Sukses

Sejumlah Pengguna iPhone Keluhkan Baterai Lebih Boros Usai Update iOS 15.4

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah menggulirkan iOS 15.4 untuk para pengguna iPhone di seluruh dunia. Melalui pembaruan ini, Apple tidak hanya menghadirkan sejumlah fitur baru, tapi juga deretan emoji anyar yang siap digunakan.

Namun, tak lama setelah pembaruan ini digulirkan, ada sejumlah keluhkan yang dilayangkan pengguna. Mengutip informasi dari GSM Arena, Selasa (22/3/2022), kebanyakan keluhan tersebut membahas soal daya tahan baterai yang boros, setelah perangkatnya menjalakan iOS 15.4.

Salah satunya warganet yang mengeluhkan hal ini adalah akun @odedia. Dalam unggahannya di Twitter, ia menyebut sejak menjalankan iOS 15.4, baterai iPhone 13 Pro Max miliknya berkurang hingga 50 persen dalam waktu setengah hari.

Padahal, sebelum mendapatkan pembaruan, iPhone miliknya bisa bertahan seharian tanpa perlu diisi ulang. Lalu, ada akun lain dengan nama @lamaks_3 yang mengungkap baterai iPhone 11 miliknya berkurang 80 persen dalam 24 jam, tetapi layarnya aktif hanya sekitar 2 jam saja.

Persoalan ini yang terjadi usai pembaruan iOS 15.4 ini memang tidak dialami semua pengguna, dan beberapa masalah baterai yang memang biasanya terjadi usai perangkat mendapatkan update. Namun, laporan mengenai masalah ini memang cukup banyak.

Beberapa pengguna menduga konsumsi baterai yang boros ini karena Apple mulai meningkatkan penggunaan refresh rate 120Hz ProMotion di perangkatnya. Karenanya, wajar jika konsumsi baterai lebih boros.

Kendati demikian, perlu diingat, fitur ProMotion hanya ada di iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, sedangkan ada beberapa model lain yang juga mengeluhkan masalah ini. Untuk itu, ada kemungkinan penyebab masalah ini bisa berbeda-beda di tiap model.

Terkait adanya laporan pengguna mengenai masalah daya tahan baterai ini, Apple belum memberikan pernyataan apa pun. Oleh sebab itu, informasi lebih lanjut mengenai kepastian masalah ini harus menunggu informasi resmi dari Apple.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Segera Update iOS 15.4, Pengguna Bisa Buka Face ID Meski Pakai Masker

Sebelumnya, Apple telah resmi menggulirkan update iOS 15.4 untuk para pengguna iPhone di seluruh dunia. Salah satu pembaruan yang paling dinanti adalah kemampuan membuka Face ID meski si pengguna memakai masker wajah.

Sayangnya, fitur baru ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna iPhone 12 series dan iPhone 13 series.

Pengguna pun diajak untuk segera memperbarui sistem operasi iOS di iPhone-nya ke versi terbaru ini.

Implementasi dari pembukaan Face ID saat pengguna memakai masker ini sebelumnya sudah digulirkan pada versi beta iOS.

Pada iOS 15.4, setelah pengguna meng-update sistem operasinya ke versi terbaru, iPhone akan meminta pengguna mengatur Face ID kembali.

Dari sini, pengguna bisa memilih pembukaan Face ID dengan masker dan iPhone akan meminta untuk memindai wajah.

Singkatnya, dengan kemampuan baru, Face ID akan mengenali wajah meski hidung dan mulut pengguna tertutup masker. Pengguna juga bisa mengatur Face ID jika mereka adalah pemakai kacamata dan masker.

Setelah pengaturan selesai, pengguna iPhone 12 dan iPhone 13 series bisa langsung membuka Face ID saat mereka memakai masker dan kacamata, tanpa harus melepas masker.

3 dari 3 halaman

Emoji Baru

Selain kemampuan membuka Face ID meski pengguna sedang pakai masker, iOS 15, seperti dilaporkan The Verge, Selasa (15/3/2022), juga membawa emoji baru.

Fitur lainnya yang juga digulirkan adalah anti-stalking untuk perangkat pelacak AirTag dan suara Siri yang netral gender.

Terdapat pula dukungan untuk fitur Tap to Play baru yang memungkinkan iPhone menerima pembayaran tanpa kontak. Namun, fitur ini sepertinya belum tersedia di Indonesia.

iOS 15.4 tersedia untuk semua perangkat yang kompatibel dengan iOS 15. Perangkat yang dimaksud mulai dari iPhone 6S dan seterusnya ke versi yang lebih baru.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.