Sukses

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun ke-96 Sandiah Ibu Kasur, Siapa Dia?

Google turut merayakan ulang tahun ke-96 Sandiah Ibu Kasur melalui animasi Google Doodle-nya, Minggu (16/1/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Google turut merayakan ulang tahun ke-96 Sandiah Ibu Kasur melalui animasi Google Doodle-nya, Minggu (16/1/2022).

Sandiah atau Ibu Kasur lahir di Jakarta pada 16 Januari 1926. Ia mendapatkan panggilan Ibu Kasur dari nama suaminya, Soerjono, yang dipanggil Pak Kasur. Nama Kasur sendiri berasal dari Kak Soer, panggilan Soerjono waktu muda.

Sebagaimana dikutip dari laman Google Doodle, Sandiah yang karib disapa dengan nama Ibu Kasur adalah seorang edukator sekaligus entertainer anak-anak Indonesia. Ibu Kasur terkenal sebagai sosok ibu yang sabar dan penyayang.

Ia banyak menciptakan lagu anak-anak. Bahkan laman Google Doodle menyebut, Ibu Kasur telah menciptakan lebih dari 150 lagu anak-anak. Mulai dari 'Kucingku' hingga 'Bertepuk Tangan' yang masih dinyanyikan hingga kini.

Ibu Kasur banyak mengajarkan generasi muda Indonesia mengenai nilai-nilai moral melalui lagu-lagunya. Ia juga terkenal sebagai pembawa acara program anak-anak "Taman Indria" di TVRI.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dirikan TK Mini

Selain menjadi seorang seniman, Ibu Kasur dan suaminya juga merupakan pendiri TK Mini pada 1965, sebuah taman kanak-kanak yang terkenal di Jakarta. Sekolah ini menjadi dasar pengabdiannya seumur hidup terhadap pendidikan anak-anak Indonesia.

Mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri dan sauranya, Guruh Soekarnoputra disebut-sebut merupakan lulusan TK Mini.

Setelah TK Mini, Ibu Kasur memperluas program pendidikannya ske seluruh Indonesia sebagai pembawa acara program anak-anak di Radio Republik Indonesia (RRI).

Ia juga menjadi ketua Yayasan Setia Balita, yang mendirikan empat cabang taman kanak-kanak secara nasional pada 1990-an.

3 dari 4 halaman

Editor Majalah Bocil

Bukan hanya itu, Sandiah Ibu Kasur juga mengedit majalah anak-anak Bocil yang terkenal di masanya. Selain itu, Ibu Kasur juga turut memproduksi film anak-anak, dan membuat banyak lagu anak-anak.

Pada Hari Anak Nasional tahun 1998, Ibu Kasur dianugerahi Penghargaan Presiden atas prestasinya sebagai pendidik yang kreatif dan berdedikasi.

Ibu Kasur meninggal di Rumah Sakit Cikini, Jakarta pada 22 Oktober 2002, di usianya yang ke-76 tahun, akibat serangan stroke.

Ia pun dimakamkan di samping makam suaminya, Pak Kasur, di Desa Kaliori, Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Google dan Facebook

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini