Sukses

Latitude Seri 5000 Terbaru Diklaim Sebagai Laptop Dell Paling Ramah Lingkungan

Selain laptop Latitude Seri 5000 terbaru, Dell juga memperkenalkan strategi mereka untuk bisnis yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan

Liputan6.com, Jakarta Menjelang Hari Bumi, Dell Technologies meluncurkan sejumlah produk dan bahan-bahan berkelanjutan, termasuk produk laptop terbarunya yang diklaim sebagai laptop Dell yang paling ramah lingkungan, Latitude Seri 5000.

Menurut Dell Technologies, produk dan bahan-bahan baru ini mengacu pada Concept Luna, prototipe ambisius Dell yang mengeksplorasi berbagai ide desain untuk mengurangi penggunaan sumber daya dan memastikan ada lebih banyak material sirkular yang bisa digunakan.

Rahul Tikoo, Senior Vice President, Client Product Group, Dell Technologies mengatakan, mereka terinspirasi oleh kesempatan untuk mengubah berbagai hal menjadi lebih baik untuk generasi mendatang.

"Tujuan ini jelas terlihat dalam cara-cara baru kami merancang dan mengemas produk-produk kami untuk mengurangi dampak lingkungan, limbah, dan emisi," kata Tikoo melalui keterangan persnya, dikutip Jumat (22/4/2022).

Tikoo mengatakan, Dell akan secara proaktif terus memeriksa, memeriksa ulang, dan mempertimbangkan kembali setiap langkah dari siklus hidup produknya untuk menghasilkan produk yang lebih berkelanjutan di masa depan, seiring upaya membangun kepemimpinan ekonomi sirkular perusahaan.

Dell Latitude Seri 5000 sendiri diklaim sebagai PC Dell dengan volume penjualan tertinggi. Inilah yang menyebabkan investasi dalam fitur-fitur keberlanjutan, dinilai membantu memastikan perusahaan secara efektif akan menghadirkan dampak berskala besar.

Maka dari itu, Latitude Seri 5000 terbaru menawarkan lebih banyak pilihan desain yang meningkatkan penggunaan bahan daur ulang dan terbarukan.

Tutup laptop terbuat dari 71 persen bahan yang dapat didaur ulang dan terbarukan, termasuk bioplastik berbahan dasar pohon yang didaur ulang dari industri pembuatan kertas (21 persen), serat karbon yang direklamasi (20 persen) dan plastik paska konsumsi yang didaur ulang (30 persen) 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penggunaan Bahan Daur Ulang di Laptop

Tutup laptop adalah bagian terberat kedua dari sebuah laptop, dan penggunaan bahan daur ulang dan terbarukan ini membuat dampak berkelanjutan yang lebih besar, yaitu membantu mengurangi jejak karbon, air, dan energi dari produk tersebut.

Dasar laptop dibuat dengan serat karbon reklamasi (20 persen) dan rubber feet berbasis bio terbaru yang terbuat dari minyak biji jarak (39 persen). Bahan terbarukan ini mengurangi ketergantungan pada bahan berbasis minyak bumi.

Laptop ini juga mencatat penggunaan plastik yang berakhir di laut yangdilakukan Dell, yaitu perluasan penggunaan plastik tersebut dari kemasan ke produk.

Latitude seri 5000 menggunakan sampah plastik yang berakhir di laut sebagai material untuk rumah kipas atau fan housing (28 persen).

Untuk melindungi produk, Latitude seri 5000 juga menggunakan kemasan yang terbuat dari 100 persen bahan daur ulang atau terbarukan. Semuanya 100 persen dapat didaur ulang.

Selain itu, perusahaan juga mengembangkan berbagai upaya dan kerja sama yang sudah ada, dengan perluasan penggunaan bahan-bahan baru berkelanjutan dan terbarukan di lebih banyak produk dan platform.

 

3 dari 4 halaman

Perluas Penggunaan Bahan Plastik

Pada 2017, Dell meluncurkan proyek industri pertama yang menggunakan material daur ulang sampah plastik yang berakhir di laut untuk membuat kemasan berskala komersial.

Proyek tersebut bertujuan untuk mengumpulkan limbah plastik tersebut sebelum masuk ke saluran-saluran air dan mengubahnya menjadi sumber daya.

Sejak itu, Dell telah meningkatkan penggunaan bahan plastik ini secara signifikan, yaitu mengkonsumsi lebih dari 102 ton sampah plastik yangberakhir di laut dan menggunakan material tersebut ke lebih dari 5,1 juta tray dan tutup kemasan yang dapat didaur ulang.

Selain memperluas penggunaan bahan dari plastik yang berakhir di laut ke Latitude seri 5000 baru, bahan ini juga digunakan untuk membuat rumah kipas (fan housing) di Dell Precision mobile workstation seri 3000, serta kipas dan rumah kipas di desktop Dell OptiPlex Micro dan workstation Precision.

Dell juga telah memperluas penggunaan bahan plastik ini di ransel, sleeve, dan tas EcoLoop seri Pro yang menggunakan 100 persen bahan dari plastik yang berakhir di laut sebagai lapisan kain utama eksterior.

Karet berbasis bio yang berasal dari biji jarak juga dapat ditemukan di bumper bawah Latitude 7430 dan 7530, serta mobile workstation Precision seri 3000. Artinya, semakin banyak jenis materi atau bahan terbarukan yang digunakan Dell.

Bahan baru ini menjadi bagian dari portofolio bahan-bahan berkelanjutan yang digunakan Dell, yang mencakup plastik daur ulang dan closed-loop, serat karbon reklamasi, aluminium yang diproduksi dengan tenaga air, plastik berbasis bio, aluminium closed-loop, dan magnet tanah jarang.

4 dari 4 halaman

Kemasan Ramah Lingkungan

Dell juga mengumumkan bahwa baru-baru ini mereka mendapatkan penghargaan Sustainable Materials Management Awards dari Badan Perlindungan Lingkungan (Environmental Protection Agency/EPA)

Penggunaan plastik berbasis bio Dell menerima Cutting Edge Champion Award, aluminium closed-loop mendapat Sustained Excellence Award, dan layanan daur ulang Dell menerima penghargaan Gold Recycling Award.

Dell juga menyatakan mempercepat kemajuan pencapaian tujuan moonshot kemasan 2030, dengan memperkenalkan kemasan pertamanya yang terbuat dari 100 persen bahan daur ulang atau terbarukan, yang 100 persen dapat didaur ulang.

Kemasan baru ini meliputi kemasan alternatif kertas untuk barang-barang yang biasanya dikemas dalam kantong plastik seperti kabel listrik dan buku/brosur petunjuk pemakaian.

Terdapat juga kotak pengiriman bergelombang daur ulang dengan tray bagian dalam yang terbuat dari bambu yang diolah secara berkelanjutan dan bubur kertas berbasis serat tebu.

Lalu ada pita perekat berbasis kertas, untuk mengurangi potensi kontaminasi aliran limbah yang terjadi saat pita perekat plastik digunakan. Kemasan baru ini digunakan di semua perangkat laptop Latitude, mobile workstation Precision, dan XPS seri terbaru.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.