kamu perhatikan apabila ingin melakukan pengembalian dana atau refund di Google Play.

Jika masih kurang dari 48 jam sejak pembelian aplikasi atau pembelian dalam aplikasi, Anda dapat meminta pengembalian dana melalui Google Play.

Jika membeli musik, film, buku, atau konten lainnya, Anda dapat meminta pengembalian dana lebih dari 48 jam setelah pembelian. Untuk ini, kamu bisa cek syarat pengembalian dana di laman bantuan Google mengingat beberapa item mungkin punya syarat yang berbeda.

Biasanya, keputusan akan diberikan dalam waktu satu hari kerja hingga maksimal empat hari kerja.

Apabila pembelianmu tidak ada di daftar pembelian terbaru, kamu dapat meminta pengembalian dana melalui situs Google Play dengan tiga opsi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ajukan Refund di Situs Google Play

Cara pertama adalah yang paling mudah, yaitu dengan meminta pengembalian dana di situs Google Play. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Di komputer, buka play.google.com/store/account.
  2. Pilih Histori Pesanan
  3. Temukan pesanan yang ingin Anda kembalikan.
  4. Pilih Minta pengembalian dana atau Laporkan masalah, lalu pilih opsi yang menjelaskan masalah Anda.
  5. Lengkapi formulir dan beri catatan bahwa Anda menginginkan pengembalian dana.
  6. Anda akan mendapatkan pesan yang menyatakan "Terima kasih telah menyampaikan masalah Anda". Lalu, Anda akan mendapatkan email tentang keputusan pengembalian dana. Biasanya, Anda akan mendapatkan pengembalian dana dalam waktu 15 menit hingga maksimal 4 hari kerja.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Cara Lain

Cara kedua adalah dengan melalui Asisten Google atau Google Assistant.

Untuk cara kedua, kamu dapat memberi tahu Google Assistant di perangkat bahwa kamu ingin melakukan pengembalian dana Google Play. Namun, untuk meminta pengembalian dana dari Asisten Google, kamu harus menggunakan Bahasa Inggris Amerika Serikat di perangkat.

Sementara cara ketiga adalah mendapatkan dukungan dari developer atau pembuat aplikasi. Kamu sebaiknya menghubungi developer aplikasi jika:

  • Memiliki pertanyaan terkait aplikasi.
  • Melakukan pembelian dalam aplikasi, tetapi item yang dibeli tidak terkirim atau tidak berfungsi seperti yang Anda harapkan.
  • Anda menginginkan pengembalian dana dan sudah lebih dari 48 jam sejak pembelian. Developer dapat membantu Anda terkait masalah pembelian, dan dapat memproses pengembalian dana sesuai dengan kebijakan dan hukum yang berlaku​.
4 dari 4 halaman

Google Play Kini Punya Logo Baru

Sebelumnya, dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-10, Google Play mendapatkan logo baru. Google diketahui sedikit mengubah bentuk keseluruhan logo Google Play-nya. Perubahan paling menonjol adalah warna yang kini tidak begitu mencolok.

Warna logo baru Google Play terdiri dari hijau, kuning, biru, dan merah. Masih menggunakan warna-warna yang sebelumnya tetapi lebih soft. Warna-warna tersebut juga dipakai di layanan Google lainnya.

Bisa dikatakan, warna logo Google Play yang baru merupakan penyesuaian untuk melengkapi logo baru Google Chrome yang diperbarui awal tahun ini.

"Kami memperkenalkan logo baru yang lebih mencerminkan keajaiban Google dan cocok dengan branding yang dibagikan oleh banyak produk kami yang bermanfaat. Mulai dari Google Search, Google Assistant, Photos, Gmail, dan lain-lain," kata VP Google Play Tian Lim.

Lebih lanjut, dikutip dari The Verge, Selasa (26/7/2022), Lim mengatakan Logo dan ikonografi baru ini menandai 10 tahun Google Play, setelah namanya diganti dari Android Market pada 2012 silam.

"Satu dekade kemudian, lebih dari 2,5 miliar orang di lebih dari 190 negara menggunakan Google Play setiap bulan untuk menemukan aplikasi, game, dan konten digital," tutur Lim.

Ia menyebut, lebih dari 2 juta pengembang bekerja dengan toko aplikasi Google untuk membangun bisnis masing-masing dan menjangkau banyak orang di seluruh dunia.

(Dio/Isk)