Sukses

WiraKarya Local Heroes Festival Ajak Milenial Promosikan UMKM di Tengah Pandemi

Wirausaha berdaya karya atau yang kerap disapa WiraKarya, untuk memberikan solusi kepada para pelaku UMKM yang terkena dampak pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia beberapa minggu belakangan ini memaksa pemerintah memberlakukan perberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) secara darurat.

Akibatnya, sejumlah pelaku bisnis di berbagai sektor, seperti Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pun terkena imbasnya.

Kondisi inilah yang menjadi latar belakang Wirausaha berdaya karya atau yang kerap disapa WiraKarya, untuk memberikan solusi kepada para pelaku UMKM.

Adapun solusi tersebut adalah dengan menyelenggarakan program kolaborasi antara Badan Pengurus Pusat Andalan Kelompok UPPKA/Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (BPP AKU) dengan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).

Rencananya, program yang diusung BPP AKU ini melibatkan generasi muda milenial untuk mempromosikan produk-produk cUMKM melalui acara WiraKarya Local Heroes Festival 2021.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

WiraKarya Local Heroes Festival Digelar Secara Nasional

ilustrasi UMKM | pexels.com/@thatguycraig000

Jadi acara kolaborasi milenial dan UMKM pertama di Indonesia, WiraKarya Local Heroes Festival 2021 akan diselenggarakan secara Nasional.

"Melalui lomba ini generasi muda akan memberikan ulasan melalui sosial media terhadap produk UMKM, dan mengajak masyarakat untuk membelinya," kata GKR Mangkubumi dalam keterangan resminya, Minggu (18/7/2021).

Diharapkan, dengan begini dapat meningkatkan penjualan UMKM. "Bagi peserta terbaik dimasing-masing daerah akan menjadi perwakilan untuk mengikuti babak grand final, dan pemenangnya dinobatkan menjadi duta sahabat UMKM Indonesia."

 

3 dari 3 halaman

Bantu Pemulihan Ekonomi Sektor UMKM

ilustrasi UMKM | pexels.com/@mentatdgt-330508

WiraKarya dikenal sebagai salah satu gerakan yang bertujuan untuk membantu pemulihan ekonomi melalui sektor UMKM, dan diprakarsai oleh GKR Mangkubumi.

Hal ini merupakan sebuah respons positif untuk mendorong pelaku ekonomi kecil agar tetap tumbuh ditengah kondisi krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Menurut GKR Mangkubumi, WiraKarya Local Heroes Festival 2021 merupakan ajang lomba bagi para generasi muda untuk memasarkan produk UMKM melalui 2 kategori lomba yaitu; live selling competition dan video advertisment competition yang pendaftarannya dibuka hingga tanggal 17 Agustus 2021.

Penentuan pemenang akan diselenggarakan pada 28 Oktober 2021 yang bertepatan dengan momentum sumpah pemuda.

"Melalui program ini, diharapkan bisa menjadi sebuah harapan untuk meningkatkan pendapatan dari UMKM," kata Wakil Ketua Bidang Pengembangan, Riset Terapan, Inovasi, dan Teknik PANDI sekaligus Ketua Panitia Program Wirakarya Local Heroes Festival 2021, Isnawan.

Diikuti oleh pelaku usaha dari berbagai kategori usaha seperti makanan minuman, kriya dan busana, WiraKarya Local Heroes Festival 2021 merupakan wujud dukungan kepada pemerintah Indonesia untuk mensukseskan program "Bangga Buatan Indonesia."

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini