Sukses

Tales of Phi, Main Game Sambil Belajar Matematika

Liputan6.com, Jakarta - Tales of Phi adalah salah satu game mobile lokal yang dipamerkan dalam ajang Game Prime 2021. Acara ini digelar oleh Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf).

Game mobile untuk platform Android dan iOS buatan Seraph Game Studio ini menggabungkan dua hal yang sebelumnya dianggap berseberangan, yaitu belajar dan bermain.

Lebih spesifik lagi, belajar matematika adalah subjek utama yang digabungkan ke dalam interaksi menyenangkan pada game mobile bergenre Turn-based Role Playing Game (RPG) ini.

Chief Executive Officer dan Founder Seraph Game Studio, William Putra Sera, mengklaim Tales of Phi menjadi salah satu cara belajar matematika melalui game yang berlatar dunia fantasi dipenuhi monster bernama Mathland.

"Melalui Tales of Phi, kami ingin memberikan game yang tidak hanya menghibur, tapi juga sekaligus menjadi sarana para gamer untuk belajar matematika yang mungkin selama ini menjadi mata pelajaran paling tidak disukai," tutur William melalui keterangannya, Jumat (6/8/2021).

Sama seperti bisnis, ia melanjutkan, hal yang unik dan tidak banyak digunakan di kompetitor lainnya pasti mempunyai marketnya sendiri.

"Begitu juga dengan Tales of Phi, di mana kami berharap dapat diterima dengan baik oleh masyarkat Indonesia," William memungkaskan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melatih Kemampuan Berhitung

Tales of Phi berlatar di dunia fantasi Mathland, lansekap yang ditinggali oleh lebih dari 150 monster dengan desain yang unik dan kemampuan berhitung yang akan menguji para gamer.

Pemain akan dibawa ke progresi cerita dan serangkaian level untuk mengontrol monster-monster Math Guardian yang menempati Mathland sepanjang petualangan.

Setiap monster Math Guardian yang ditemui memiliki kemampuan matematika yang berbeda, mulai dari plus atau penjumlahan, minus atau pengurangan, multiply atau perkalian, dan divide atau pembagian.

Semakin jauh progresi cerita dan level, tingkat kesulitan matematika untuk mengontrol monster Math Guardian sepanjang jalan pun akan kian sulit yang tentunya akan menguji pemain jadi lebih pintar berhitung.

 

3 dari 3 halaman

Mekanisme dan Fitur Permainan

Math Guardian adalah monster yang memiliki klasifikasi, yang dimulai dari D (common), C (uncommon), B (rare), A (super rare), dan S (ultra rare).

Elemen permainan di Tales of Phi mengadaptasi sistem tempur RPG yang dilengkapi dengan indikator HP (Health Point), SP (Special Point), TIME (batas waktu tempur), ATK (Attack Damage), dan tipe perhitungan seperti pertambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang berpengaruh ke damage.

Mekanisme pertempuran di Tales of Phi adalah turn-based, di mana pemain akan berhadapan dengan monster secara 1 vs 1. Monster yang dimiliki pemain akan mengeluarkan serangan setelah pemain berhasil menjawab pertanyaan matematika dengan benar.

Dalam menjelajahi level, pemain akan dibantu dengan indikator pada peta. Pemain juga bisa mengunjungi fitur Shop untuk belanja beragam power-up menggunakan gold atau gem.

Ensiklopedia monster bisa dilengkapi oleh pemain dengan imbalan gem, dengan cara mengoleksi monster Math Guardian sebanyak-banyaknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.