Sukses

Apple Bajak Petinggi Meta untuk Bikin Headset AR

Liputan6.com, Jakarta - Apple berhasil meyakinkan salah satu eksekutif Meta untuk bergabung ke dalam perusahaan. Apple telah membajak pemimpin komunikasi augmented reality Meta, Andrea Schubert.

Meskipun tidak 100 persen dikonfirmasi apa yang akan dilakukan Schubert di Apple, fakta bahwa dirinya memiliki peran di departemen augmented reality (AR) Meta, menunjukkan bahwa dia akan memainkan peran yang sama di Apple.

Ada desas-desus bahwa Apple sedang bersiap-siap untuk mengumumkan mixed reality headset mereka yang akan segera meluncur pada tahun depan. Demikian sebagaimana dilansir Ubergizmo, Selasa (28/12/2021).

Sejauh ini Bloomberg melaporkan bahwa headset AR Apple dapat menampilkan teks, email, peta, game, dan hal-hal lain melalui tampilan holografik yang terpasang di lensa.

Tahun lalu, Mark Gurman dari Bloomberg mengungkapkan bahwa perusahaan memiliki dua strategi untuk perangkat augmented reality-nya: kacamata AR dan headset AR/VR yang lebih powerful.

Rumor terbaru menyebutkan perangkat itu ditargetkan untuk pengguna tingkat lanjut karena akan dilengkapi dua layar 8K untuk menampilkan gambar beresolusi tinggi.

Analis Ming-Chi Kuo memprediksi headset AR/VR Apple akan dilengkapi dengan sensor 3D canggih yang tidak hanya mampu mendeteksi objek dalam sebuah adegan, tetapi juga mengidentifikasi gerakan yang dibuat oleh tangan pengguna.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Apple Punya Rencana Bikin iPhone Tanpa Slot SIM Card?

Di sisi lain, Apple mungkin akan meluncurkan iPhone yang tidak dibekali slot SIM card. Mengutip Gadgetsnow, Senin (27/12/2021), kemungkinan iPhone yang tidak dibekali slot SIM card adalah iPhone 15 series. Informasi ini pertama kali diungkap berdasarkan laporan dari BlogDoiPhone.

iPhone 15 sendiri diperkirakan bakal rilis pada 2023, hal ini mengingat iPhone terbaru yakni iPhone 13 series dirilis pada 2021.

Laporan itu menyebut, iPhone 15 bisa jadi model iPhone pertama yang rilis tanpa slot SIM card fisik. Rumor ini berdasarkan sumber internal dari perusahaan. Meski begitu kebenarannya masih belum diketahui.

Menurut laporan, Apple telah lama bereksperimen untuk tidak menghadirkan SIM card di perangkatnya, salah satunya dengan implementasi teknologi eSIM.

"Seorang sumber internal yang tidak disebutkan namanya menyebut, nantinya mulai dari 2023, iPhone versi Pro mungkin tidak akan menghadikan slot SIM card fisik dan hanya menggunakan 2 slot eSIM," tulis laporan itu.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

3 dari 5 halaman

Transisi ke eSIM

Perlu diketahui, iPhone dan iPad perlahan memang sudah memulai transisi untuk menerapkan slot eSIM pada sejumlah model iPhone, dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, iPhone 13 dan iPhone 13 Pro merupakan model iPhone pertama yang memiliki dukungan dual eSIM, memungkinkan pengguna memakai dua eSIM.

Jika Apple benar-benar akan menghadirkan iPhone tanpa slot SIM card pada iPhone 15, kemungkinan perangkat ini tidak bisa dirilis di seluruh pasar internasional. Hal ini masuk akal mengingat belum semua negara mengadopsi teknologi eSIM pada smartphone.

Selain rumor mengenai desain iPhone tanpa slot SIM card, ada juga rumor mengenai Apple yang tengah mengembangkan iPhone port-less. Jika rumor ini benar, ada kemungkinan Apple mau mempensiunkan konektor Lightning yang selama ini dipakai di iPhone.

 

4 dari 5 halaman

Bocoran iPhone 14, Punya Kamera 48MP?

Terlepas dari rumor kehadiran iPhone tanpa slot SIM card, hampir satu dekade, Apple masih setia menggunakan lensa kamera bersensor 12MP untuk deret seri iPhone mereka.

Namun, hal tersebut tampaknya akan berubah dengan salah satu seri iPhone terbaru, yaitu iPhone 14 Pro.

Apple akan menggunakan sensor 48MP untuk kamera utamanya, ucap analis Ming-Chi Kuo yang dikutip GSM Arena, Rabu (22/12/2021).

Menggunakan sensor 48MP, kamera iPhone 14 Pro ini menghasilkan gambar 12MP yang lebih detail berkat teknologi pixel-binning.

Selain meningkatkan kemampuan sensor kamera, perusahaan berbasis di Cupertino ini juga akan memperkenalkan lensa periskop seperti Huawei P50 Pro.

Disebutkan, lensa ini akan hadir di seri iPhone 15 yang dijadwalkan meluncur pada 2023.

Sayang, masih belum ada informasi lebih detail tentang hal tersebut. Saat ini, iPhone 13 Pro hanya menggunakan kamera telefoto berkemampuan 3x zoom.

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia