Sukses

Huawei Gandeng ITB Dirikan Academy Support Center

Liputan6.com, Jakarta - Huawei menjalin kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui program kemitraan ITB-Huawei Academy Support Center sebagai bagian dari Huawei ICT Academy Program.

Huawei ICT Academy Program merupakan payung besar yang membawahi upaya-upaya pelatihan talenta digital berkompetensi global.

Sebagai bagian dari program ini, Academy Support Center hasil kolaborasi Huawei dan ITB bertujuan menyediakan dukungan teknis dan operasional yang sangat kritikal bagi kelangsungan Huawei ICT Academy Program, tidak hanya di ITB, tetapi juga di seluruh Tanah Air.

Untuk menandai kerja sama ini, Huawei dan ITB telah menggelar upacara penandatanganan perjanjian kerja sama yang diwakili oleh Director EBG Huawei Indonesia James Zeng dan Dekan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB Dr. Tutun Juhana, S.T, M.T, yang juga dihadiri oleh segenap perwakilan dari Huawei Indonesia dan ITB.

"Kami sangat senang dapat meningkatkan kolaborasi panjang yang dijalin ITB bersama Huawei yang diwujudkan dalam bentuk Academy Support Center," kata Tutun dikutip dari rilis resmi pada Selasa (16/11/2021).

Tutun pun menyatakan lewat kolaborasi ini segenap sivitas akademika ITB bisa mendapatkan akses dini terhadap berbagai teknologi digital serta perangkat teknologi yang dikembangkan Huawei. Selain itu, mereka juga berkesempatan melakukan riset yang akan memperkaya pengetahuan masyarakat dan menjadi bahan bakar inovasi.

"Kami berharap, kolaborasi dengan Huawei akan meningkatkan daya saing lulusan-lulusan ITB di masa depan," ujar Tutun.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pernyataan Huawei

Sementara itu, Director EBG Huawei Indonesia James Zeng menyampaikan apresiasinya atas kesungguhan ITB terhadap pengembangan talenta digital di Indonesia.

"Selama delapan tahun ini, ITB merupakan mitra strategis Huawei yang sangat kami hargai. Melihat capaian, semangat, dan kontribusi ITB yang luar biasa, kami ingin membawa kerja sama Huawei dengan ITB menuju satu langkah yang lebih tinggi," kata James.

3 dari 4 halaman

Pentingnya Kolaborasi

James pun menegaskan pentingnya kolaborasi lintas pemangku kepentingan, termasuk antara pendidikan tinggi dengan pelaku industri. Kemitraan antara Huawei dan ITB pun diharapkan akan membantu percepatan program-program pemerintah seperti Merdeka Belajar Kampus Merdeka oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Pendidikan Tinggi dan Digital Talent Scholarship – Fresh Graduate Academy oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Hingga kini, ITB telah melatih hampir 200 mahasiswa setiap tahunnya bersama Huawei Indonesia, dengan total sekitar 600 mahasiswa dalam kurun waktu 2018 - 2021. ITB dan Huawei Indonesia memulai kemitraannya dalam dunia pendidikan tinggi sejak 2013.

Dalam hal pengembangan kompetensi pengajar, ITB telah mengirimkan sebanyak delapan dosen untuk mendapatkan gelar instruktur tersertifikasi Huawei (Huawei Certified Academy Instructor/HCAI).

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia