Sukses

Apple Watch Bakal Dilengkapi Fitur Pengukur Gula Darah?

Sensor baru ini kemungkinan akan dipasang di bagian belakang Apple Watch, yang memungkinkan smartwatch mengukur kadar gula dalam darah si pemakainya.

Liputan6.com, Jakarta - Pemasok Apple dilaporkan tengah mengembangkan sensor generasi baru untuk Apple Watch Series 8 yang memungkinkan pengguna mengukur kadar gula darah.

Menurut laporan DigiTimes, dikutip dari MacRumors, Senin (1/11/2021), Apple dan pemasoknya mulai mengerjakan sensor inframerah gelombang pendek, jenis sensor yang umum digunakan untuk perangkat kesehatan.

Sensor baru ini kemungkinan akan dipasang di bagian belakang Apple Watch, yang memungkinkan smartwatch mengukur kadar gula dalam darah si pemakainya.

Menurut The Wall Street Journal, kadar gula darah adalah salah satu dari beberapa metrik kesehatan yang ingin ditambahkan Apple ke Apple Watch.

Metode untuk mengukur kadar glukosa darah yang ada saat ini, salah satunya adalah dengan mengambil sampel darah dan menggunakan perangkat medis.

Dengan Apple Watch, Apple akan mencari cara untuk mengambil langkah medis yang biasanya invasif dan menjadikannya non-invasif.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fitur Kesehatan Komprehensif

Apple Watch, selama bertahun-tahun, menghadirkan fitur kesehatan yang lebih komprehensif. Terbaru dengan Apple Watch Series 6 yang menambahkan sensor pengukur oksigen dalam darah.

Dibandingkan dengan Apple Watch generasi pertama yang hanya mampu mengukur detak jantung dan aktivitas harian utama, Apple Watch kini bisa memonitor EKG, mendeteksi jatuh, detak jantung tinggi dan rendah, kadar oksigen darah, dan masih banyak lagi.

Di iOS 15, aplikasi Health menambahkan glukosa darah sebagai metrik kesehatan. Namun, pengguna harus menggunakan perangkat keras eksternal untuk menyediakan data.

Akan tetapi, cara itu tentunya akan berubah jika Apple menambahkan fitur pengukur gula darah glukosa ke model Apple Watch mendatang. Apple diperkirakan akan mengumumkan Apple Watch Series 8 pada musim gugur 2022.

3 dari 5 halaman

iPad 9, iPad Mini 6, dan Apple Watch Series 7 Bakal Rilis di Indonesia, Ini Buktinya

Di sisi lain, dua distributor resmi Apple di Indonesia, MAP dan Erajaya Group sudah mengumumkan pre-order iPhone 13 yang bakal dilakukan 12 November mendatang.

Namun tidak hanya iPhone 13 series, tampaknya Apple juga mau memasukkan produk terbaru lainnya ke Indonesia yakni iPad 9, iPad Mini 6, dan Apple Watch Series 7.

Ketiga produk ini sama-sama dirilis oleh Apple berbarengan dengan peluncuran iPhone 13 series, 15 September lalu. Namun demikian, distributor Apple di Indonesia memutuskan untuk lebih dahulu membuka pre-order iPhone 13.

Lantas, apa bukti iPad 9, iPad Mini 6, dan Apple Watch Series 7 bakal dirilis di Indonesia?

Sebelumnya, Tekno Liputan6.com memberitakan iPad Mini 6, iPad 2021 atau iPad 9, dan Apple Watch Series 7 telah mendapatkan sertifikat TKDN dari Kemenperin.

Sertifikat TKDN untuk produk iPad dan Apple Watch Series 7 ini dikeluarkan pada tanggal 30 September 2021.

Jika pada saat itu iPad Mini 6 dan iPad 9 belum mendapatkan sertifikat POSTEL dari Kemkominfo, pantauan Tekno Liputan6.com terbaru, baik iPad Mini 6, iPad 9, maupun Apple Watch Series 7 sama-sama sudah mendapatkan sertifikat POSTEL.

4 dari 5 halaman

iPad 9 dan iPad Mini 6 Tak Dukung Jaringan 5G

Berdasarkan pantauan di laman Sertifikasi Postel Kemkominfo, tercatat produk iPad 9 dan iPad Mini 6 diajukan sertifikasinya oleh PT Erajaya Swasembada (Erajaya) serta Mapple Adi Perkasa (MAP) sebagai distributor resminya di Indonesia.

Ada empat model iPad yang bakal diboyong ke Indonesia yakni model A2604 (iPad 9 koneksi LTE), A2602 (iPad 9 koneksi WiFi), A2568 (iPad Mini 6 koneksi LTE), serta A2567 (iPad Mini 6 koneksi WiFi).

Masing-masing mendapatkan nomor sertifikat berbeda untuk tiap model. Selain itu, perlu diketahui pula, dalam peluncurannya Apple mengumumkan baik iPad 9 maupun iPad Mini 6 telah didukung koneksi 5G.

Sayangnya dalam laman P3DN Kemenperin, pada sertifikat TKDN-nya, iPad di atas tertulis spesifikasi berjaringan 4G LTE. Ini berarti, iPad 9 dan iPad Mini 6 yang dijual di Indonesia tidak akan mendukung jaringan 5G.  

Sementara, untuk Apple Watch Series 7, tercatat pemohon sertifikat adalah PT Apple Indonesia.

Ada sejumlah Apple Watch Series 7 yang bakal diboyong ke Tanah Air, yakni model A2473, A2474, A2476, dan A2478.

 

5 dari 5 halaman

Kapan Rilis di Indonesia?

Berdasarkan penelusuran di GSM Arena, model A2478 merujuk pada Apple Watch Series 7 45mm dengan koneksi GPS dan Selular. Model A2474 merujuk pada Apple Watch Series 7 koneksi GPS.

Lalu, model A2476 mengacu ke Apple Watch Series 7 41mm dengan koneksi GPS dan Selular, serta model A2473 merujuk pada Apple Watch Series 7 41mm dengan koneksi GPS.

Dengan diterimanya Sertifikat POSTEL dari Kemkominfo serta sertifikat TKDN dari Kemenperin, berarti ketiga produk Apple tersebut akan dirilis di Indonesia menyusul pre-order iPhone 13.

Lalu kapan iPad 9, iPad Mini 6, dan Apple Watch Series 7 dirilis? Hingga saat ini kami belum mendapatkan informasi mengenai tanggal pre-order atau penjualan ketiga produk ini.

Mengingat distributor resmi Apple di Indonesia baru mengumumkan pre-order untuk iPhone 13 series, kemungkinan iPad dan Apple Watch Series 7 akan dirilis dalam waktu berbeda dengan penjualan iPhone 13.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.