Sukses

Motivator Merry Riana Bagikan Tips Supaya Bisa Konsisten Bikin Konten di TikTok

Merry Riana mengatakan, ada dua rumus untuk dapat menjadi konsisten untuk membuat konten di TikTok, yaitu "keep doing" dan "keep learning."

Liputan6.com, Jakarta - Motivator, influencer, dan kreator konten Merry Riana memberikan tips seseorang bisa lebih konsisten dalam membuat konten-konten di TikTok.

Hal ini diungkapkan oleh Merry dalam Main Event #SerunyaBelajar #AdaDiTikTok di MBloc Space, Jakarta, Minggu (10/7/2022). Menurutnya, masalah konsistensi ini jadi salah satu yang banyak ditanyakan untuknya.

Menurut Merry, yang pertama harus diketahui adalah kata dasar dari "motivasi" adalah "motif." Maka dari itu, cobalah untuk mengingat apa motif untuk menjadi seorang kreator konten dan membuat video.

Merry Riana mengatakan, ketika pertama kali kita memulai, ada rasa percaya diri dalam diri kita.

"Wow, kita tunjukkan kreativitas kita, kita upload, kita nge-post, dan ternyata banyak yang like. Dan itu menginspirasi kita untuk membuat lebih banyak lagi," kata Merry.

Merry mengatakan, apabila seseorang diapresiasi, hal itu menjadi dorongan bagi seseorang untuk berkreasi.

"Tapi tantangannya, tidak setiap saat kita akan diapresiasi, dan ketika kita tidak diapresiasi, apakah kamu akan tetap mau berkreasi atau tidak, nah itu tantangan yang sesungguhnya," kata Merry.

Untuk itu, apabila melihat konten-konten yang bagus seperti di For You Page (FYP) TikTok, Merry menyarankan, penting bagi kamu untuk membuatnya sebagai sebuah inspirasi untuk berkreasi.

"Memang akan sangat mudah untuk kita merasa 'aduh ini keren banget, kayaknya saya tidak bisa untuk bikin storytelling seperti itu.' Ketika kita membandingkan, tiba-tiba kepercayaan diri kalian jadi turun," kata motivator tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dua Rumus untuk Konsisten

Merry pun mengatakan, ketika kepercayaan diri berkurang, maka bakat dan talenta pun tidak bisa bertambah seperti dengan seharusnya.

"Jadi pertama-tama, menurut saya ingat kembali, kamu spesial, kamu punya sesuatu yang unik, kamu tidak perlu mengikuti semua yang sudah tren," kata Merry.

"Kalau kamu tidak bisa storytelling, tidak perlu mengikuti yang seperti itu. Ketika kamu lihat saja, yang mana yang menarik menurut kamu 'ini gue banget', 'kayaknya gue bisa,' dari situ kamu bisa mengasah."

Merry pun mengatakan, ada dua rumus untuk dapat menjadi konsisten yaitu "keep doing" dan "keep learning" ("tetap lakukan" dan "tetap belajar"), yang keduanya harus seimbang.

"Banyak orang do, do, do, tapi tidak pernah mau belajar, akhirnya mereka ketinggalan, tidak peduli apa yang sedang tren. Salah. Tapi banyak juga orang keep learning, keep learning, aduh belum sempurna tapi tidak pernah dikerjakan. Salah juga," kata Merry.

Selain itu, temukan juga ritme yang pas denganmu untuk membuat konten, misalnya cukup dengan mulai satu kali dalam sehari.

3 dari 4 halaman

Serunya Belajar Ada di TikTok

TikTok sendiri sebagai platform distribusi video pendek telah meluncurkan kampanye bertajuk '#SerunyaBelajar Ada di TikTok'. Lewat kampanye edukasi ini, TikTok mendorong terciptanya konten edukasi yang seru dan bermanfaat.

Sebagai salah satu bagian dari kampanye ini, TikTok menggelar Creative Edu Exhibiton yang diadakan di MBloc Space mulai dari 4 hingga 10 Juli 2022. Event ini menampilkan instalasi menarik dan edukatif, serta terbuka bagi masyarakat umum.

Event tersebut menampilkan sejumlah instalasi dari sejumlah pilar pendidikan yang dianggap penting dalam platform TikTok. Ada pilar sains, seni, pengembangan diri, serta bisnis dan teknologi.

Masing-masing pilar ditampilkan dalam instalasi berbeda-beda. Sebagai contoh, pilar sains ditampilkan dalam bentuk lampu menyala menunjukkan sains merupakan aspek membuat kehidupan manusia lebih terang.

Lalu, di pilar pengembangan diri ditunjukkan kutipan dari orang-orang terkenal. Sementara di bagian bisnis dan teknologi, ada kode yang dapat dipindai pengguna untuk mengakses konten dari sejumlah kreator TikTok kerap mengupas dua topik tersebut.

Menariknya, seluruh instalasi itu dibalut dengan warna khas TikTok, yakni merah, hitam, dan biru. Event ini sendiri dapat dikunjungi tanpa biaya alias gratis.

Sebagai acara puncak, pada akhir pekan, yakni 9 dan 10 Juli 2022, TikTok akan mengadakan Networking Party di tempat yang sama. Event itu akan menghadirkan beberapa pembicara, seperti Anton Ismael, Garin Nugroho, Rachel Amanda, hingga Merry Riana.

Sejumlah kreator yang dikenal membuat konten edukasi juga akan hadir dalam acara tersebut, seperti Pak Win dan Vina Muliana. Mereka akan berbagi pengalaman sekaligus pengetahuan mereka mengenai sejumlah topik, terutama yang berkaita dengan edukasi.

Untuk diketahui, kampanye #SerunyaBelajar Ada di TikTok dilaksanakan mulai 27 Juni hingga 10 Juli 2022.

Tidak hanya event tersebut, TikTok juga menggelar kompetisi hashtag challenge untuk semua pengguna TikTok di atas usia 18 tahun dan ada serial TikTok Live dengan #SerunyaBelajar Bangun Masa Depan.

4 dari 4 halaman

Perhatian Pada Edukasi

Sebagai informasi, seluruh kegiatan kampanye #SerunyaBelajar Ada di TikTok ini dilaksanakan mulai 27 Juni hingga 10 Juli 2022.

Selain kompetisi hashtag challenge untuk pengguna di atas usia 18 tahun, ada pula serial serial TikTok Live dengan tema #SerunyaBelajar Bangun Masa Depan pada 29 Juni hingga 7 Juli 2022.

Tidak hanya Cinta Laura, kreator dan Pemenang TikTok Awards 20220 kategori Best of Learning dan Education, Tjokro Wimantara juga akan berpartisipasi dalam kampanye ini.

Ia menuturkan dirinya sangat mengapresiasi langkah TikTok ini, karena ia melihat komitmen TikTok sebagai platform yang menaruh perhatian pada edukasi sangat terlihat.

"Semoga kehadiran kampanya edukasi terbaru #SerunyaBelajar ini dapat meningkatkan motivtasi semua teman-teman kreator untuk terus menghadirkan lebih banyak lagi konten bermanfaat dan turut membangun ekosistem platform digital yang positif," tutur pria yang akrab dipanggil Pak Win tersebut.

Turut berpartisipasi dalam kampanye ini, ada pula Vina Muliana sebagai kreator yang kerap berbagi konten soal karier pengembangan diri.

Pemenang TikTok Awards 2021 kategori Best of Learning & Education ini menuturkan, senang bisa ikut menjadi bagian dari komunitas berbagai latar belakang yang saling berbagi pengetahuan dan informasi lewat konten edukasi di TikTok. 

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.