Sukses

5 Situs Tes Psikologi dan Kepribadian Terpopuler di Internet

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, bertebaran kuis dan tes psikologi gratis di internet, di mana para pengguna bisa menggunakannya untuk mengetahui kepribadian mereka sendiri.

Tes-tes kepribadian tersebut juga dikemas dengan menarik dan menyenangkan, serta tidak sulit dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengaksesnya.

Berikut ini Tekno Liputan6.com rangkum beberapa tes psikologi dan kepribadian yang bisa kamu coba di internet.

Sebagai catatan, tes atau kuis semacam ini belum tentu 100 persen akurat, dan biasanya hanya digunakan untuk permainan, hiburan, atau untuk sekadar skrining awal.

Apabila membutuhkan tes yang lebih akurat, kamu bisa datang ke lembaga, layanan kesehatan, atau institusi profesional yang menyediakan tes psikologi secara resmi.

1. 16Personalities atau MBTI

Jika kamu sering melihat seseorang menyematkan huruf-huruf seperti INTJ, INFJ, atau ESTP di bio media sosial mereka, mungkin dia baru saja melakukan tes MBTI.

Mengutip goodjob, Tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) merupakan tes kepribadian yang paling populer di internet saat ini, dan banyak diambil dari psikologi Carl Jung.

Tes MBTI memang ada yang berbayar. Namun di internet, ada juga versi gratisnya, misalnya lewat situs 16Personalities.com, di mana di situ juga tersedia Bahasa Indonesia. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Emotional Intelligence dan TestColor

2. Berkeley Emotional Intelligence Test

Tes kecerdasan emosional ini mengukur kemampuan kamu untuk mendeteksi dan mengidentifikasi emosi orang lain, berdasarkan ekspresi wajah.

Ini bisa menjadi cara untuk melihat, seberapa selaras kamu dengan orang-orang di sekitar, yang penting baik untuk hubungan personal dan profesional. Untuk menjajal tes ini, kamu dapat mengaksesnya melalui laman https://greatergood.berkeley.edu/quizzes/ei_quiz

3. TestColor

Tes kepribadian TestColor juga didasari ide-ide Jungian, dan memprediksikan kepribadian seseorang berdasarkan preferensi warna yang dipilih.

Dalam laman testcolor.com, tim pengembang mengklaim, tes mereka sudah divalidasi secara ilmiah oleh sekelompok psikologis dan psikoanalisis yang terkualifikasi.

"Tes kepribadian berbasis emosi kami adalah hasil penelitian ilmiah yang dilakukan selama 20 tahun oleh tim psikolog klinis dan matematikawan bersertifikat, yang dipimpin oleh Thierry Leroy, psikolog klinis dan psikoanalis," tulis pengembang.

3 dari 3 halaman

Kepribadianku dan Big Five Test

4. Kepribadianku.com

Kepribadianku.com menjadi salah satu situs yang memiliki tes kepribadian populer gratis di Indonesia.

"Website ini dirancang untuk menunjukkan kepada seseorang apa artinya menjadi diri mereka sendiri," tulis tim pengembang situs tersebut dalam laman About Us-nya.

Selain itu, di situs ini, ada juga beberapa artikel-artikel psikologi yang dapat dengan mudah dipahami dan digunakan, dan bisa diakses secara bebas tanpa biaya berlangganan.

5. Big Five Test

Big five test atau tes kepribadian lima besar mengukur lima faktor kepribadian yang telah ditentukan oleh para psikolog, sebagai inti dari susunan kepribadian kita. Ini meliputi Openness, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, dan Neuroticism.

Mengutip Truity, model kepribadian Lima Besar secara luas dianggap sebagai cara yang paling kuat secara ilmiah untuk menggambarkan perbedaan kepribadian.

Untuk tes ini, kamu bisa meluncur ke laman https://www.truity.com/test/big-five-personality-test, di mana di sana juga menyediakan tes-tes kepribadian lainnya, seperti MBTI.

(Dio/Ysl)