Sukses

Euforia Olimpiade Tokyo 2020: Seniman Jepang Gambarkan Bendera Negara Sebagai Karakter Samurai, Ada Indonesia

Sebuah proyek yang dilakukan para seniman di Jepang menggambarkan beberapa negara menjadi bentuk samurai, beberapa di antaranya adalah peserta Olimpiade Tokyo 2020

Liputan6.com, Jakarta - Jepang tahun ini menjadi tuan rumah dari ajang kompetisi olahraga Olimpiade. Meski harus diundur ke tahun 2021 karena pandemi, namun negara matahari terbit itu akhirnya tetap menyelenggarakan Olimpiade Tokyo 2020.

Salah satu karya seni Jepang yang terkenal adalah manga dan anime. Sebuah proyek bernama The World Flags, menggambarkan bagaimana bendera-bendera di dunia, digambarkan dalam bentuk manga berupa tokoh samurai.

Dalam situs world-flags.org, dikutip Jumat (23/7/2021), proyek percampuran antara bendera nasional dengan samurai itu mencoba memperkenalkan bendera dunia, makna dan asal usul, hingga berbagai faktanya.

"Tema manga dan animenya 'sulit' untuk memahami perbedaan budaya dan adat istiadat, tetapi jika kamu bekerja sama, kamu dapat memahaminya'."

Kama Yamamoto, yang merilis proyek ini pada 2018 bersama beberapa perusahaan mitranya, berharap agar gagasan ini bisa membantu orang-orang di dunia mengenal negara lain dan budayanya dengan cara menyenangkan.

"Saya ingin proyek ini diakui secara global sebagai sesuatu yang dapat menyatukan dunia melalui elemen anime dan samurai Jepang," kata Yamamoto kepada Japan Times.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ada Indonesia dan Jepang

Proyek ini tampaknya semakin dikenal jelang dimulainya Olimpiade Tokyo 2020. Meskipun begitu, para seniman ini menyatakan bahwa apa yang mereka kerjakan tidak terkait dengan pagelaran tersebut.

"Namun, meskipun tidak resmi, kami mendukung Olimpiade, dan kami mendukung berbagai acara seperti kompetisi olahraga dan festival yang akan diadakan di dunia di masa depan," tulis mereka.

Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang digambarkan dalam proyek tersebut. Tokohnya bernama Maharudika yang lahir pada 17 Agustus, memiliki tinggi 178 dan golongan darah B.

Maharudika memiliki hobi berupa minum kopi luwak, memiliki kemampuan khusus berupa bermain badminton, makanan favorit nasi goreng, namun lemah akan dingin.

Selain itu, Jepang juga tentunya menjadi negara yang dibuatkan tokohnya. Ia bernama Kamamoto yang memiliki tanggal lahir 27 Februari, tinggi badan 171, dan bergolongan darah A.

Kamamoto memiliki hobi mengoleksi payung Jepang, ahli bermain kendo, menyukai sushi, namun lemah akan seledri.

3 dari 6 halaman

AS, Britania Raya, dan China

Ada juga tokoh Justin yang merupakan gambaran dari Amerika Serikat. Ia lahir pada 4 Juli, memiliki tinggi 168, bergolongan darah O, dan hobi menonton American Football.

Justin punya kemampuan bermain klarinet dan menyukai hamburger. Namun ia lemah terhadap ikan mentah.

Britania Raya dan Irlandia Utara pun memiliki tokohnya sendiri yaitu Ujiri Amu alias William. Dia lahir pada 1 Januari, memiliki tinggi badan 175, bergolongan darah AB, dan hobi membuat permen.

Ahli berkuda ini menyukai sandwich dan lemah terhadap urusan dalam negeri.

Negara lain yang digambarkan dalam proyek tersebut adalah China, dengan tokohnya Satoshi Flame Dragon alias Aaron. Ia lahir pada 27 September dan memiliki tinggi badan 180.

Tokoh bergolongan darah B ini memiliki hobi kaligrafi dan mahir kungfu. Namun, ia lemah terhadap makanan yang membuat tubuh terasa dingin.

4 dari 6 halaman

Rusia dan India

Lalu ada juga Rusia dengan karakternya Fedor. Dia lahir pada 11 Desember, memiliki tinggi 186 dan golongan darah B. Fedor hobi menonton bela diri dan memiliki kemampuan soal teknik bertahan hidup.

Namun, tokoh yang menyukai piroshki dan mayonaise ini memiliki titik lemah dalam pekerjaan yang baik.

Terdapat juga tokoh dari India bernama Khan, yang memiliki tanggal lahir 22 Juli, tinggi badan 164, dan golongan darah B.

Ia memiliki hobi sinematografi dan ahli di bidang matematika. Meski makanan favoritnya adalah kari, tetapi titik lemahnya adalah kari yang terlalu pedas.

5 dari 6 halaman

Berharap Muncul dalam Bentuk Media Lain

Proyek ini diterbitkan dalam sebuah buku untuk pertama kalinya tahun lalu, termasuk ilustrasi karakter dan informasi, mulai dari demografi negara hingga jumlah medali Olimpiade yang dimenangkan.

Para kreatornya berharap untuk bisa mengangkatnya ke dalam sebuah anime atau film pahlawan super di masa depan, menampilkan karakter yang bersatu untuk melawan musuh dari luar angkasa.

"Cerita ini tidak akan memiliki protagonis, dengan semua karakter sama-sama bekerja sama menuju tujuan bersama,” kata Kozo Yamada, Public Relations Officer Digital Entertainment Asset Pte. Ltd yang bekerja sama dengan proyek ini.

Yamamoto awalnya berharap bisa menyelesaikan proyeknya di 2020 menjelang Olimpiade, sebelum akhirnya tertunda karena COVID-19. Ia pun menargetkan bisa menampilkan sekitar 200 tokoh bendera nasional di akhir tahun 2021.

(Dio/Isk)

6 dari 6 halaman

Infografis Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.