Sukses

Clubhouse Links Meluncur, Tawarkan Percakapan Pribadi Antar Kreator

Liputan6.com, Jakarta - Clubhouse kembali meluncurkan fitur baru untuk para penggunanya. Fitur ini hadir setelah sebelumnya Cluhouse menghadirkan fitur Clips, Replay, serta Penelusuran Universal.

Kali ini, seperti dikutip dari keterangan resmi, Jumat (8/10/2021), Clubhouse meluncurkan ftur yang diberi nama Clubhouse Links. Fitur ini disebut mirip dengan Wave yang hadir untuk mendukung percakapan pribadi antar pengguna.

Dengan Clubhouse Links, pengguna dapat membuat tautan pribadi yang bersifat permanen untuk menghubungkan langsung ke room pribadi. Tautan ini dapat dibagikan ke teman, keluarga, atau siapa saja yang ingin diajak berkomunikasi secara pribadi.

Setiap kali seseorang bergabung, pengguna akan diberikan notifikasi dan dapat masuk ke room untuk memulai obrolan singkat. Fitur di aplikasi ini juga akan memudahkan moderator mendengarkan kembali percakapan yang sebelumnya ia lewatkan sebelum memulai room diskusi lebih besar.

Untuk menggunakan fitur ini pengguna hanya perlu mengklik "+Room' di hallway, lalu klik "Gather a room using a links". Setelahnya, tautan akan tersalin di clipboard dan dapat dikirimkan ke orang lain maupun memasukkannya dalam kalander.

Room dari tautan ini bersifat pribadi dan hanya terbuka untuk orang yang memilikinya. Clubhouse Links sudah diluncurkan dalam versi beta untuk pengguna iOS.

Tidak hanya itu, Clubhouse juga mengumumkan ikon baru untuk Oktober 2021, yakni Mandiee Martinez. Ia dikenal sebagai kreator yang membuat room bagi semua orang Latin untuk menjelajahi budaya dan identitas mereka.

Awalnya, klub bernama Chingona AF ini ditujukan untuk tempat berkumpulnya orang-orang Latin non-gender. Namun lama kelamaan, klub ini diketahui banyak komunitas dan menjadi terbuka untuk semua orang Latin.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Clubhouse Hadirkan 3 Fitur Baru, Apa Saja?

Sebelumnya, Clubhouse baru saja mengumumkan fitur baru untuk para penggunanya. Kali ini, ada tiga fitur yang diperkenalkan, yakni Clips, Replays, dan Pencarian Universal.

"Clubhouse selalu dibangun berdasarkan saran dan masukan yang diberikan oleh komunitas," tulis perusahaan dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (3/10/2021).

"Oleh karena itu, tim Clubhouse terus berusaha untuk menciptakan fitur-fitur baru yang dapat memudahkan Clubhousers di seluruh dunia."

Lebih lanjut dijelaskan, Clips merupakan fitur yang memungkinkan pengguna membagikan cuplikan berdurasi 30 detik dari momen di public room, sehingga pengguna dapat membagikan momen tersebut untuk orang yang tidak berada di aplikasi Clubhouse.

Clips juga akan berisi tautan sebagai akses masuk ke public room yang dibagikan momennya. Jadi, fitur ini dapat meningkatkan audiens dalam ruang percakapan karena mereka bisa mendapatkan akses langsung ke percakapan di dalamnya.

Saat ini, fitur Clips masih berupa versi beta, dan baru bisa dinikmati para kreator dalam jumlah terbatas. Nantinya, Clubhouse akan melihat dan mempelajari lebih dulu bagaimana kreator menggunakan fitur ini dan melakukan beberapa penyesuaian.

3 dari 4 halaman

Fitur Replays dan Pencarian Universal

Sementara untuk fitur Replays, Clubhouse memungkinkan para kreator merekam sebuah room, menyimpannya ke profil atau mengunduhnya agar dapat membagikan room tersebut ke platform lainnya.

Nantinya, kreator dan moderator dapat pula mengatur kapan fitur ini aktif atau tidak. Sama seperti Clips, Clubhouse akan menguji dan terus mengembangkan fitur ini.

Adapun untuk Universal Search atau Pencarian Universal, Clubhouse memungkinkan pengguna mengetikkan kata kunci atau nama kreator di kolom pencarian untuk melakukan pencarian.

Hasil pencarian nantinya akan ditampilkan, mulai dari room yang relevan (baik yang sedang berlangsung maupun terjadwal), nama kreator, klub, profil. Fitur ini juga akan meningkatkan kemampuan klub serta room mendapatkan audiens yang tepat dan cepat.

Pengguna sudah dapat memanfaatkan fitur ini di iOS dan Android sejak 30 September 2021. Selain itu, fitur audio spasial kini meluncur untuk pengguna Android, setelah sebelumnya hadir di iOS.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis: Siap-Siap Masuk Pasar Rakyat dengan Aplikasi PeduliLindungi