Sukses

Tipu Investor, Kreator Mata Uang Kripto Squid Game Bawa Kabur Uang Rp 37 Miliar

Saat berada di posisi tertinggi, kreator mata uang kripto Squid Game ini ternyata memutuskan untuk menjual kepemilikan mereka, menutup situs web, dan kabur membawa uang hingga miliaran rupiah.

Liputan6.com, Jakarta - Jumat pekan lalu, dunia dibuat terkejut dengan munculnya merek mata uang kripto Squid Game.

Hanya dalam 24 jam diluncurkan, aset kripto SQUID langsung melejit dari USD 2,22 hingga USD 2.800 (Rp 40 juta) pada pagi ini.

Saat berada di posisi tertinggi, kreator mata uang kripto Squid Game ini ternyata memutuskan untuk menjual kepemilikan mereka, menutup situs web, dan kabur membawa uang hingga miliaran rupiah.

Berdasarkan situs CoinMarketCap via Gizmodo, Selasa (2/11/2021), hanya dalam waktu 5 menit (5:40 pagi waktu setempat), aset kripto Squid Game tersebut langsung terjun bebas hingga USD 0.

Sebelum terjun bebas, pembuat SQUID diprediksi telah mengantongi lebih dari USD 2,6 juta atau sekitar Rp 37 miliar, menurut Gizmodo.

Adapun metode penipuan semacam ini biasanya disebut "rug pull" atau "menarik karpet" oleh sejumlah praktisi kripto.

Dengan cara ini, pembuat kripto dengan cepat menguangkan aset mereka ke mata uang sungguhan, dan dengan sengaja menguras likuiditas dari bursa.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mendapat Sorotan Pekan Lalu

Boneka menyeramkan yang jadi momok di Squid Game ternyata terinspirasi dari ini. (Netflx)

Saat diluncurkan pekan lalu, berbagai pihak sudah merasakan ada kejanggalan dengan kehadiran koin kripto SQUID ini.

Salah satunya adalah situs web yang hanya berusia tiga minggu, dan penuh dengan ejaan salah dan tata bahasa yang aneh.

Kejanggalan terbesar dari sejumlah pengamat adalah orang membeli mata uang kripto SQUID ini tidak bisa menjualnya.

Situs web SquidGame.cash pun telah menghilang, bersama dengan setiap akun resmi yang dibuat oleh para penipu di sejumlah media sosial juga ikutan raib.

 

3 dari 3 halaman

Bagian dari Proyek Squid Game: Play-to-earn Crypto

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Perlu diketahui, koin Squid diluncurkan sebagai koin ekslusif dari proyek Squid Game, platform play-to-earn crypto (bermain untuk mendapat kripto). Turnamen play-to-earn crypto ini diluncurkan pada November lalu, meniru serial Korea Selatan berjudul sama.

Tidak seperti permainan Squid Game di Netflix, koin Squid Game menyebut, "Kami tidak memberikan konsekuensi mematikan." Selain itu, jumlah pemain pun tidak dibatasi.

Para pemain harus membayar yang ditentukan dalam bentuk token Squid untuk bisa berpartisipasi dalam tiap permainan. Beberapa putaran permainan mengharuskan pengguna untuk membeli NFT yang dibuat khusus dan tersedia di situs web mereka.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.