Sukses

Warganet Indonesia Paling Ramai Bicarakan Soal K-Pop di Twitter

Hasil analisis Twitter mengungkap, warganet Indonesia ternyata paling ramai saat membicarakan mengenai Kpop dan idolanya di Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Perbincangan tentang K-pop di Twitter secara global mencakup lebih dari 6,7 miliar tweet di 2020. Jumlah ini meningkat cukup besar dengan 7,8 miliar cuitan di 2021.

Peningkatan percakapan sebesar 16 persen secara global ini memperlihatkan, di linimasa Twitter percakapan mengenai Kpop makin beragam dan ramai di 2021.

Twitter pun melakukan analisis mendalam mengenai percakapan seputar K-pop di platformnya. Terungkap, 20 negara paling banyak membicarakan Kpop, 20 negara dengan penggemar Kpop terbanyak, dan artis K-Pop paling dibicarakan di dunia dan Indonesia.

Mengutip keterangan Twitter, Kamis (27/1/2022), dengan banyaknya penggemar yang aktif, Indonesia berada di peringkat pertama dalam daftar negara dengan jumlah tweet tentang Kpop terbanyak selama dua tahun berturut-turut.

Di belakang Indonesia, Filipina, Korea Selatan, Thailand, Amerika Serikat, Meksiko, Malaysia, Brasil, India, dan Jepang masuk dalam daftar 10 besar.

Berdasarkan analisis Twitter, Indonesia juga dinilai menjadi negara dengan jumlah penggemar Kpop terbanyak. Analisis ini berdasarkan audiens unik di Twitter dengan jumlah cuitan terbanyak.

Posisi selanjutnya diduduki oleh Jepang dan Filipina. Negara seperti Pedu, Kolumbia, Singapura, dan Ekuador ikut masuk dalma daftar 20 besar tahun ini.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Artis Kpop Paling Banyak Dibicarakan di Twitter

Ikon Kpop BTS menempati urutan pertama dalam daftar artis Kpop paling banyak dibicarakan secara global. Konser BTS Permission To Dance On Stage di LA, Amerika Serikat, berkontribusi terhadap lebih dari 68 juta cuitan secara global.

Sementara artis Kpop NCT berada di urutan kedua sebagai artis paling banyak dibicarakan di Twitter, selama dua tahun berturut-turut.

Posisi ketiga dan seterusnya ada Exo, Blackpink, Enhypen, Tomorrow X Together (TXT), Seventeen, Treasure, Ateez, dan Stray Kid.

Menariknya, dalam satu tahun sejak debut, Enhypen menyandang gelar million seller, setelah penjualan album studio pertama Dimension: Dilemma, mampu terjual lebih dari 1 juta kopi.

Jajaran idol lain seperti Aespa dan Itzy juga memperlihatkan pencapaian besar. Di mana keduanya untuk pertama kalinya masuk dalam daftar 20 artis Kpop paling banyak dibicarakan di Twitter (posisi 14 dan 16).

Idol lain yang juga masuk dalam daftar adalah Twice, Got7, The Boyz, Ikon, Astro, MonstaX, Red Velvet, dan Shinee.

3 dari 5 halaman

BTS Paling Banyak Dibicarakan oleh Warganet Indonesia

Di Indonesia, BTS menjadi artis paling banyak dibicarakan. Capaian ini diikuti oleh NCT dan Enhypen. Begitu juga dengan percakapan tentang Kpop di seluruh dunia.

Selain percakapan mengenai idol Kpop, percakapan di Twitter tentang berbagai hiburan dari Korea Selatan pun terus mendapatkan perhatian dari seluruh masyarakat di dunia.

Percakapan terkait drama Korea (drakor), film, webtoon, dan jenis konten hiburan lainnya terus berkembang di Twitter seluruh dunia.

Secara khusus, webtoon yang diadaptasi menjadi K-drama pun disambut hangat oleh audiens global. True Beauty, Sweet Home, dan Navillera menjadi webtoon yang paling banyak dibicarakan di Twitter.

Ketika soundtrack resmi drama melibatkan artis K-pop terkenal, drama dan webtoon tersebut mengalami kenaikan jumlah penonton - seperti lagu ‘Sweet Night’ yang dibawakan oleh V dari BST untuk drakor, Itaewon Class.

4 dari 5 halaman

Twitter Jadi Sarana Promosi Konten K-Culture

Selain memberikan dukungan kepada komunitas Kpop, Twitter juga memperluas kemampuan dan mengembangkan layanannya untuk mempromosikan berbagai konten K-culture lainnya.

Dari sesi #TwitterBlueroom untuk film dan drama termasuk sesi tanya jawab dengan para pemain dari The Book of Fish, King Maker, The Red Sleeve, dan One Ordinary Day.

Twitter juga mengadakan #FanTweets dan #BehindTheTweets untuk fans K-pop, dimulai dengan anggota Blackpink, Rose.

Kehadiran Twitter Spaces di 2021 juga membuka banyak peluang a bagi para fans untuk saling terhubung dengan idola mereka dan berinteraksi secara real-time.

Selanjutnya di 2022, Twitter melihat percakapan mengenai hiburan dan konten Korea Selatan akan makin berkembang.

Hal ini karena fans Kpop tidak hanya membicarakan tentang musik favorit tetapi juga pertunjukkan, konser, kehidupan sehari-hari, tetapi juga ketertarikan mereka terhadap drama dan webtoon, diiringi oleh soundtrack dari grup Kpop favorit pengguna.

(Tin/Ysl)

5 dari 5 halaman

Infografis Tentang Artis Korea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini