Sukses

Xiaomi 12S Ultra Diumumkan, Hadir dengan Lensa Leica dan Snapdragon 8 Plus Gen 1

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi resmi memperkenalkan flagship smartphone terbarunya yakni Xiaomi 12S. Salah satu model yang menjadi andalan dari lini ini adalah Xiaomi 12S Ultra.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (4/7/2022), smartphone ini menjadi produk pertama Xiaomi hasil kolaborasi dengan Leica. Perusahaan kenamaan di bidang pencitraan itu membawa desain optik dan software besutannya ke Xiaomi 12S Ultra.

Salah satunya adalah modul kamera belakang smartphone ini yang dibekali label Summicron yang ikonik dari Leica. Dari sisi software, Leica membenamkan dua gaya fotografi, yakni Leica Authentic Look dan Leica Vibrant Look.

Sebagai tambahan, ada beberapa filter Leica yang juga ditambahkan, seperti Leica Vivid, Leica Natural, Leica BW Natural, serta Leica BW High Contrast.

Untuk dapur pacu, smartphone ini menggunakan chipset Snapdragon 8+ Gen 1 yang didukung RAM 8GB/ROM 256GB dan RAM 12GB/ROM 512GB. Smartphone ini juga dibekali dengan mekanisme 3D liquid cooling.

Xiaomi 12S Ultra memilliki layar E5 Super AMOLED berukuran 6,73 inci yang mendukung AdaptiveSnyc Pro. Sebagai penunjang performanya, ada baterai berkapasitas 4.860mAh yang dibekali fast charging 67W dan 50W wireless charging.

Xiaomi juga membenamkan dua chip Surge yang berfungsi untuk menunjang manajemen baterai. Ada Xiaomi Surge P1 Charging yang bertugas memproteksi baterai dari overcharge, dan Surge G1 yang bertugas melakukan manajemen penggunaan baterai.

Sama seperti pendahulunya, HP Android ini membawa speaker stereo hasil setelan Harman Kardon dan mendukung Dolby Atmos. Smartphone ini menjalankan MIUI 13 berbasis Android 12.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kamera Xiaomi 12S Ultra

Xiaomi 12S Ultra hadir dengan empat kamera belakang yang terdiri lensa utama 50,3MP dengan sensor Sony IMX989, lensa telephoto 48MP, lensa ultrawide 48MP, serta TOF 3D. Untuk kebutuhan selfie, ada kamera depan 32MP.

Smartphone ini mampu menangkap gambar JPEG atau HEIF dalam 8-bit. Dari sisi video, Xiaomi 12S Ultra menjadi smartphone Android pertama yang mendukung perekaman Dolby Vision HDR.

Perangkat ini sudah dibekali dengan sertifikasi IP68 sehingga memiliki kemampuan anti air dan debu. Smartphone ini tersedia dalam dua pilihan warna, yakni classic black dan verdant green dengan tekstur mirip kulit.

Sebagai informasi, kerja sama antara Xiaomi dan Leica sendiri diumumkan pada Mei 2022. Ketika itu, Lei Jun juga mengatakan, baik Xiaomi dan Leica bersemangat untuk membawa fotografi seluler ke tahap yang berikutnya.

"Xiaomi berfokus untuk menciptakan pengalaman pengguna terbaik, dan selalu berharap untuk mengeksplorasi kemampuan fotografi smartphone secara ekstrem," kata Lei Jun.

Sementara, CEO Leica Camera AG Matthias Harsch mengatakan, adalah sebuah kehormatan bagi mereka untuk bekerja sama secara strategis dalam jangka panjang dengan Xiaomi.

Menurut Harsch, ini adalah "proses kerja sama mendalam yang belum pernah terjadi sebelumnya. Harsch juga menjanjikan "kualitas gambar yang luar biasa, estetika Leica klasik" dan "kreativitas tanpa batas."

3 dari 4 halaman

Xiaomi Tunjuk Wentao Zhao Gantikan Alvin Tse Pimpin Xiaomi Indonesia

Di sisi lain, Xiaomi menunjuk Wentao Zhao sebagi Country Director baru untuk Xiaomi Indonesia, menggantikan Alvin Tse. Wentao sendiri bukan orang asing di Xiaomi Indonesia dan industri smartphone.

Sebelumnya, ia merupakan Head of Offline Sales Xiaomi Indonesia. Selain itu, ia juga telah memiliki 14 tahun pengalaman di industri smartphone dan sudah tinggal di Indonesia lebih dari 10 tahun.

Nantinya, ia melanjutkan kepemimpinan di Xiaomi Indonesia setelah sebelumnya bersama Alvin Tse ikut mengembangkan bisnis perusahan di Indonesia. Sementara Alvin akan mengemban tugas baru sebagai General Manager Xiaomi India.

"Saya akan merindukan Indonesia! Saya mendapat sebuah pengalaman yang luar biasa di Indonesia setelah bekerja dengan begitu banyak mitra yang mendukung dan menjalin silaturahmi dengan banyak Xiaomi fans yang penuh semangat," tutur Alvin dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (3/6/2022).

4 dari 4 halaman

Siap Lanjutkan Pengembangan Bisnis Xiaomi Indonesia

Alvin yakin bisnis Xiaomi Indonesia akan terus berkembang pesat di bawah kepemimpinan Wentao. Menurutnya, Wentao merupakan seseorang yang bekerja dengan baik dalam tim, pemimpin yang banyak mendengarkan, serta siap membawa Xiaomi ke tingkat selanjutnya.

Terkait penunjukkan ini, Wento menuturkan dirinya percaya budaya dan visi Xiaomi akan terus menghadirkan inovasi pada lebih banyak konsumen dan rumah tangga Indonesia.

"Saya berharap dapat membangun landasan yang kuat, memimpin tim Indonesia di periode menarik ini, dan menjawab keinginan para Xiaomi fans dengan rangkaian produk luar biasa dan dengan harga sebenarnya," ujar Wentao menjelaskan.

Meski ada perubahan, misi, nilai, dan strategi Xiaomi tidak berubah. Nantinya, Wentao akan bekerja dengan tim Xiaomi Indonesia, sekaligus melanjutkan pengembangan bisnis Xiaomi Indonesia.

(Dam/Ysl)