Sukses

Xiaomi 12S Dipastikan Bakal Dijejali Kamera Leica

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi akhirnya mengungkap produk pertama yang merupakan hasil kolaborasi perusahaan asal Tiongkok tersebut dengan Leica. Informasi ini diketahui langsung dari kicauan founder dan CEO Xiaomi Lei Jun melalui akun Twitternya.

Mengutip informasi dari kicauan tersebut, Rabu (29/6/2022), lini Xiaomi 12S akan menjadi produk smartphone pertama dari kemitraan strategis dengan Leica. Rencananya, produk tersebut akan diperkenalkan pada 4 Juli 2022.

"Setelah bekerja keras, kami akhirnya dapat membagikan inovasi terbaru kami, smartphone Xiaomi yang direkayasa bersama dengan Leica, yang akan membawa era baru dalam teknologi pencitraan," kicau Lei Jun.

Tak banyak informasi yang diungkap mengenai smartphone ini, tapi dari unggahan melalui akun Weibo perusahaan, ada tiga model smartphone yang diperkenalkan, yakni Xiaomi 12S, Xiaomi 12S Pro, dan Xiaomi 12S Ultra.

Dari unggahan tersebut, 12S disebut akan menjadi flagship dengan ukuran kecil. Sementara 12S Pro disebut akan menjadi standar flagship terbaru pada 2022 dan 12S Ultra menjadi capaian baru dalam pencitraan mobile kelas flagship.

Sebagai informasi, kerja sama antara Xiaomi dan Leica sendiri diumumkan pada Mei 2022. Ketika itu, Lei Jun juga mengatakan, baik Xiaomi dan Leica bersemangat untuk membawa fotografi seluler ke tahap yang berikutnya.

"Xiaomi berfokus untuk menciptakan pengalaman pengguna terbaik, dan selalu berharap untuk mengeksplorasi kemampuan fotografi smartphone secara ekstrem," kata Lei Jun.

Sementara, CEO Leica Camera AG Matthias Harsch mengatakan, adalah sebuah kehormatan bagi mereka untuk bekerja sama secara strategis dalam jangka panjang dengan Xiaomi.

Menurut Harsch, ini adalah "proses kerja sama mendalam yang belum pernah terjadi sebelumnya. Harsch juga menjanjikan "kualitas gambar yang luar biasa, estetika Leica klasik" dan "kreativitas tanpa batas."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Bocoran Spesifikasi Xiaomi 12S dan 12S Pro Muncul di Internet

Seperti diketahui, Xiaomi diketahui sedang mempersiapkan dua ponsel HP Android premium lainnya, selain model 12 Ultra yang akan dirilis bulan depan.

Dari berbagai bocoran yang sudah beredar saat ini, perusahaan asal Tiongkok itu akan merilis Xiaomi 12S dan 12S Pro.

Kabar ini diperkuat oleh bocoran informasi di Geekbench, dan beredarnya foto-foto perangkat tersebut di internet.

Berdasarkan foto yang beredar, Xiaomi akan menyematkan label Leica di modul kamera ponsel. Kini, informasi lebih detail diungkap oleh leakster kenamaan Mukul Sharma (@stufflistings).

Lewat akun Twitter-nya, dia mencuitkan spesifikasi lengkap Xiaomi 12S dan 12S Pro.

Mengutip cuitan @stufflistings di Twitter, Selasa (21/6/2022), Xiaomi 12S akan hadir dalam 3 varian RAM dan storage, yakni 8/128GB, 8/256GB, dan 12/512GB.

Xiaomi 12S akan ditenagai oleh prosesor baru milik Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Plus Gen 1.

Sementara untuk Xiaomi 12S Pro, perusahaan akan menyediakan dua varian. Satu dengan Snapdragon 8 Plus Gen 1, dan lainnya pakai MediaTek Dimensity 9000.

Versi MediaTek hanya akan tersedia dengan pilihan RAM dan storage, mulai dari 8/256GB dan 12/512GB.

Sedangkan untuk varian Snapdragon 8 Plus Gen 1, Xiaomi akan menyertakan RAM dan memori serupa dengan model 12S.

Bedanya, Xiaomi 12S Pro sudah mendukung kemampuan fast charging 120W--seperti model 12 Pro.

3 dari 5 halaman

Xiaomi Tunjuk Wentao Zhao Gantikan Alvin Tse Pimpin Xiaomi Indonesia

Di sisi lain, Xiaomi menunjuk Wentao Zhao sebagi Country Director baru untuk Xiaomi Indonesia, menggantikan Alvin Tse. Wentao sendiri bukan orang asing di Xiaomi Indonesia dan industri smartphone.

Sebelumnya, ia merupakan Head of Offline Sales Xiaomi Indonesia. Selain itu, ia juga telah memiliki 14 tahun pengalaman di industri smartphone dan sudah tinggal di Indonesia lebih dari 10 tahun.

Nantinya, ia melanjutkan kepemimpinan di Xiaomi Indonesia setelah sebelumnya bersama Alvin Tse ikut mengembangkan bisnis perusahan di Indonesia. Sementara Alvin akan mengemban tugas baru sebagai General Manager Xiaomi India.

"Saya akan merindukan Indonesia! Saya mendapat sebuah pengalaman yang luar biasa di Indonesia setelah bekerja dengan begitu banyak mitra yang mendukung dan menjalin silaturahmi dengan banyak Xiaomi fans yang penuh semangat," tutur Alvin dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (3/6/2022).

Alvin yakin bisnis Xiaomi Indonesia akan terus berkembang pesat di bawah kepemimpinan Wentao. Menurutnya, Wentao merupakan seseorang yang bekerja dengan baik dalam tim, pemimpin yang banyak mendengarkan, serta siap membawa Xiaomi ke tingkat selanjutnya.

Terkait penunjukkan ini, Wento menuturkan dirinya percaya budaya dan visi Xiaomi akan terus menghadirkan inovasi pada lebih banyak konsumen dan rumah tangga Indonesia.

"Saya berharap dapat membangun landasan yang kuat, memimpin tim Indonesia di periode menarik ini, dan menjawab keinginan para Xiaomi fans dengan rangkaian produk luar biasa dan dengan harga sebenarnya," ujar Wentao menjelaskan.

Meski ada perubahan, misi, nilai, dan strategi Xiaomi tidak berubah. Nantinya, Wentao akan bekerja dengan tim Xiaomi Indonesia, sekaligus melanjutkan pengembangan bisnis Xiaomi Indonesia.

4 dari 5 halaman

Bocoran Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 11 5G

Di samping itu, Xiaomi juga tersebut dikabarkan sudah bersiap untuk merilis seri paling ditunggu oleh pengguna setiannya, yakni Redmi 11 5G.

Walau tidak mengalami perubahan besar dari Redmi 10, Xiaomi menyertakan teknologi 5G untuk lini ponsel yang terkenal sangat terjangkau ini.

Bocoran informasi terkini adalah tentang spesifikasi Xiaomi Redmi 11 5G, dan kapan HP Android milik Xiaomi tersebut akan diluncurkan.

Mengutip Gizchina, Selasa (31/5/2022), Redmi 11 5G akan hadir dengan prosesor MediaTek Dimensity 700, dan layar LCD 6,58 inci beresolusi FullHD+.

Layar ponsel baru Xiaomi ini juga sudah mendukung refresh rate 90Hz, dan baterai berkapasitas 5.000mAh dengan dukungan fast charging 18W.

Seperti HP Android kelas bawah lainnya, model standar Redmi 11 5G akan dilengkapi dengan RAM 4GB dan memori internal sebesar 64GB.

Redmi 11 series juga memiliki slot dual SIM ditambang satu slot untuk kartu microSD yang dapat digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanan.

Sayangnya, kamera ponsel Xiaomi ini tidak disertai dengan kemampuan ultrawide. Diyakini, hal ini telah menjadi tren dimana ponsel kelas bawah tidak lagi melulu pakai lensa ultrawide.

Redmi 11 5G akan memiliki kamera 50MP, ditambah dengan satu buah lensa 2MP. Sementara untuk selfie-nya pengguna akan menemukan kamera 5MP.

Dengan range harga terjangkau, kamu jangan terlalu berharap untuk dapat mendapati kamera di ponsel ini dapat mengambil foto dengan hasil luar biasa.

Berdasarkan bocoran, model standar Redmi 11 5G akan dijual dengan harga USD 180 atau sekitar Rp 2,6 juta. Dari laporan, HP terbaru Xiaomi ini akan meluncur pada akhir Juni 2022.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)