Sukses

Apple Buka Akses iOS 15.1 Beta untuk Pengembang, Ada Fitur SharePlay

Liputan6.com, Jakarta - Setelah merilis iOS 15 beberapa hari lalu, Apple ternyata sudah mulai membuka akses iOS 15.1 versi beta untuk para pengembang. Informasi ini pertama kali diketahui dari laporan 9to5Mac.

Dikutip dari The Verge, Rabu (22/9/2021), salah satu fitur yang diketahui hadir dalam iOS 15.1 versi beta ini adalah SharePlay. Sebelumnya, Apple memang mengatakan fitur ini akan absen saat iOS 15 pertama kali rilis.

Sebagai informasi, SharePlay merupakan fitur yang memungkinkan pengguna menonton film, berbagi layar, hingga mendengarkan musik dengan orang lain lewat panggilan FaceTime. Karenanya, fitur ini menjadi salah satu yang dinantikan para pengguna perangkat Apple.

Awalnya, Apple menyebut SharePlay akan hadir menjelang akhir musim gugur tahun ini, kemungkinan sekitar Oktober atau November. Namun dengan kehadirannya di iPadOS 15.1 versi beta, ada kemungkinan fitur ini akan hadir lebih cepat.

Kendati demikian, mengingat iOS 15.1 masih beta, tidak tertutup kemungkinan ada perubahan. Sebelumnya, fitur SharePlay sempat hadir di iOS 15 versi beta, namun tidak dirilis bersamaan dengan debut sistem operasi terbaru Apple ini.

Fitur lain yang juga diketahui hadir di iOS 15.1 versi beta adalah dukungan SMART Health Card. Fitur ini ditujukan untuk penduduk Amerika Serikat dan berisi mengenai informasi media, seperti riwayat vaksinasi atau hasil tes Covid-19.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

iOS 15 Rilis, Sejumlah Fitur Anyar Masih Absen

Pada 20 September lalu, Apple meluncurkan iOS 15 untuk pengguna iPhone di seluruh dunia. Namun dari beberapa fitur baru yang diumumkan ketika sistem operasi ini diperkenalkan, ternyata ada beberapa yang masih absen.

Salah satunya dikutip dari The Verge, Selasa (21/9/2021), adalah fitur SharePlay. Untuk diketahui, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menonton video atau mendengarkan musik bersama-sama dengan orang lain melalui panggilan FaceTime.

Terkait hal ini, Apple memang telah mengatakan pada pengguna maupun developer bahwa SharePlay akan absen saat iOS 15 pertama kali rilis. Tidak diungkap alasannya, tapi perusahaan mengatakan fitur ini akan tersedia pada musim gugur 2021 atau sekitar Oktober hingga November.

Mundurnya kehadiran fitur SharePlay ini ternyata juga berpengaruh pada fitur lain, yaitu Group Workouts di Apple Fitness Plus. Karenanya, fitur tersebut baru tersedia setelah fitur SharePlay mulai digulirkan.

3 dari 4 halaman

Fitur Lain yang Absen

Fitur lain yang juga masih absen pada awal kehadiran iOS 15 adalah dukungan Find My untuk AirPods. Sama seperti SharePlay, Apple mengatakan fitur ini tidak hadir hingga akhir musim gugur ini.

Tidak hanya di iOS, ada beberapa fitur yang juga masih absen di awal kehadiran iPadOS 15. Salah satunya adalah fitur Universal Control yang memungkinkan pengguna berpindah layar secara lebih mulus di perangkat Mac dan iPad.

(Dam/Tin)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Apple