Sukses

Spesifikasi Lengkap Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro

Berikut spesifikasi lengkap Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro, smartphone flagship terbaru Xiaomi yang telah dirilis di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi resmi merilis smartphone flagship terbarunya, yakni Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro. Kedua smartphone stylish dan penuh performa ini menyasar segmen pengguna yang ingin perangkat dengan inovasi terkini tetapi tidak mengabaikan sisi estetika.

Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse mengatakan, "Xiaomi 12 Pro mendefinisikan ulang standar smartphone flagship melalui inovasi fitur, desain, dan teknologi terdepan sebagai compact camera flagship berkat sensor Sony IMX707."

Alvin menyebut, Xiaomi 12 Pro menjadi smartphone pertama di dunia yang memakai sensor tersebut.

Spesifikasi Xiaomi 12 Pro

Perangkat ini memiliki layar 6,73 inci AMOLED dengan resolusi WQHD+ serta adaptive refresh rate antara 1-120Hz berkat teknologi LPTO.

Layar Xiaomi 12 Pro sudah dilindungi Corning Gorilla Glass Victus. Kualitas tampilan Xiaomi 12 Pro juga didukung sertifikat Dolby Vision dan dukungan HDR10+.

Performa tangguh Xiaomi 12 Pro ditopang chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang mendukung koneksi 5G di Indonesia. Chipset ini mampu meningkatkan grafis 30 persen dan 25 persen lebih hemat energi. Kinerjanya makin kencang berkat LPDDR5 RAM 12GB dan memori internal 256GB.

Di sektor fotografi, Xiaomi 12 Pro dilengkapi tiga kamera utama, 50MP wide-angle (Sony IMX707), 50MP ultra-wide dengan bukaan 115 derajat, dan 50MP kamera telephoto. 

Kamera selfie-nya menggunakan kamera 32MP yang dibekali berbagai fitur dengan dukungan teknologi AI Xiaomi.

Xiaomi 12 Pro didukung kapasitas baterai 4.600 mAh. Pengisian dayanya juga menggunakan 120W Xiaomi HyperCharge. Alvin menyebut, pengisian daya 50 persen bisa dilakukan selama 10 menit.

Untuk mendukung kualitas suara, HP Xiaomi 12 Pro memiliki quad-speaker stereo berkat Sound by Harman Kardon dan Dolby Atmos.

Xiaomi 12 Pro memiliki fitur fingerprint di layar. Di Indonesia perangkat ini akan hadir dalam opsi warna gray, purple, dan blue.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Xiaomi 12

Xiaomi 12 memiliki layar seluas 6,28 inci AMOLED dengan resolusi FHD+ dan kedalaman 419 PPI. Layar Xiaomi 12 sudah didukung Dolby Vision dan HDR10+. Xiaomi 12 memiliki refresh rate 12 Hz.

Meski memiliki layar 6,28 inci, Alvin menyebut Xiaomi 12 bisa dipegang dalam satu genggaman sehingga cocok dipakai oleh pengguna wanita. Perangkat ini berdimensi 152 mm x 69,9 mm dan ketebalan 8,16 mm.

Perangkat ini didukung sensor kamera Sony IMX766 dengan tiga kamera utama, yakni 50MP wide-angle, 13MP ultrawide, dan 5MP telemacro. Sementara kemampuan selfie diserahkan ke kamera 32MP.

Sensor Sony IMX 766 membuat kameranya mampu menangkap cahaya 51 persen lebih banyak. Dengan begitu, bisa menghasilkan gambar tajam meski dalam kondisi minim cahaya.

Xiaomi 12 juga dilengkapi fitur dual-speaker stereo untuk menghasilkan suara sinematik. Perangkat ini ditenagai Snapdragon 8 Gen 1 yang sudah mendukung jaringan 5G.

Meski punya bodi ringkas, Xiaomi 12 didukung baterai 4.500mAh dengan pengisian daya cepat 67W yang tersedia di kemasan. Ada pula kemampuan wireless charging 50W.

Xiaomi 12 hadir dalam versi RAM 8GB dan memori internal 256GB untuk membantu pengguna memuat banyak aplikasi dan file.

Tersedia opsi warna gray, purple dan blue untuk konsumen di Indonesia. Fitur lain yang tersedia adalah fingerprint scanner di layar.

 

3 dari 4 halaman

Harga Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro

Xiaomi 12 dengan RAM 8GB dan memori internal 256GB dibanderol Rp 10 juta dan Xiaomi 12 Pro RAM 12GB memori 256GB dijual Rp 13 juta di Indonesia.

Untuk Xiaomi 12, Alvin mengatakan, perangkat ini didukung fitur premium dalam satu genggaman tangan. Alvin mengklaim, meski punya desain compact, Xiaomi 12 tak mengorbankan segala fitur terbaik dari sebuah ponsel flagship.

"Desain Xiaomi 12 elegan dan stylish serta compact. Meski memiliki form factor yang compact, Xiaomi 12 memasukkan berbagai teknologi yang sebelumnya sulit dihadirkan pada smartphone dengan desain ringkas," tutur Alvin.

Mulai dari baterai besar yang bisa memenuhi kebutuhan seharian pengguna, sampai kualitas layar terbaik untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Sementara, di Xiaomi 12 Pro, Xiaomi memboyong pengalaman visual luar biasa berkat layar AMOLED WQHD+ yang didukung Dolby Vision.

Alvin berkata, layar imersif ini menghasilkan gambar 180 persen lebih jelas, reproduksi warna lebih kaya, dan efisiensi daya hingga 50 persen. Pengisian daya HyperCharge 120W diterapkan pada Xiaomi 12 Pro.

Keduanya sama-sama didukung chipset Snapdragon 8 Gen 1 dari Qualcomm yang menopang kinerja Xiaomi 12 series menjadi gegas.

Mengunggulkan fotografi, Xiaomi 12 didukung sensor kamera Sony IMX766. Sementara Xiaomi 12 Pro menjadi ponsel pertama dengan sensor kamera Sony IMX707.

 

4 dari 4 halaman

Pilih BCL untuk Representasikan Xiaomi 12

Tidak hanya mengumumkan kehadiran Xiaomi 12 Pro, Xiaomi Indonesia juga untuk pertama kalinya memperkenalkan aktris dan penyanyi kenamaan Indonesia, Bunga Citra Lestari atau BCL sebagai The Face of Xiaomi 12 Series.

Alvin mengatakan, sosok elegan, anggun nan memesona dari Bunga Citra Lestari merupakan sosok yang ideal untuk merepresentasikan keindahan desain compact camera flagship terbaru Xiaomi 12 Series.

Di samping itu menurut Alvin, sejak sebelum menjadi The Face of Xiaomi 12 series, BCL juga merupakan pengguna beberapa perangkat Xiaomi. 

Aktris cantik yang akrab disapa BCL tersebut akan tampil sebagai wajah dari Xiaomi 12 series selama tahun 2022 dan juga akan terlibat dalam berbagai kegiatan promosi produk Xiaomi.

“Sebagai pribadi yang aktif, saya memerlukan smartphone yang compact tapi juga dapat memberikan fitur dan teknologi dalam satu genggaman tangan untuk merekam berbagai momen dalam kegiatan sehari-hari," tutur Bunga Citra Lestari. 

Menurutnya, Xiaomi 12 series merupakan smatphone yang bisa menjawab berbagai kebutuhannya sesuai dengan taglinenya untuk master every scene.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.