Sukses

4 Kesalahan yang Secara Diam-Diam Menguras Baterai iPhone

Liputan6.com, Jakarta - Baterai iPhone dikenal cukup awet dan tahan lama, namun beberapa kesalahan kecil yang kamu lakukan tanpa disadari dapat membuatnya lebih cepat habis.

Kondisi saat kamu meninggalkan ponsel dan sejumlah hal yang kamu lakukan, semuanya bisa berdampak. Jika ingin baterai iPhone bertahan lebih lama, jangan lakukan empat kesalahan di bawah ini.

1. Suhu Dingin

Dingin dan panas dapat memiliki efek negatif pada iPhone. Temperatur yang tinggi dapat menyebabkan iPhone menjadi terlalu panas dan lemot sehingga ponsel perlu diistirahatkan.

Tetapi dingin yang ekstrem dapat menyebabkan baterai terkuras lebih cepat.

Seperti yang dikatakan Apple sendiri, menggunakan perangkat iOS atau iPadOS dalam kondisi yang sangat dingin di luar jangkauan operasinya dapat mempersingkat masa pakai baterai untuk sementara dan dapat menyebabkan perangkat kamu mati.

"Masa pakai baterai akan kembali normal saat kamu mengembalikan perangkat ke suhu sekitar yang lebih tinggi. Perangkat iOS atau iPadOS kamu mungkin tidak dapat mengisi daya atau dapat berhenti mengisi daya jika terlalu dingin," kata Apple sebagaimana dikutip dari The Sun, Selasa (4/7/2022).

2. Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Cahaya pada layar adalah salah satu 'pengisap' baterai terbesar. Jika kamu sering menggunakan iPhone, maka jelas baterai akan lebih cepat habis, dan itu sebagian besar karena layar.

Menurunkan kecerahan dapat membantu. Memastikan layar mati saat kamu tidak menggunakan ponsel juga akan menghemat daya baterai.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

3. Aplikasi 'Nakal'

Aplikasi yang berjalan di background juga akan menghabiskan baterai. Jadi, ada baiknya kamu memeriksa seberapa banyak aplikasi yang sedang berjalan.

Kamu dapat melihatnya dengan masuk ke 'Pengaturan' dan pilih 'Baterai'. Di bagian bawah, kamu akan melihat daftar aplikasi yang menggunakan baterai paling banyak.

Ketuk masing-masing, dan itu akan merinci berapa menit yang digunakan di latar belakang dan di layar.

4. Cakupan Jaringan yang Buruk

Jika kamu berada di tempat dengan jangkauan jaringan yang buruk, tentunya ini dapat berdampak pada baterai juga.

Itu karena ponsel kamu akan terus memindai koneksi yang lebih baik. Cobalah untuk tetap menggunakan WiFi sebisa mungkin. Jika jaringan kamu benar-benar buruk, pertimbangkan untuk beralih ke provider lain.

3 dari 5 halaman

Bocoran Tanggal Peluncuran iPhone 14 Series, Sudah Tidak Sabar?

Apple digadang-gadang bakal merilis iPhone 14 series sebagai smartphone terbaru perusahaan. Sebelumnya, berbagai bocoran tentang desain hingga fitur iPhone 14 atau iPhone 14 Pro sudah banyak diungkap di internet.

Kini, peluncuran iPhone 14 series makin dekat. Tanggal pre-order perangkat ini pun dinanti-nanti. Lantas kapan iPhone 14 dan iPhone 14 Pro dirilis? Ada yang bilang tanggal 6 September atau 13 September 2022.

Mengutip 9to5Mac, Senin (4/7/2022), sebelum menebak kapan Apple merilis iPhone 14 series, ada baiknya kita mengetahui dulu jadwal perilisan iPhone dari tahun ke tahun.

Jika smartphone lain biasanya dirilis vendor pada paruh pertama tiap tahunnya, Apple justru konsisten mengumumkan dan merilis model iPhone baru tiap bulan September.

- iPhone 13 dirilis 23 September 2021

- iPhone 12 dirilis 23 Oktober 2020

- iPhone 11 dirilis 20 September 2019

- iPhone XS dirilis 21 September 2018

- iPhone X dirilis 3 November 2017

- iPhone 8 dirilis 22 September 2017

- iPhone 7 dirilis 16 September 2006

Melihat jadwal di atas, tanggal perilisan iPhone selalu konsisten, namun ada dua pengecualian.

Di mana, iPhone 12 series ditunda perilisannya selama satu bulan karena dampak pandemi Covid-19 di tahun 2020.

Pengecualian kedua, iPhone X diumumkan pada bulan September, tetapi tidak dirilis hingga November. Sementara itu, iPhone X didukung desain yang benar-benar baru dan merupakan iPhone pertama dengan dukungan fitur Face ID.

Sementara, lini iPhone 14 diharapkan hadir dengan sejumlah peningkatan dari segi kamera, desain lebih baru untuk iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

4 dari 5 halaman

Kemungkinan Besar Rilis 13 September 2022

Misalnya, model iPhone 14 Pro digadang-gadang menampilkan punch hole dan notch berbentuk mirip pil, alih-alih notch lebar seperti versi sebelumnya.

Selain itu, dilaporkan akan ada peningkatan kamera selfie. Lalu iPhone 14 Pro akan hadir dalam balutan warna ungu hingga kemungkinan adanya fitur Always On.

Tahun ini, iPhone 14 series diduga akan rilis pada September, sama seperti deretan iPhone sebelumnya. Ada empat versi iPhone yang dirilis yakni iPhone 14, iPhone 14 Max, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Sementara untuk tanggalnya, Apple diperkirakan mengumumkan iPhone 14 series pada 6 September atau 13 September 2022.

Hal ini mengingat adanya perayaan Hari Buruh di AS pada 5 September. Jadi, tanggal yang paling mungkin bagi Apple untuk merilis iPhone 14 series adalah 13 September 2022.

Belum ada Laporan Soal Penundaan

Meski begitu, selama Apple belum menyebar undangan, tanggal di atas masih bisa berubah, apalagi kemungkinan adanya penundaan.

Seperti diketahui, ada berbagai hal yang kini bisa mempengaruhi rantai pasokan. Mulai dari kekurangan chip hingga lockdown karena Covid-19.

Sejauh ini hanya ada satu laporan yang menunjukkan bahwa iPhone 14 menghadapi penundaan produksi. Namun, penundaan kemungkinan terjadi pada iPhone 14 Max, dan tidak pada ketiga model iPhone 14 lainnya.

Analis Apple Ming-Chi Kuo mengatakan, jajaran iPhone 14 masih ada di jalur yang direncanakan untuk peluncuran pada September mendatang. Ia mencatat, iPhone 14 Max bisa saja rilis belakangan.

Apple sendiri diketahui akan selalu memprioritaskan produksi iPhone di atas produk lainnya. Hal ini karena iPhone merupakan sapi perah terbesar bagi perusahaan di mana pendapatan Apple terbanyak berasal dari iPhone.

5 dari 5 halaman

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)