Sukses

Bhinneka.com Buka Layanan Pembayaran PBB untuk 84 Daerah

Bhinneka.com membuka pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk 84 daerah: dua provinsi, 56 kabupaten, dan 26 kota.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mendukung transformasi digital, memaksimalkan pendapatan daerah, dan mempermudah masyarakat untuk membayar pajak, Bhinneka.com membuka pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk 84 daerah: dua provinsi, 56 kabupaten, dan 26 kota.

"Kini kami dapat melayani pemilik usaha dan perorangan untuk melakukan pembayaran PBB, sekaligus mendorong pendapatan 84 pemerintah daerah dari sektor pajak," kata CEO dan Founder Bhinneka.com, Hendrik Tio, melalui keterangannya, Jumat (6/8/2021).

Lebih dari itu, ia melanjutkan, hadirnya layanan ini menjadi wujud nyata kemitraan perusahaan dengan pemerintah daerah (salah satunya Kota Bogor) yang berpacu untuk transformasi digital dalam pelayanan kepada masyarakat dan para pelaku usaha setempat.

Di bawah kepemimpinan Wali Kota Bima Arya, Kota Bogor diketahui telah menerima sejumlah penghargaan dari pemerintah maupun organisasi independen nasional maupun internasional.

"Kehadiran layanan pembayaran PBB melalui platform ini diharapkan kian memudahkan warga Kota Bogor. Cukup dilakukan secara online, tidak perlu mengantre, dan dapat memanfaatkan berbagai metode pembayaran," ucap Bima Arya.

Dengan demikian, kata Bima Arya, warga difasilitasi untuk menjadi wajib pajak yang patuh dan hasil penerimaan pajak digunakan sebesar-besarnya demi pembangunan agar bisa dinikmati bersama.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membayar PBB

Pembayaran PBB melalui Bhinneka.com dapat diakses di menu produk digital. Pilih nama kota, masukkan Nomor Objek Pajak (NOP), dan pilih tahun tagihan.

Jika data yang dimasukkan sudah benar, jumlah tagihan PBB yang harus dibayar akan muncul. Lalu, klik pilihan bayar.

Terakhir pilih metode pembayaran, saat ini tersedia pilihan dengan kartu kredit, kartu debit, cicilan, uang elektronik, virtual account, dan internet banking.

Sistem bakal segera memproses pembayaran PBB yang telah diselesaikan dan Bhinneka.com akan mengirim invois digital ke email pengguna.

3 dari 4 halaman

Transaksi Layanan Digital Naik 6.000 Persen

Sinergi antara pemerintah daerah dan pelaku e-commerce memungkinkan keduanya mengoptimalisasi kinerja masing-masing.

Sepanjang 12 bulan terakhir atau selama masa pandemi, volume transaksi produk digital di platform Bhinneka.com mencatat pertumbuhan sebesar 6.000 persen, dengan transaksi terbesar pada pembelian produk token listrik dan uang elektronik.

Sementara dari sisi pelaku usaha yang tercatat melakukan transaksi produk digital di platform Bhinneka.com masih didominasi yang berdomisili di pulau Jawa dan Sumatera.

Selain melengkapi layanan pembayaran PBB, Bhinneka.com juga banyak terlibat dalam berbagai inisiatif dengan pemerintah, di antaranya menjadi mitra Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) RI dan mitra dalam platform Belanja Langsung (BeLa) Pengadaan.

Juga turut memfasilitasi teknologi e-Marketplace kepada Pemerintah Kota Mojokerto dengan tajuk Mojokerto Marketplace (Mojokece) dalam digitalisasi pelaku UMKM lokal.

4 dari 4 halaman

Infografis Angin Segar Diskon Pajak dan DP 0 Persen Kendaraan Baru. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.