Sukses

Spotify Hapus Tombol Shuffle di Album Page Atas Permintaan Adele

Liputan6.com, Jakarta - Spotify berhenti mengacak pemutaran lagu-lagu album secara default. Menurut laporan BBC, keputusan Spotify menghilangkan tombol shuffle di album page ini dilakukan atas permintaan dari penyanyi Adele.

Sebelumnya, ketika melihat album di Spotify, pengguna akan melihat ikon shuffle kecil di dalam tombol "Play". Hal ini memperlihatkan, Spotify akan mulai memutar lagu-lagu di album dalam urutan acak, padahal pemutaran lagu secara acak tidak selalu diinginkan oleh pengguna.

Mengutip The Verge, Senin (22/11/2021), kini ketika pengguna menekan tombol "Play" di tampilan album, lagu-lagu akan diputar secara berurutan sesuai track-nya. Hal ini berlaku selama pengguna berlangganan layanan Premium Spotify.

Pengguna masih bisa mengaktifkan mode acak dengan mengaktifkan ikon "Shuffle", saat melihat track individual.

Sebelumnya, Adele meminta Spotify untuk mengubah fitur ini dengan alasan, album harus didengarkan dalam urutan tertentu.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ucapan Terima Kasih Adele

Lewat sebuah cuitan, Adele pun mengirimkan terima kasih-nya kepada Spotify atas perubahan tersebut.

"Seni kami menceritakan sebuah kisah dan cerita tersebut harus didengarkan seperti yang kami inginkan. Terima kasih Spotify telah mendengarkan," cuit Adele.

Akun Twitter Spotify kemudian membalas tweet Adele, menuliskan "Apa pun untukmu", menandakan bahwa langkah tersebut dilakukan memang karena permintaan Adele.

Kepala Komunikasi Musik di Spotify, Chris Macowski, mengkonfirmasi kehadiran fitur baru ini kepada The Verge.

3 dari 4 halaman

Sudah Lama Diminta Pendengar dan Artis

"Seperti yang disebutkan Adele, kami sangat senang untuk berbagi, kami telah meluncurkan fitur Premium baru yang telah lama diminta oleh pengguna dan artis, untuk membuat tombol play secara default di semua album," tuturnya.

"Bagi pengguna yang masih ingin mengacak urutan pemutaran lagu di album, mereka bisa membuka Now Playing dan memilih opsi shuffle," katanya.

Bukan kebetulan perubahan ini terjadi hanya beberapa hari setelah Adele merilis album barunya, 30, yang begitu populer. Sebuah lagu, yakni Easy on Me, memegang rekor Spotify untuk pendengar global terbanyak dalam satu hari.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang 5G

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS