Sukses

3 Kota dengan Peningkatan Penjual UMKM Tertinggi di Tokopedia

Berikut tiga kota yang menjadi daerah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual di Tokopedia selama 2021 dibandingkan 2020

Liputan6.com, Jakarta - Tokopedia melaporkan kota-kota dengan peningkatan jumlah UMKM tertinggi di platform lokapasar daring mereka. Hal itu disampaikan oleh Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho.

"Denpasar, Makassar dan Palembang menjadi daerah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual selama 2021 dibandingkan 2020," ujar Trian dikutip dari keterangan perusahaan pada Minggu (16/1/2022).

1. Denpasar

Beberapa kategori paling laris selama 2021 di Denpasar adalah Kecantikan, Makanan dan Minuman, Kesehatan dan Perawatan Diri.

Tren ini juga menjadi salah satu pendorong peningkatan transaksi rata-rata UMKM di Denpasar, yang disebut bertumbuh 1,5 kali lipat pada tahun 2021.

2. Makassar

Di Makassar, transaksi rata-rata UMKM lokal di Tokopedia mengalami pertumbuhan lebih dari 2 kali lipat.

Makanan dan Minuman, Ibu dan Anak dan Fesyen Anak, serta Kecantikan menjadi kategori dengan peningkatan transaksi tertinggi di ibu kota provinsi Sulawesi Selatan itu pada 2021.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Palembang

Kategori yang mengalami peningkatan transaksi tertinggi di Palembang sepanjang 2021 adalah kategori Ibu dan Anak dan Fesyen Anak, Rumah Tangga, Kesehatan dan Perawatan Diri, serta Fesyen.

Bahkan, menurut Tokopedia, ada lonjakan lebih dari 3 kali lipat pada transaksi rata-rata UMKM di ibu kota Sumatera Selatan tersebut.

"Ke depannya, kami akan terus gencar berkolaborasi dengan mitra strategis agar UMKM lokal konsisten menemukan momentum di tengah pandemi untuk meraja di negeri sendiri," ujar Trian.

3 dari 4 halaman

Inisiatif Tokopedia

Temuan-temuan di atas antara lai didukung oleh sederet inisiatif Tokopedia bertajuk "Hyperlocal" yang diusung selama 2021 untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, sehingga UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

Contoh program turunan inisiatif Hyperlocal termasuk Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Bangga Buatan Indonesia dan masih banyak lainnya.

Selain itu, ada Digitalisasi Pasar Tradisional dimana Tokopedia bersama pemerintah mendigitalisasi pasar tradisional di berbagai kota. Contohnya, ada Pasar Pa’baeng-baeng Timur dan Pasar Kampung Baru di Makassar.

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini