Sukses

Mengapa Roket Jeff Bezos Mirip Alat Kelamin? Ini Penjelasan Para Ahli

Banyak warganet yang menilai Roket New Shepard yang membawa Jeff Bezos ke luar angkasa bentuknya mirip dengan alat kelamin pria atau penis. Ini penjelasan para ahli.

Liputan6.com, Jakarta - Jeff Bezos sukses mengudara ke luar angkasa pada Selasa pagi (20/7/2021), waktu Amerika Serikat. Namun, bentuk roket New Shepard yang membawa pendiri Amazon itu menjadi bahan candaan warganet.

Banyak dari mereka di Twitter menyebut bahwa roket yang diluncurkan perusahaan milik Jeff Bezos, Blue Origin, tersebut mirip dengan alat kelamin pria atau penis.

Roket New Shepard terdiri dari dua bagian: kapsul di bagian atas yang terlihat seperti jamur dan booster sebagai penopang. Ya, bentuk kapsulnya memang agak lebih mengembang ketimbang roket kebanyakan.

Menurut Jonathan McDowell, seorang astronom di Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, ada sejarah panjang dari apa yang kita sebut sebagai roket martil (diameter kapsul lebih lebar daripada booster).

"Bentuk roket seperti itu sebenarnya memiliki aerodinamika yang sangat bagus," kata McDowell, sebagaimana dikutip dari The Hook News, Kamis (22/7/2021). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengutamakan Keselamatan Penumpang

Sementara Scott Manley, seorang astrofisikawan, mengatakan bahwa roket itu dirancang dengan mempertimbangkan penumpang, memberi mereka banyak ruang dan jendela yang bagus untuk dilihat.

"Mereka melalui banyak iterasi yang menghasilkan bentuk sempurna untuk memberi mereka volume paling banyak, jendela terbaik, dan [desain yang] tidak akan membunuh siapa pun di dalamnya," ujar Manley.

Menurut Laura Forczyk, pemilik perusahaan analitik ruang angkasa Astralytical, "Seperti halnya ketika merancang roket apa pun yang ditujukan untuk ruang angkasa, booster harus sekecil mungkin karena lebih mudah menyeimbangkan silinder yang panjang dan kurus daripada menyeimbangkan silinder yang lebih tebal dan lebih gemuk."

 

3 dari 5 halaman

Hasil Akhir Tak Bisa Dihindari

McDowell menambahkan karena roket membutuhkan kapsul lebar dan booster sempit, hasil akhirnya tidak bisa dihindari.

"Desain seperti itu untuk mengoptimalkan dua hal yang berbeda dan memang tidak bisa membuat keduanya terlihat cocok," ucapnya.

Forczyk melanjutkan, meskipun desainnya mungkin sepenuhnya berkaitan dengan teori fisika, namun dia tidak terpikir untuk membuat desain seperti itu (roket milik Jeff Bezos).

McDowell pun setuju, dengan mengatakan "Kamu harus membayangkan ada pertemuan di mana seseorang pergi, 'Apakah Anda benar-benar ingin terbang dengan penampilan seperti ini?'"

4 dari 5 halaman

Bentuk Roket Jeff Bezos Jadi Bahan Candaan Warganet: Mirip Alat Kelamin

Banyak warganet di Twitter yang menyebut bahwa roket yang diluncurkan perusahaan milik Bezos, Blue Origin, tersebut mirip dengan alat kelamin pria atau penis.

"Hanya saya atau memang pesawat Bezos terlihat seperti dildo yang besar," tulis seorang pengguna akun @Centrefuter di Twitter.

"Tunggu apakah semua tahu kalau kapal roket Jeff Bezos terlihat seperti penis raksasa," tulis producer Buzzfeed Jess Goodwin dalam akun Twitternya @thejessgoodwin.

5 dari 5 halaman

Kaitkan dengan Situasi Kerja di Amazon

Akun milik aktor George Takei, pemeran Sulu di Star Trek juga mengomentari akun berita Reuters yang mengunggah video roket milik Jeff Bezos.

"Ya ampun, bentuk itu," kata Takei lewat akunnya @GeorgeTakei.

Tak hanya berkomentar soal bentuk roketnya, ada juga warganet di Twitter juga mengaitkan kepergian Bezos ke luar angkasa dengan situasi kerja di Amazon.

"Jeff Bezos menghabiskan lebih banyak waktu di luar angkasa ketimbang Amazon mengizinkan waktu istirahat ke kamar mandi tahun lalu," tulis @MajorPhilebrity. 

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini