Sukses

5 Cara Bikin Android Kamu Terasa Seperti Smartphone Baru

Pengguna Android kalau kamu mulai bosan dengan smartphone tetapi masih menabung untuk membeli perangkat baru, yuk coba cara ini agar Android kamu terasa seperti perangkat baru.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna Android yang sudah cukup lama memakai smartphone-nya mungkin merasa bosan karena tampilan yang tak lagi menarik atau performanya mulai turun.

Ada sejumlah tips atau cara yang bisa dilakukan pengguna Android yang sudah cukup lama memakai smartphone mereka, agar tidak bosan dengan tampilan perangkatnya.

Cara-cara ini mungkin juga bisa membuat pengguna merasa perangkat Android-nya seperti smartphone baru lagi, sembari menunggu ganti perangkat.

Berikut adalah informasinya, seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari Cnet, Selasa (16/11/2021).

1. Hapus aplikasi yang cuma dipakai sekali

Luangkan waktu beberapa menit untuk menelusuri app drawer kamu. Ada aplikasi yang jarang dipakai? Nah kamu bisa menghapus aplikasi-aplikasi semacam ini atau bahkan aplikasi yang hanya sekali dipakai.

Kamu perlu menghapus aplikasi yang tidak pernah dipakai karena keberadaannya menghabiskan ruang penyimpanan (memori). Aplikasi semacam ini juga berpotensi mengakses informasi pribadi atau izin akses yang disetujui saat aplikasi pertama kali dibuka.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Kosongkan ruang penyimpanan

Android yang dirilis saat ini biasanya hadir dengan ruang penyimpanan cukup besar, bahkan ada yang menawarkan kapasitas hingga 1TB.

Besarnya ruang penyimpanan ini membuat pengguna kadang malas untuk menghapus file, dokumen, unduhan, foto, hingga video yang sebenarnya tidak penting.

Padahal mempertahankan file yang tak penting tentu membuat ruang memori kian terkikis. Kalau jumlah file yang tak penting ini banyak, bisa jadi Android kamu bakal jadi lambat. Untuk itu, kamu perlu menghapus file yang dirasa tidak penting.

Pada sejumlah merek smartphone, terdapat aplikasi Files yang memungkinkan pengguna menghapus file berdasarkan kategori-kategori. Pada Samsung misalnya, ada My Files, di Google Pixel namanya Files, atau di smartphone lain namanya File Manager.

Nah, pengguna bisa memilah milih file yang mau dihapus. Misalnya mau hapus file yang memakan ruang memori besar (di dalam folder Large Files), atau file hasil unduhan (Downloads).

3 dari 6 halaman

3. Atur home screen

Salah satu fitur menyenangkan Android adalah pengguna bisa mengkustomisasi tampilan perangkat sepenuhnya sesuai selera masing-masing. Mulai dari ganti icon folder, ganti launcher, dan lain-lainnya.

Nah, kalau sudah bosan dengan pengaturan lama, mungkin pengguna Android bisa menggunakan opsi tampilan yang disediakan oleh ponsel Anda.

Dengan perubahan tampilan home screen, mungkin kamu akan merasakan seperti sedang mengoperasikan Android baru.

Kamu bisa coba cara ini: Tekan lama pada area kosong di layar homescreen smartphone Android - Pilih Pengaturan (Setting).

Selanjutnya akan membuka opsi untuk home screen, dari situ kamu bisa atur sesuai keinginan.

Mulai dari ukuran app grid untuk menampilkan ikon aplikasi di layar, mulai dari 4x5 atau 5x5 aplikasi dan pengaturan lainnya.

4 dari 6 halaman

4. Ubah setting

Hal lain yang bisa disesuaikan, dari segi tampilan sekaligus fungsionalitas salah satunya adalah penerapan dark mode. Jika kamu belum pakai dark mode sebelumnya, mungkin sekarang bisa jadi saat yang tepat.

Dark mode mengubah tampilan layar smartphone dari putih ke hitam. Selain membuat mata lebih nyaman, dark mode juga bisa menghemat baterai.

Pengguna juga bisa mengatur agar ikon aplikasi yang baru diinstal tak langsung muncul di home screen. Dengan begitu, layar smartphone tidak penuh dengan berbagai ikon aplikasi dan membuatnya jadi tak nyaman dipandang.

5 dari 6 halaman

5. Edit setting privasi

Privasi adalah hal penting bagi pengguna perangkat, baik itu smartphone Android maupun iOS. Pengguna bisa mengatur ulang privasi mereka.

Di Android, pengguna bisa membuka Setting > Privacy > Permission Manager.

Masuklah ke tiap kategori untuk melihat mana aplikasi yang memiliki akses ke data pribadi kamu.

Pilih aplikasi-aplikasi yang tidak ingin kamu beri akses ke lokasi, lalu matikan akses lokasi, kontak, kalender, hingga kamera.

(Tin/Ysl)

6 dari 6 halaman

Infografis Tentang 5G

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.