Sukses

Layanan WhatsApp dan Instagram Down Berjamaah, Facebook Segera Lakukan Perbaikan

Pihak Facebook selaku pengelola ketiga aplikasi terpopuler di dunia ini pun menyadari bahwa warganet mengeluhkan layanannya yang tumbang berjamaah.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram down secara bersamaan pada Senin (4/10/2021) malam.

Cuitan warganet pun membanjiri linimasa Twitter, mengeluhkan layanan Instagram, WhatsApp, dan Facebook yang tumbang bersamaan.

Pihak Facebook selaku pengelola ketiga aplikasi terpopuler di dunia ini pun menyadari bahwa warganet mengeluhkan layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp down berjamaah.

Melalui akun Twitter resminya, Facebook langsung mengunggah cuitan pihaknya kini tengah berupaya memperbaiki layanannya agar kembali dapat diakses.

"Kami menyadari bahwa sejumlah orang mengalami masalah dalam mengakses aplikasi dan produk-produk kami," kata Facebook melalui cuitan.

"Kami berupaya memperbaiki masalah yang ada agar layanan bisa kembali normal secepat mungkin," kata pihak Facebook.

Lebih lanjut, Facebook juga mengucap maaf atas tumbangnya layanan Instagram, WhatsApp, dan Facebook secara berjamaah.

Sementara itu, melalui akun Twitter @InstagramComms, pihak Instagram juga mengaku bahwa layanannya tengah mengalami masalah.

"Instagram dan kawan-kawannya (Facebook dan WhatsApp) kini tengah mengalami sedikit masalah dan Anda mungkin mengalami kesulitan dengan layanan kami. Tetap bersama kami, kami tengah memperbaikinya," kata Instagram, diikuti tagar #InstagramDown.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Layanan Instagram Down

Sebelumnya, pantauan Tekno Liputan6.com di laman pendeteksi situs down, DownDetector pada Senin (4/10/2021) malam menunjukkan bahwa pengguna Instagram di seluruh dunia mengeluhkan tumbangnya layanan Instagram. 

Tumbangnya Instagram dirasakan oleh hampir seluruh penggunanya di dunia. Lebih dari 76 ribu keluhan dari pengguna memenuhi DownDetector pada Senin malam.

Keluhan pengguna paling banyak adalah aplikasi tidak bisa diakses, website yang error, serta koneksi server yang tumbang.

Para pengguna di seluruh dunia termasuk di Swiss, Malaysia, Monaco, Jepang, Inggris, Indonesia, Kanada, Iran, Israel, Argentina, dan lain-lain mencuitkan tumbangnya layanan media sosial Facebook ini.

3 dari 3 halaman

Facebook, WhatsApp, Messenger Down

Seperti Instagram, para pengguna Facebook dan WhatsApp di seluruh dunia mengeluhkan layanan Facebook tidak bisa diakses. Begitu juga dengan layanan Facebook Messenger yang juga dikeluhkan pengguna.

Keluhan untuk pengguna Facebook meliputi website yang tidak bisa diakses, koneksi server bermasalah, hingga aplikasi tidak bisa diakses. Hingga kini, lebih dari 111 ribu laporan tumbangnya layanan Facebook terpantau dari DownDetector.

Begitu juga dengan keluhan di WhatsApp. 33 ribu lebih keluhan diungkapkan warganet, di mana mayoritas menyebut aplikasi tidak bisa diakses, kesulitan mengirimkan pesan, hingga koneksi server yang terputus.

Sementara untuk Facebook Messenger, sebagian besar pengguna mengaku tidak bisa mengirim pesan, tidak bisa membuka aplikasi, dan website bermasalah.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.