Sukses

Intel Luncurkan 7 Prosesor Mobile Terbaru 12th Gen Intel Core HX

Liputan6.com, Jakarta - Intel telah mengumumkan tujuh prosesor mobile terbaru besutannya di lini 12th Gen Intel Core HX. Ketujuh prosesor ini diklaim menggunakan silikon berkaliber desktop dalam paket mobile, sehingga mampu menghasilkan kinerja tingkat tinggi.

Prosesor seri HX ini sudah unlocked dan tersedia dalam model Core i5, Core i7, serta Core i9. Menurut Intel Corporate Vice President and General Manager, Mobility Client Platforms, Chris Walker, kemampuan yang ada di prosesor Intel Core HX generasi ke-12 ini memungkinkan kreator konten menangani alur kerja dengan kebutuhan tenaga tinggi.

"Tidak perlu lagi menunggu sampai beban kerja yang sangat membebani prosesor selesai, Anda dapat tetap berkreasi tanpa henti,"  tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (12/5/2022).

Dia juga mengatakan, "Para gamer dan kreator konten juga akan memiliki akses ke teknologi-teknologi platform yang memiliki bandwidth tinggi seperti PCIe Gen 5 dengan dukungan RAID,"

Lebih lanjut dijelaskan, prosesor ini mampu menawarkan kinerja 65 persen lebih tinggi untuk beban kerja multi-threaded. Tidak hanya untuk kebutuhan produktivitas, prosesor ini juga mendukung kebutuhan gaming kelas berat.

Perlu diketahui, jajaran prosesor kali ini memiliki hingga 16 core yang terdiri dari 8 performances-core dan 8 eficient-cores. Lalu, ada 24 threads yang bekerja dengan processor base power sebesar 55W.

Prosesor 12th Gen Intel Core HX ini mendukung memori hingga 128GBs DDR5/LPDDR5 dan DDR4 dengan kemampuan ECC (Error Correcting Code). Intel juga mendesain prosesor ini dengan Intel Wi-Fi 6/6E untuk konektivitas yang lebih baik dan akses ke spektrum 6GHz yang baru.

Rencananya, ada lebih dari 10 workstation dan gaming yang akan dipersenjata oleh prosesor 12th Gen Intel Core HX ini. Beberapa OEM yang merilisnya di tahun ini termasuk Dell, HP, Lenovo, dan sejumlah pabrikan lain.

Sebelumnya, Intel juga mengumumkan kehadiran platform Intel vPro yang dipersenjatai Intel Core 12th Gen. Dirancang khusus untuk bisnis, platform ini menawarkan produktivitas dan kinerja tinggi yang didukung keamanan paling komprehensif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Intel vPro Terbaru Hadir dengan Dukungan Intel Core 12th Gen

"Dengan diperkenalkannya prosesor Intel Core 12th Gen , kami mengubah cara orang bekerja dengan performance hybrid architecture untuk bisnis, produktivitas, dan multitasking," tutur VP and GM Business Client Platform Intel, Stephanie Hallford.

Dengan pengembangan lebih dari 15 tahun, Intel vPro hadir dengan portofolio platform yang sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan berbagai segmen perusahaan.

Ada Intel vPro Enterprise for Windows yang menawarkan platform komersial dengan fitur lengkap dan fokus pada perusahaan besar maupun bisnis terkelola. Platform ini juga dilengkapi teknologi komprehensif untuk membantu perusahaan mengatasi berbagai ancaman keamanan.

Lalu, ada Intel vPro Essentials yang mampu memperluas kemampuan keamanan dan manajemen perangkat yang sebelumnya menargetkan perusahaan besar, kini juga menyasar segmen usaha kecil dan menengah.

Selain itu, ada Intel vPro Enterprise for Chrome yang diciptakan untuk kelas Chromebook bagi lingkungan bisnis dengan kinerja, stabilitas, dan teknologi keamanan yang dibutuhan berbagai perusahaan. Terakhir, Intel vPro untuk perangkat mobile.

Selain dukungan Intel Core 12th Gen, Intel vPro juga menawarkan pengalaman konektivitas dengan Intel Wi-Fi 6E (Gig+) dan Intel Connectivity Performance Suite. Dari sisi keamanan, platform vPro dibekali dengan Intel Threat Detection Technology hingga peningkatkan pada chipset Intel untuk mendeteksi munculnya new fault.

Rencananya, Intel vPro akan hadir pada lebih dari 150 desain di semua form factor dari produsen terkemuka. Platform ini juga akan meningkatkan pengalaman pengguna dengan dipadukan desain Intel Evo.

3 dari 4 halaman

Intel Hadirkan Intel Core P-Series dan U-Series 12th Gen untuk Lini Laptop Thin-And-Light

Intel resmi meluncurkan prosesor Intel Core P-Series dan U-Series 12th Gen untuk melengkapi lini produk prosesor mobile Intel Core 12th Gen. Ada 20 prosesor mobile yang diluncurkan dan ditujukan untuk mempersenjatai perangkat laptop thin-and-light generasi terbaru.

Deretan perangkat pertama yang menggunakan prosesor ini akan hadir pada Maret 2022. Sementara untuk tahun ini saja, diperkirakan ada lebih dari 250 model laptop yang menggunakan prosesor ini.

Sejumlah manufaktur yang diketahui akan merilis produk laptop dengan prosesor anyar ini adalah Acer, Asus, Dell, Fujitsu, HP, Lenovo, LG, MSI, NEC, termasuk Samsung dan sejumlah pabrikan lain.

"Setelah peluncuran prosesor mobile tercepat kami khusus untuk gaming, kami sekarang memperluas jajaran prosesor 12th Gen Intel Core untuk menghadirkan lompatan performa yang luar biasa untuk laptop thin-and-light," tutur Intel Corporate VP and GM of Mobility Client Platforms, Chris Walker. 

4 dari 4 halaman

Performa Intel Core P-Series dan U-Series 12th Gen

Untuk diketahui, sama seperti lini prosesor 12th Gen lain, proses mobile terbaru Intel untuk lini thin-and-light ini didasarkan pada performance hybrid architecture dari Intel yang mengombinasikan Performance-core (P-cores) dan Efficient-cores (E-Cores).

Oleh sebab itu, prosesor dalam lini Intel Core 12th Gen ini dapat diandalkan untuk beragam kebutuhan multitasking lebih optimal, mulai dari video call, web browsing, hingga edit foto. Beberapa spesifikasi kunci yang ditawarkan prosesor ini adalah sebagai berikut :

  • Arsitektur core terbaru hingga 14 core (6 P-cores dan 8 E-cores)
  • Grafis terintegrasi Intel Iris Xe sampai 96EU
  • Dukungan memori yang luas untuk DDR5/LPDDR5 dan DDR4/LPDDR4
  • Intel Wi-Fi 6E (Gig+) terintegrasi untuk peningkatan performa wireless, responsiveness, dan reliability
  • Thunderbolt 4 untuk solusi perkabelan paling cepat, paling sederhana, dan paling reliable ke dock, layar, atau aksesoris apapun
  • Intel IPU 6.0 untuk kualitas gambar dan efisiensi daya yang tinggi, termasuk pengalaman video conference yang lebih baik

(Dam/Ysl)