Sukses

Zoom Rilis Fitur Focus Mode untuk Bantu Siswa Fokus Saat PJJ

Lewat Focus Mode di Zoom ini, guru dapat lebih fokus mengawasi kelas dan siswa tidak akan terganggu oleh video rekan-rekan mereka atau merasa malu untuk menyalakan kamera mereka sendiri saat PJJ.

Liputan6.com, Jakarta - Zoom baru saja mengumumkan kehadiran fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna, khususnya bantu siswa saat PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

Adapun fitur baru yang diperkenalkan Zoom diberi nama Focus Mode, dan dirancang secara khusus untuk menjaga siswa tidak mengganggu satu sama lain saat di ruang kelas virtual.

Dikutip dari Ubergizmo, Jumat (13/8/2021), Focus Mode di Zoom ini memungkinkan guru untuk dapat melihat semua siswa, tetapi setiap siswa hanya dapat melihat sang guru atau host kelas virtual.

Dengan cara ini, baik guru atau dosen dapat mengakfifkan fitur baru di Zoom ini selama PJJ atau perkulihan untuk meminimalisir gangguan saat kelas virtual berlangsung.

Sementara itu di sisi siswa, mereka hanya akan melihat video mereka sendiri dan presentasi yang berlangsung selama kelas virtual, bersamaan dengan nama siswa lain dan emoji.

Saat Focus Mode dimatikan, siswa yang ikutan sesi kelas virtual dapat melihat semua siswa lainnya dan reaksi mereka seperti biasanya.

Informasi, fitur ini tampaknya akan tersedia di semua klien desktop Zoom--termasuk versi gratis.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisa Dipakai untuk Berbagai Sesi

Ilustrasi pertemuan virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom. Kredit: Zoom

Selain dapat digunakan untuk membantu siswa lebih fokus saat kelas virtual selama PJJ, fitur ini juga bisa berguna untuk sesi video conference lainnya.

Entah itu pertemuan keluarga, pertemuan bisnis kecil, atau situasi lain di mana Anda mungkin perlu meminimalkan gangguan (atau menyediakan ruang bagi orang yang kurang nyaman menunjukkan wajah mereka di depan kamera).

Jika ingin membuat pengaturan wajib untuk semua pengguna di akun Anda, kamu dapat menguncinya.

3 dari 3 halaman

Zoom Setuju Bayar Denda Rp 1,2 Triliun

Ilustrasi Zoom (sumber: Zoom)

Zoom Video Communication alias Zoom setuju membayar denda sebesar USD 85 juta (setara Rp 1,2 triliun). Denda ini merupakan bentuk penyelesaian gugatan yang mengklaim Zoom telah melanggar privasi pengguna karena membagikan data pribadi dengan Facebook, Google, dan LinkedIn.

Selain itu, juga karena Zoom dituding membiarkan peretas mengganggu Zoom meeting, yang disebut sebagai Zoombombing.

Mengutip Reuters, Senin (2/8/2021), penyelesaian awal gugatan ini diajukan pada Sabtu lalu, dan membutuhkan persetujuan oleh Hakim Distrik AS, Lucy Koh, di San Jose, California.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini