Sukses

Asus Rilis 3 Laptop Berlayar OLED untuk Kreator

Asus merilis deretan laptop flagship berlayar OLED yang ditujukan untuk beragam level kreator. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Asus merilis tiga seri laptop kelas atas yang ditujukan untuk kreator di berbagai bidang. Di antara ketiga lini ini, masing-masing dibekali layar OLED yang diklaim menghadirkan pengalaman lebih nyata dan bisa mengurangi paparan sinar biru hingga 70 persen.

Adapun ketiga seri yang diluncurkan adalah ProArt Studiobook, Zenbook Pro, dan Vivobook Pro. Asus mengklaim laptop-laptop ini didukung dengan ekosistem yang menghadirkan performa serta fitur penunjang kreator di berbagai bidang dan level, dari profesional hingga kreator yang sekadar menjalankan hobi.

ProArt Studiobook merupakan seri paling flagship di antara ketiganya. Laptop ini menawarkan performa ekstrem bagi kreator profesional di berbagai industri, mulai dari audiovisual, engineering, atau sains.

Zenboook Pro ditujukan untuk kreator yang kerap bermobilitas namun juga tetap produktif. Sementara seri Vivobook Pro menawarkan performa tinggi dan berbagai fitur yang mendukung kreator, misalnya influencer, vlogger, musisi muda, dan lain-lain.

Laptop ini menggunakan layar OLED HDR beresolusi 4K dan aspek rasio 16:10 sehingga menghasilkan visual yang luas. Berbagai sertifikat layar juga menyertai laptop ini, termasuk sertifikat TuV untuk perlindungan mata. 

Berikut adalah ketiga seri laptop terbaru Asus untuk para kreator di berbagai bidang dan level:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. ProArt Studiobook

Ada dua model yang ditawarkan Asus untuk seri ini, yakni ProArt Studiobook 16 OLED dan ProArt Studioboook 16 Pro OLED. Keduanya merupakan laptop 16 inci pertama dengan dukungan layar 4K OLED HDR.

Kedua laptop ini hadir dengan fitur Asus Dial. Ini merupakan sebuah tombol berbentuk lingkaran yang ditempatkan pada sisi kiri keyboard.

Tombol lingkaran ini bisa dikontrol dengan putar ke kanan atau kiri untuk mengontrol berbagai parameter di aplikasi Adobe, misalnya After Effects, Photoshop, Photoshop Lightroom Classic, dan Premiere Pro.

Foto: Asus DialPad pada ProArt StudioBook (Foto: Asus)

ProArt Studiobook 16 dan 16 Pro memiliki perbedaan dari segi chipset dan prosesor yang dipakai. Model Pro menggunakan prosesor AMD Ryzen A5000 GPU dan ada juga yang memakai prosesor Intel Xeon serta grafik Nvidia RTX A2000 atau GPU A5000.

Sementara versi reguler, yakni ProArt Studiobook 16 didukung pilihan prosesor Ryzen 5000 seri H atau Intel i7 dan grafik Nvidia GeGorce RTX 3070 atau GPU RTX 3060.

Kedua laptop ini dibekali RAM 64GB 320Mhz DDR4. Konektivitasnya menggunakan Thunderbolt 4, USB Type C 3.2 Gen 2, HDMI, dan card reader SD Express.

 

3 dari 5 halaman

2. Zenbook Pro Duo 15 OLED

Zenbook Pro Duo 15 OLED merupakan laptop 15,6 inci dengan dukungan Asus ScreenPad Plus. ScreenPad Plus merupakan touch screen sekunder dengan 14 inci yang bisa bekerja seiring dengan touchscreen utama untuk mendukung kemampuan multitasking.

ZenBook Pro Duo 15 OLED didukung performa kencang berkat prosesor Intel i9 yang dikombinasikan dengan grafis NVidia GeForce RTX 3070.

Laptop ini juga memiliki opsi prosesor yang berbeda, tergantung dari keinginan pengguna. Pertama menggunakan prosesor Intel Core H-series atau AMD Ryzen 5000. Keduanya sama-sama dibekali RAM 32GB dan penyimpanan internal hingga 1TB PCIe 3.0 x3 SDD.

Seperti ProArt Studiobook, Asus Zenbook Pro Duo juga dibekali layar 4K OLED HDR.

4 dari 5 halaman

3. Vivobook Pro

Menyasar hobiis dan kreator, seri Vivobook Pro menghadirkan beberapa model laptop, yakni Vivobook Pro 16X OLED, Vivobook Pro 14X OLED, Vivobook Pro 15 OLED, dan Vivobook 14 OLED.

Vivobook Pro 14X dan 16X OLED menggunakan Asus Dialpad virtual yang fungsinya sama dengan Asus Dialpad fisik yang ada di ProArt Studiobook.

Untuk model 16X OLED, layarnya memiliki luas 16 inci dengan kualitas 4K OLED HDR-550 nit dan rasio 16:10. Sementara model 14X memiliki layar 14 inci dengan resolusi 2,4K OLED HDR-600 nit.

Keduanya hadir dengan opsi prosesor Intel Generasi 11 Core i7 H Series atau AMD Ryzen 5000 H-series. Grafis yang digunakan adalah Nvidia GeForce RTX 3050 Ti, RAM hingga 32GB, sistem pendinginan dual-fan berteknologi Asus Ice Cool Plus, serta kapasitas baterai 96Wh.

Sementara, Vivobook Pro 14/15 OLED mmenjadi laptop tips yang ringan dengan bobot 1,4kg atau 1,65kg masing-masing.

Keduanya juga didukung layar OLED dengan resolusi FHD, proseor Intel Generasi 11 H-series atau AMD Ryzen 500 H-series, grafis Nvidia GeForce RTX 3050, sistem pendinginan dual-fan dengan Asus Cool Plus, RAM 16GB, penyimpanan hingga 1TB, dan dukungan WiFi6.

(Tin/Isk) 

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.