Sukses

Headset AR/VR Apple Akan Meluncur pada 2022

Walau masih belum ada informasi detail tentang headset AR/VR Apple ini, dikabarkan perusahaan akan merilis perangkat tersebut pada 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang produk headset Apple dengan kemampuan augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) ini memang sudah beredar sejak beberapa tahun belakangan ini.

Mengutip laporan Mark Gurman di Power On, Selasa (2/11/2021), perangkat berbasis AR/VR tersebut akan diluncurkan pada tahun 2022.

Tidak banyak informasi baru yang dapat diungkap tentang headset AR/VR atau mixed reality Apple tersebut, namun dari deskripsi yang diungkap oleh Mark, perangkat ini akan menyasar pengguna premium.

"Apple berencana untuk merilis headset AR/VR miliknya dengan chip canggih, layar, sensor, dan fitur berbasis avatar pada awal tahun depan," tulis Gurman.

Sementara, analis kenamaan Ming-Chi Kuo mengatakan headset AR/VR Apple yang akan datang itu harus ditunda proses produknya. Dia mengatakan, hal ini karena desainnya yang rumit.

Kuo juga menyebutkan, produk Apple tersebut akan menampilkan dukungan Wi-Fi 6E untuk bandwidth yang lebih tinggi dan latensi yang rendah.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masih Berkendala di Teknis

Ilustrasi Apple (AP Photo/Mark Lennihan)

Seperti yang dijelaskan oleh analis, salah satu masalah terbesar dengan headset mixed reality Apple saat ini adalah persyaratan untuk koneksi kabel ke komputer.

Untuk menghindari masalah ini dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna, headset tersebut diprediksi bakal mendukung koneksi jaringan Wi-Fi 6/6E.

Informasi, Wi-Fi 6—atau 802.11ax—adalah Wi-Fi generasi terbaru, yang dioptimalkan untuk perangkat seluler dan Internet of Things (IoT).

 

3 dari 3 halaman

Bukan yang Pertama

Apple Store. Kredit: Michael Gaida via Pixabay

Sebagai catatan, perangkat AR/VR milik Apple ini bukanlah headset mixed reality pertama dengan teknologi tersebut.

Sebelumnya, Meta--kini perusahaan induk Facebook Inc--sudah merilis Oculus Quest dengan dukung Wi-Fi 6.

Pengguna mampu streaming hingga 120Hz dibandingkan dengan 90Hz, atau kurang saat menggunakan Wi-Fi 5.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.