Sukses

Organisasi Esports Galaxy Racer Umumkan Ekspansi Bisnis ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Organisasi esports Galaxy Racer mengumumkan bakal melakukan ekspansi bisnisnya ke Indonesia. Hal ini bertujuan untuk membantu perkembangan industri esports di wilayah Asia Tenggara.

Dalam keterangan tertulisnya, dikutip Sabtu (30/4/2022), Galaxy Racer (GXR), mengatakan Indonesia menjadi negara yang memiliki perkembangan pasar tercepat dan terbesar di wilayah Asia Tenggara.

Hal ini terlihat dengan lebih dari 52 juta pemain game yang memiliki ekosistem esports yang aktif. Inilah yang dinilai sebagai bukti besarnya peluang bisnis Galaxy Racer di Tanah Air.

Mitch Esguerra, CEO Galaxy Racer Asia Tenggara mengatakan, Indonesia adalah negara penting bagi mereka untuk mengembangkan bisnisnya, mengingat pertumbuhan industri esports dan konten gim yang sangat tinggi.

"Kami telah mengamati masyarakat Indonesia mulai bermain gim saat beranjak 15 tahun dan sebagian besar bermain melalui platform mobile," kata Esguerra.

Menurut Esguerra, Galaxy Racer optimistis industri esports dan gim akan terus berkembang, terutama untuk platform mobile. "Sehingga turnamen esports yang berfokus platform mobile menjadi kewajiban dalam industri ini."

Galaxy Racer menambahkan, esports merupakan industri yang ramai dan digemari oleh sebagian besar kalangan milenial dan gen-z, baik pria atau wanita, di berbagai kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Perkembangan yang pesat dan besarnya pasar membuat mereka memutuskan untuk masuk dengan lima pilar bisnis utama.

Kelima pilar ini adalah produksi konten dan esports event, content creator, tim esports, merchandise eksklusif, dan label musik dengan tujuan membuat Galaxy Racer terdepan dalam pembuatan konten pada industri digital.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Perkembangan Industri Esports

Perkembangan industri digital juga mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, di mana tercatat ada 60 juta pengguna internet baru sejak awal pandemi.

Ekonomi berbasis digital di Asia Tenggara pun menjadi pusat dari perkembangan ini, terutama di industri esports. Menurut Galaxy Racer, 43 persen jumlah pemain di wilayah ini berasal dari Indonesia.

"Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pemerintah telah mengakui esports sebagai salah satu cabang olahraga dan ini baru permulaan saja," kata Reza Afrian, Country Manager Galaxy Racer Indonesia.

Reza mengatakan, gim telah berubah dari sekadar hobi, dan bertransformasi menjadi olahraga elektronik atau esports, dan memiliki industri dengan berbagai potensi di masa depan.

"Keadaan ini membuat kami memiliki beragam opsi untuk berinovasi melalui strategi bisnis kami," kata Reza.

 

3 dari 4 halaman

Berdiri Tahun 2019

Galaxy Racer berdiri pada 2019, dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konten digital yang digemari publik dan mendorong perkembangan esports, content creator, dan ekonomi negara di seluruh dunia, salah satunya Indonesia.

GXR mengklaim sudah didukung oleh lebih dari 100 kreator konten global, dengan jumlah pengikut lebih dari 500 juta orang, serta ditonton 2,5 miliar kali setiap bulannya.

Galaxy Racer di Indonesia dipimpin oleh Mitch Esguerra sebagai CEO di Asia Tenggara, bersama Reza Afrian sebagai Country Manager Indonesia.

Organisasi esports, gim, dan lifestyle ini memiliki beberapa divisi kompetitif esports. Nigma Galaxy memiliki 12 tim unggulan di Dota 2, League of Legends, CS:GO, Valorant, PUBG Mobile, BGMI, Wild Rift, dan Free Fire.

GXR juga menyediakan layanan live streaming dan mencetak talenta pemain dengan dukungan brand, kontrak streaming, kolaborasi, hak digital manajemen, monetisasi, penyelenggaraan offline event, pengelolaan media sosial, dan pembuatan konten.

4 dari 4 halaman

RRQ Hoshi Juara MPL ID Season 9

Sebelumnya, gelaran MPL Indonesia Season 9 resmi berakhir. Keluar sebagai pemenang di kompetisi Mobile Legends: Bang Bang paling bergengsi tersebut adalah RRQ Hoshi.

RRQ Hoshi berhasil mengalahkan Onic Esports di pertandingan final dengan skor 4-1. Kemenangan di MPL ID Season 9 ini menjadi gelar keempat yang diraih RRQ Hoshi sepanjang perhelatan MPL Indonesia.

Mengutip informasi dari situs resmi MPL Indonesia, Senin (25/5/2022), tim yang berdiri pada 2013 ini berhasil menyabet gelar juara MPL Indonesia pada Season 2, Season 5, dan Season 6.

Pada pertandingan final, pemain RRQ Hoshi, Clayyy, juga berhasil menjadi MVP. "Permainan midlane-nya yang luar biasa jadi faktor pendukung dominasi RRQ Hoshi di musim ini hingga playoff," tulis akun resmi MPL ID seperti dikutip dari Instagram-nya.

Performa RRQ Hoshi di musim ini memang terbilang apik. Mereka berhasil mencatatkan 12 kemenangan di musim ini.

Kemenangan ini sekaligus membalas kekalahan RRQ Hoshi dari Onic Esports di final MPL ID Season 8. Sebab musim lalu, Onic Esports menyandang predikat sebagai tim esports Mobile Legends terbaik di Indonesia.

Dengan kemenangan ini, RRQ Hoshi akan mewakliki Indonesia di ajang MSC 2022 (Mobile Legends: Bang Bang Southeast Asia Cup). Namun tidak hanya RRQ Hoshi, Onic Esports juga akan ikut bertanding di ajang tersebut.

Kali ini, MSC 2022 akan digelar di Malaysia. Kompetisi regional Asia Tenggara itu akan diadakan pada 11 sampai 19 Juni 2022 dan menawarkan hadiah total USD 300.000 (Rp 4,5 miliar).

(Dio/Ysl)