Sukses

4 Cara Atasi Internet Lemot di Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna internet di Indonesia terbanyak mengakses internet dari smartphone. Baik untuk browsing di Google, menonton streaming video, dan hingga main gim online.

Internet yang lancar dan ngebut jadi keinginan banyak pengguna smartphone. Rasanya pasti menyebalkan saat sedang Googling sesuatu tetapi hasil pencariannya lama keluar atau saat sedang seru-serunya menonton video lalu video buffering. Begitu juga saat sedang video call terus putus-putus karena internet lemot.

Nah, dalam kondisi seperti di atas, ada beberapa cara untuk mengoptimalkan kecepatan internet di smartphone. Trik ini bisa dilakukan di smartphone apa pun, termasuk Galaxy A03 Series yang dibanderol Rp 1 jutaan. Apa saja trik yang dimaksud?

1. Lakukan restart smartphone secara berkala

Setiap hari, pengguna selalu menggunakan smartphone mereka berjam-jam. Ada kalanya, ketika dipakai terus menerus, smartphone mengalami overheat. Hal ini bisa membuat smartphone jadi lemot dan koneksi internetnya pun menjadi lemot.

Untuk itu, pengguna perlu me-restart smartphone mereka secara berkala agar kinerja smartphone tetap terjangka dalam jangka panjang.

Koneksi internet di smartphone juga bisa melambat, disebabkan oleh hal-hal yang tidak kita ketahui. Di saat seperti itu, me-restart smartphone juga bisa menjadi solusi karena sistem smartphone bisa bekerja kembali dalam kondisi bersih dan pulih dengan fungsi yang normal seperti sebelumnya.

Selain me-restart saat terjadi kendala, pengguna juga bisa mematikan smartphone saat sedang diisi daya dengan tujuan agar sistem smartphone benar-benar istirahat dan menghindari perangkat mengalami kepanasan karena dipakai sembari diisi daya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

2. Tutup dan nonaktifkan Aplikasi

Semakin sering menggunakan smartphone untuk membuka berbagai aplikasi, smartphone bisa saja mengalami hang dan internetnya ikut lemot.

Selain restart smartphone secara berkala agar ponsel selalu responsif, pengguna juga bisa meningkatkan kenyamanan internet menggunakan smartphone dengan memperhatikan kebiasaan-kebiasaan dalam menggunakan aplikasi.

Misalnya, pengguna sering hanya menekan tombol back atau home setelah memakai aplikasi.

Nah, ada baiknya hal tersebut dihindari karena aplikasi tidak sepenuhnya tertutup dan masih berjalan diam-diam, sehingga tetap memakan RAM, bahkan ikut mengkonsumsi kuota data dan membuat internet lambat.

Kebiasaan yang perlu dihindari adalah mengunduh dan menyimpan banyak aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan yang akan memakan terlalu banyak memori.

Pengguna bisa menutup aplikasi secara utuh dengan cara:

- Tekan ikon garis tiga pada navigasi di bagian bawah

- Pilih opsi Tutup Semua. Kalau hanya ingin menutup aplikasi tertentu, swipe tampilan aplikasi yang tidak dibutuhkan ke arah atas untuk menutup aplikasi tersebut.

 

3 dari 5 halaman

Hapus Aplikasi

Untuk menghapus aplikasi:

- Masuk ke Setting

- Pilih menu Aplikasi

- Pilih aplikasi yang ingin diatur

- Pilih Nonaktifkan atau Hapus Instalan sesuai pilihan yang tersedia

Cara kedua:

- Saat tampilan utama atau home, swipe ke atas untuk masuk ke app drawer

- Tekan agak lama pada ikon aplikasi yang ingin diatur, lalu pilih Nonaktifkan atau hapus instalasi sesuai pilihan yang tersedia.

Dengan menutup aplikasi atau menonaktifkan dan menghapus aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan, kinerja smartphone akan makin maksimal.

Pasalnya hal ini membuat RAM dan ruang penyimpanan menjadi lebih lega, dengan begitu smartphone punya lebih banyak memori untuk menjalankan berbagai aplikasi dengan lebih lancar.

4 dari 5 halaman

3. Blokir iklan yang mengganggu agar browser lebih lancar

Browsing atau berselancar di internet merupakan salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan di smartphone.

Namun, jika browsing terus menerus dilakukan, apalagi saat membuka situs dengan banner iklan, hal ini bisa membuat smartphone jadi lemot dan memperlambat koneksi internet.

Untuk browsing lebih nyaman dan lancar, pengguna bisa menggunakan fungsi blokir iklan yang bisa ditemukan di aplikasi browser seperti di Google Chrome dan Samsung Internet.

Cara aktifkan blokir iklan di Google Chrome:

- Buka Google Chrome di smartphone, klik ikon titik tiga yang ada di bagian kanan atas layar

- Pilih Setelan atau Setting

- Pilih Setelan Situs

- Pilih Iklan

- Matikan toggle yang ada (artinya pengguna memblokir atau tidak mengizinkan iklan muncul).

 

5 dari 5 halaman

4. Maksimalkan 4G

Cara mengaktifkan fungsi blokir iklan di Samsung Internet:

- Buka Samsung Internet, lalu klik ikon garis tiga yang ada di bagian kanan bawah layar

- Pilih Pemblokir Iklan

- Download aplikasi AdBlock for Samsung Internet atau aplikasi lain yang disarankan

- Jika aplikasi sudah diunduh, aktifkan toggle yang ada untuk mengaktifkan fungsi blokir iklan

4. Maksimalkan jaringan 4G

Jaringan 4G adalah jaringan mobile yang paling terjangkau saat ini. Apalagi, migrasi 3G ke 4G makin gencar dilakukan operator untuk mendukung pengguna menikmati internet 4G yang lebih cepat.

Untuk memaksimalkan jaringan 4G, pengguna bisa memilih operator mana yang memiliki jaringan terbaik di wilayah kamu, agar mendapatkan internet yang lebih lancar.

(Tin/Isk)