Sukses

Jakarta Hujan Deras, Banjir Jadi Topik Pembicaraan Warganet

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras yang mengguyur DKI Jakarta pada Selasa (18/1/2022) membuat sejumlah ruas jalan tergenang banjir. Menurut Satuan Lalu Lintas, ada beberapa wilayah di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat yang terendam air.

Kasat Lantas Wilayah Jakarta Pusat, Kompol Purwanta, menuturkan, ruas jalan di Jakarta Pusat yang terendam antara lain Jalan Letjen Suprapto, Jalan Gunung Sahari, Jalan Kemayoran dan Jalan Kartini Raya.

Adapun ketinggian air berkisar 30 sampai 70 sentimeter. Sejumlah banjir yang menggenang di wilayah DKI Jakarta juga menjadi pembicaraan di media sosial.

Berdasarkan penelusuran Tekno Liputan6.com, keyword banjir masuk dalam trending topic di Indonesia. Sejumlah twit dengan keyword ini berisi informasi mengenai wilayah yang tergenang air.

Selain itu, ada pula beberapa warganet yang menceritakan mengenai kisahnya menerjang banjir hari ini. Tidak sedikit pula ada warganet yang baru saja mengetahui kalau ada beberapa wilayah yang tergenang banjir.

Untuk mengetahui seperti apa kicauan warganet tersebut, berikut ada beberapa tweet yang sudah kami himpun.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jakarta Hujan Deras, Sejumlah Jalan di Pusat dan Barat Terendam Banjir hingga 70 Cm

Sebelumnya, Kasat Lantas Wilayah Jakarta Pusat, Kompol Purwanta menerangkan, ruas jalan di Jakarta Pusat yang terendam antara lain Jalan Letjen Suprapto, Jalan Gunung Sahari, Jalan Kemayoran dan Jalan Kartini Raya. 

"Itu ketiggian air 30 cm sampai 70 cm," kata Purwanta saat dihubungi, Selasa (18/1/2022).

Dia menjelaskan, personel telah dikerahkan ke titik genangan guna mengatur arus lalu lintas demi menghindari kepadatan.

Namun, dia menyebut sejauh ini situasi di titik-titik jalan yang tergenang masih bisa dilalui kendaraan.

"Karena yang kebanjiran itu rata-rata jalur lambat. Sementara jalur cepat masih bisa dipakai. Ini kami siagakan petugas. Saat ini arus lalin sudah mulai normal karena genangan mulai surut," tandas Purwanta soal banjir Jakarta.

3 dari 4 halaman

Di Jakarta Barat

Sementara itu, Kasat Lantas Wilayah Jakarta Barat Kompol Wayan menerangkan ruas jalan yang tergenang di wilayah Jakarta Barat secara umum sudah mulai surut.

"Sudah surut, tinggal sekitaran pintu air 10 sampai 20 sentimeter," uhar dia.

Wayan mengatakan, ruas jalan di sekitaran Cengkareng arah Bandara Soekarno Hatta terpantau ramai lancar. Meski tergenang, Wayan menyebut kendaraan masih bisa dilalui.

"Bisa dilintasi kendaraan roda dua dan roda 4 lalin masih meriah sudah diupayakan pengaturan-pengaturan," tuturnya.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Jurus Gubernur Anies Baswedan Hadapi Banjir Jakarta