Sukses

Data Center Jadi Kontributor Pendapatan Terbesar Nvidia pada Q1 2022

Liputan6.com, Jakarta - Nvidia melaporkan pertumbuhan pendapatan 48 persen secara tahunan (Year over Yearm YoY) pada kuartal pertama 2022 (Q1 2022) sebesar USD 8 miliar.

Dalam laporannya, Counterpoint Research menyebut bahwa pendapatan segmen data center Nvidia melampaui segmen game untuk pertama kalinya, yang menjadi kontributor pendapatan terbesar.

Siklus produk GeForce RTX 30 Series memungkinkan segmen game tumbuh 33 persen YoY untuk mencapai pendapatan USD 3,6 miliar.

GPU A100, dengan penerapan volume besar oleh pelanggan hyperscale, terbukti menjadi faktor kunci pada pertumbuhan pendapatan segmen data center sebesar 79,4 persen YoY menjadi USD 3,6 miliar.

Transisi arsitektur pada segmen game

Pendapatan game mencapai USD 3,6 miliar dengan pertumbuhan 33 persen YoY. Permintaan terutama didorong oleh seri GeForce RTX 30. Nvidia memperkirakan bahwa sekitar sepertiga dari basis GPU GeForce Gaming sekarang adalah seri RTX.

Situasi geopolitik di Eropa menyebabkan pelemahan permintaan seiring dengan lockdown COVID-19 di China tetapi tertahan oleh meningkatnya permintaan Amerika.

Ketidakpastian yang dihadapi oleh pasar kripto secara global, menurut Counterpoint, juga menambah hambatan di segmen game. Perusahaan juga memperkirakan penurunan pendapatan karena transisi arsitektur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Professional Visualization tumbuh 79,5 persen YoY

Pertumbuhan segmen Professional Visualization didorong oleh GPU mobile workstation yang diaktifkan oleh infrastruktur kantor jarak jauh dengan latar belakang lingkungan kerja hybrid.

Perangkat lunak perusahaan Omniverse juga terbukti menjadi pendukung pendapatan. Perangkat lunak ini sedang digunakan untuk pembuatan konten digital oleh perusahaan besar seperti Sony dan Medtronics.

Sementara Amazon, Kroger, dan Pepsico menggunakan kemampuan itu untuk mengoptimalkan proses bisnis mereka.

Karena perusahaan mengadopsi lebih banyak teknologi Omniverse dalam proses mereka, sistem konfigurasi GPU premium akan menjadi kebutuhan daripada pilihan, dan pendapatan layanan akan terus berkontribusi pada pertumbuhan segmen ini.

 

3 dari 5 halaman

Otomotif turun 11,5 persen YoY

Pasar otomotif menurun karena siklus produk baru yang meningkat di kuartal selanjutnya.

Segmen ini akan menjadi pendorong pertumbuhan utama di tahun-tahun mendatang karena kendaraan otonomos konsumen dan robotaxis komersial.

Namun untuk saat ini, karena pasar ini masih dalam tahap awal, pertumbuhan pendapatan akan tetap tidak terdengar di kuartal berikutnya.

 

4 dari 5 halaman

Data center tumbuh 79,4 persen YoY

GPU A100 mendorong pendapatan segmen data center melewati pendapatan game. Penyebaran volume besar oleh hyperscaler dan perusahaan internet konsumen, layanan keuangan, dan perluasan infrastruktur TI telekomunikasi tetap menjadi pendorong pertumbuhan utama.

Dari perspektif beban kerja, recommender system, conversational AI, large language model, dan cloud graphics adalah beban kerja teratas yang menjamin penjualan GPU dan DPU bersama dengan jaringan untuk mencapai arsitektur yang diperlukan untuk membangun sistem ini. 

5 dari 5 halaman

Infografis skandal kebocoran data Facebook