Sukses

Manchester City Bikin Syal Pintar untuk Lacak Reaksi Para Suporter

Klub sepakbola Manchester City bekerja sama dengan Cisco dalam membuat syal pintar bernama 'Connected Scarf' dengam sensor EmotiBit untuk melacar reaksi para suporternya.

Liputan6.com, Jakarta Klub sepakbola Manchester City bekerja sama dengan Cisco dalam membuat syal pintar bernama 'Connected Scarf' dengan sensor EmotiBit untuk melacak reaksi para suporternya.

Mengutip Engadget, Kamis (28/7/2022), sensor itu berfungsi untuk melacak detak jantung, suhu tubuh, dan keadaan emosi pemakainya selama pertandingan.

Menurut kedua organisasi tersebut, aksesori itu akan membawa 'suporter lebih dekat ke permainan daripada sebelumnya'.

Cisco mengatakan telah menyelesaikan program percontohan untuk menguji perangkat itu. Perusahaan dan Manchester City mengundang enam Citizens (sebutan penggemar Manchester City) untuk menonton tim bermain.

Dalam pengujian, syal mampu merekam data 120 momen menarik, sehingga memberikan informasi konkret untuk menganalisis bagaimana perasaan setiap suporter di ruangan tersebut.

“Dengan menggunakan data, kami akan dapat memahami penggemar lebih dari sebelumnya,” kata Chintan Patel, Chief Technology Officer Cisco UK dan Irlandia.

Ia menambahkan teknologi ini memberikan kesempatan untuk menjadi lebih inklusif dan belajar lebih banyak tentang peran olahraga dalam semua kehidupan manusia.

Perusahaan berencana untuk membawa Connected Scarf kepada para penggemar Manchester City di musim depan, tetapi tidak dijelaskan apakah aksesori itu akan menjadi barang komersial atau tidak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Debut Erling Haaland Berseragam Manchester City: Muda, Kuat dan Berbahaya

Di sisi lain, bek sayap klub Liga Inggris Manchester City Kyle Walker berharap rekrutan anyar timnya Erling Haaland mampu mengikuti jejak Sergio Aguero dan Gabriel Jesus di lini depan The Citizen.

Dikutip dari Sky Sports, Rabu, Haaland akan menjadi satu-satunya penyerang murni yang dimiliki oleh Manchester City setelah Gabriel Jesus hengkang ke sesama klub Liga Inggris Arsenal. 

"Erling benar-benar bagus. Dia masih muda, kita harus mempertimbangkannya. Jelas dia punya tanggung jawab besar dan mungkin untuk mengisi posisi Aguero dan Jesus menjadi penyerang di Manchester City," ungkap Walker, dikutip Antara.

Sergio Aguero dan Gabriel Jesus merupakan ujung tombak dari Manchester City pada 10 tahun terakhir. Kedua pemain itu tercatat mengkombinasikan total 354 gol untuk The Citizen.

Pemain asal Inggris itu melanjutkan, selama berlatih dengan Haaland, ia melihat bahwa pemain asal Norwegia itu memiliki kemampuan yang kuat dan siap untuk belajar, utamanya di Liga Inggris.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Standar Tinggi Erling Haaland

Menurutnya, selama Haaland mempertahankan standarnya tersebut, seperti yang ia lakukan sebelumnya di Borussia Dortmund, pemain berusia 21 tahun itu bisa memiliki mentalitas yang sama dan kemampuan beradaptasi di Liga Premier.

"Kita semua tahu itu sangat sulit. Tidak ada yang benar-benar masuk ke tim dan langsung terjun ke lapangan sehingga dia akan membutuhkan waktu, tetapi itu tergantung pada kami sebagai pemain, manajer, dan klub secara keseluruhan untuk memastikan bahwa kami membuatnya merasa disambut sebaik mungkin," jelas Walker.

Manchester City mendatangkan Erling Haaland dari Borussia Dortmund pada bursa transfer pemain musim panas ini dengan biaya mencapai 60 juta euro (sekitar Rp916 miliar) dengan durasi kontrak lima tahun.

Pada musim lalu, Haaland menjadi penyerang tajam Borussia Dortmund dengan mencatatkan 29 gol serta 8 assist dari total 30 penampilan di berbagai ajang.

Pada musim tersebut Haaland tidak dapat tampil maksimal karena beberapa kali menepi karena cedera.

4 dari 4 halaman

Berita Infografis - PSG Vs Manchester City - Man Of The Match Kevin de Bruyne

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.