Sukses

Qualcomm Bakal Umumkan Snapdragon 8 Gen 1 Plus pada Mei 2022

Qualcomm kabarnya bakal mengumumkan kehadiran chipset Snapdragon 8 Gen 1 Plus buatannya pada Mei 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm disebut-sebut bakal mengumumkan kehadiran chipset Snapdragon 8 Gen 1 Plus, yang kabarnya dibuat menggunakan 4nm buatan TSMC--ketimbang milik Samsung.

Adapun kabar kehadiran chipset versi "Plus/+" ini sudah beredar sejak pertama kali Qualcomm mengumumkan Snapdragon 8 Gen 1 akhir tahun lalu.

Dengan arsitektur 4nm TSMC, banyak pihak mempertanyakan apakah Snapdragon 8 Gen 1 Plus ini akan lebih efesien ketimbangan seri non-Plusnya.

Berdasarkan sumber anonim yang terpercaya mengungkap, Qualcomm akan mengumumkan SoC terbarunya tersebut dalam waktu dekat ini.

Mengutip GSM Arena, Senin (28/3/2022), Qualcomm bakal mengumumkan chipset Snapdragon 8 Gen 1 Plus secara resmi pada Mei 2022.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Deretan Ponsel dengan Snapdragon 8 Gen 1 Plus

Qualcomm resmi memperkenalkan Snapdragon 8 Gen 1. (Foto: Qualcomm)

Bila memang dirilis pada Mei 2022, diperkirakan deretan HP Android pertama dengan Snapdragon 8 Gen 1 Plus akan meluncur sebelum akhir Mei dan tersedia pada Juni 2022.

Dari tahun-tahun sebelumnya, Lenovo, Xiaomi, Motorola, dan OnePlus diperkirakan akan menjadi perusahaan pertama yang pakai Snapdragon 8 Gen 1 Plus ini.

Disebutkan, nomor model Snapdragon 8 Gen 1 adalah SM8450, sedangkan untuk varian Plus-nya akan diidentifikasi sebagai SM8475.

3 dari 3 halaman

Dukung Metaverse, Qualcomm Kucurkan Rp 1,4 Triliun

Logo Qualcomm Snapdragon di CES 2017. Liputan6.com/Corry Anestia

Qualcomm mengumumkan akan mengucurkan dana bagi pengembang dan perusahaan yang membangun ekosistem metaverse, yang termasuk di dalamnya ada teknologi XR (extended reality), AR (augmented reality), dan kecerdasan buatan.

Mengutip informasi dari ZDNet, Selasa (22/3/2022), dana yang disiapkan melalui program Snapdragon Metaverse Fund ini mencapai USD 100 juta atau sekitar 1,4 triliun. Dana ini akan disalurkan melalui kombinasi investasi ventura di oleh Qualcomm Ventures dan hibah dari Qualcomm Technologies.

Pendanaan ini nantinya akan diberikan pada perusahaan XR terkemuka untuk mengembangkan pemanfaatan teknologi tersebut di berbagai bidang, seperti game, kesehatan dan kebugaran, media, hiburan, pendidikan, hingga keperluan bisnis.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini