Sukses

Nvidia Batal Beli ARM

Nvidia baru saja mengumumkan batal membeli perusahaan semikonduktor ARM milik SoftBank.

Liputan6.com, Jakarta - Nvidia secara resmi membatalkan rencananya untuk membeli perusahaan semikonduktor di sebagian besar smartphone asal Inggris, yakni ARM.

Kabar ini diumumkan langsung oleh Nvidia dan SoftBank pada Senin 7 Februari 2022. Satu setengah tahun lalu, Nvidia mengungkap keinginan mereka untuk membeli bisnis chip milik SoftBank tersebut.

Saking ngebetnya, Nvidia rela membeli ARM secara tunai dan saham senilai USD 40 miliar atau sekitar Rp 570 triliun.

“ARM memiliki masa depan yang cerah, dan kami akan terus mendukung mereka sebagai pemegang lisensi hingga dekade mendatang,” kata CEO Nvidia Jensen Huang, dikutip Engadget, Rabu (9/2/2022).

Dia menambahkan, “Meskipun tidak menjadi satu perusahaan, kami akan bermitra erat dengan ARM. Saya berharap ARM menjadi arsitektur CPU terpenting dalam dekade berikutnya."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ditentang Regulator hingga Micorsoft

Papan Nama Microsoft di Sebuah Gedung. Kredit: Mohammad Rezaie via Unsplash

Informasi, rencana akusisi ini memang sudah ditentang oleh berbagai pihak, seperti Qualcomm dan Micorsoft.

Tak hanya itu, regulator Inggris juga menilai akuisisi ini dapat merusak persaingan dan melemahkan saingan, sehingga memerlukan penyelidikan lebih lanjut.

"Kami khawatir Nvidia yang mengendalikan ARM dapat menciptakan masalah bagi para pesaing dengan membatasi akses mereka ke teknologi utama, dan menghambat inovasi di sejumlah pasar penting dan berkembang," kata Andrea Coscelli, kepala Otoritas Persaingan dan Pasar di Inggris.

 

3 dari 3 halaman

Intel Arc Siap Tandingi Nvidia dan AMD

Intel Arc akan menjadi GPU tandingan milik Nvidia dan AMD. (Doc: Intel)

Di sisi lain, Intel baru saja mengumumkan kehadiran discrete graphics melalui Intel Arc yang disebut mampu memberikan performa grafis tinggi, sekaligus memberikan pilihan baru bagi industri.

Kemampuan grafis Intel Arc juga menjanjikan fitur mutakhir di industri ini, seperti hardware-accelerated Ray Tracing, teknologi upscalling berbasis AI Xe Super Sampling, dan teknologi Intel Deep Link.

Dengan berbagai kemampuan di atas, Intel menaruh harapan besar terhadap GPU Arc ini dapat bersaing dengan hegemoni GPU AMD dan Nvidia untuk laptop dan desktop di pasaran.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.